Pengerjaan Saluran Drainase di Cicurug Sukabumi Dikeluhkan Warga

Minggu 08 Oktober 2023, 20:49 WIB
Pekerjaan penanganan saluran drainase di ruas jalan Sukabumi-Bogor, Kelurahan/Kecamatan Cicurug. (Sumber : SU/Ibnu)

Pekerjaan penanganan saluran drainase di ruas jalan Sukabumi-Bogor, Kelurahan/Kecamatan Cicurug. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Perkerjaan penanganan saluran drainase sepanjang 500 meter oleh Kementerian PUPR di ruas jalan Sukabumi-Bogor, Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, menuai keluhan dari warga setempat. Pasalnya warga yang mayoritas pemilik warung dan toko meminta agar akses jalannya tidak terganggu, walaupun pekerjaan tengah berjalan.

Camat Cicurug Ading Ismail mengatakan, pihaknya yang menerima keluhan tersebut kemudian menindaklanjutinya dengan menghubungi pihak pengawas proyek.

"Saya kemarin dengan pengawas bicara coba fasilitasi itu untuk jembatan jembatan sementara, sehingga masyarakat tidak terganggu. Walaupun ini pembangunan memang saya yang mengusulkan secara tertulis, tapi akses untuk masyarakat di area itu, supaya juga ikut ditangani dan diperhatikan," ungkap Camat Ading Ismail kepada sukabumiupdate.com, Minggu (8/10/2023).

Ading menyampaikan, pengawas telah memberikan instruksi kepada pelaksana proyek untuk segera membangun jembatan-jembatan sementara.

Baca Juga: Perumdam TJM Sukabumi, Benahi Drainase dan Pipa Air Bersih di Cicurug

Menurut Ading, prioritas utama adalah memastikan bahwa akses warga tidak terganggu. Sehingga pembangunan jembatan-jembatan sementara, baik untuk perorangan maupun pengusaha harus segera diwujudkan dengan menggunakan bahan seperti papan.

Terpisahm Pengawas Lapangan PPK 2.1 Wilayah Jawa Barat, Agus Warso, mengatakan proyek ini adalah untuk mengatasi masalah banjir yang serig terjadi di PT Indolakto. Sehingga sejak awal September lalu dilakukan pekerjaan penanganan saluran dan pembuatan trotoar.

"Pedestrian dengan trotoar di atas saluran menjadi fasilitas vital untuk keamanan dan keselamatan pejalan kaki," ujarnya.

Warso memastikan bahwa keluhan warga sudah diupayakan diakomodir oleh pihaknya. Sebagian akses jalan berupa jembatan sudah dibangun walau sifatnya sementara pada 5 Oktober 2023 kemarin.

"Sebenarnya akses (jalan masuk) sudah sebagian, seperti salah satu ruko pertokoan di Cicurug, kan gak mungkin setiap toko dibuat, yang terpenting untuk sementara waktu cukup satu akses tapi bisa mewakili semuanya bisa mengakses. Meskipun sementara waktu satu jalur, prioritas kami adalah memastikan akses bagi semua," tuturnya.

"Hari itu juga (5 Oktober) kita intruksikan dipasang sesuai target. Saat saya cek ke lokasi keesokan harinya, semua pekerjaan sudah terpasang, termasuk akses warga, warung dan kawasan pertokoan," ungkap Warso.

Baca Juga: Baru Dibersihkan, Sampah Berserakan Lagi di Pantai Loji Sukabumi

Lebih lanjut Warso mengatakan, pekerjaan penanganan saluran dan trotoar ini sepanjang 500 meter, dari jembatan Cibeber Girang hingga Kimia Farma dekat Hotel Iscalton.

"Target penyelesaian pekerjaan, jika sesuai action plan di awal bulan Desember, tapi kemungkinan bisa lebih cepat di akhir bulan November. Kemarin itu kami instruksikan kepada Penyedia Jasa dalam hal ini PT. Marko Wijaya Mandiri, yang sudah terpasang tutupnya pada saluran, langsung dibangun trotoar, agar kejar progres menjadi lebih cepat,"pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah yang Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)
Sukabumi05 Mei 2024, 17:55 WIB

Terungkap! Ini Sosok Ibu di Sukabumi yang Tega Buang Bayinya di Semak-semak

Polisi berhasil mengamankan ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi. Ternyata mantan TKW
Sosok YS (46 tahun), ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life05 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Kunci Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga, Suami Istri Wajib Tahu Ini!

Menghindari perceraian dalam rumah tangga memang keharusan yang harus dipahami masing-masing pasangan.
Ilustrasi - Menghindari perceraian dalam rumah tangga memang keharusan yang harus dipahami masing-masing pasangan. (Sumber : Pexels/ Timur Weber).
Sukabumi05 Mei 2024, 17:11 WIB

Duel Maut Tewaskan Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, Ini Kata Disdik

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyebut duel maut pelajar SMP di Cikembar Sukabumi ini terjadi di luar pengawasan sekolah.
Korban duel maut antarpelajar SMP di Cikembar Sukabumi dipulasara di RSUD Syamsudin SH. (Sumber : Istimewa)
Musik05 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu “Bermuara” Rizky Febian Feat Mahalini, Trending di YouTube!

Lagu "Bermuara" memang dibawakan oleh Mahalini dan Rizky Febian. Lagu ini kabarnya dirilis jelang pernikahan mereka pada 3 Mei 2024.
Lagu "Bermuara" memang dibawakan oleh Mahalini dan Rizky Febian.  Lagu ini kabarnya dirilis jelang pernikahan mereka pada 3 Mei 2024. (Sumber : YouTube/@Rizky Febian).
Sukabumi05 Mei 2024, 16:29 WIB

Termasuk Alumni, 8 Orang Ditangkap Terkait Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi

Polisi sebut duel maut pelajar SMP di Cikembar Sukabumi ini bermula dari janjian di Instagram dan ada peran alumni yang terlibat.
Ilustrasi. Polisi tangkap 8 orang pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)