Meriahkan HUT ke 78 RI, Ini Rangkaian Acara Pesta Rakyat Pakidulan Sagaranten

Kamis 10 Agustus 2023, 16:26 WIB
Kemeriahan Karnaval Pesta Rakyat Pakidulan di Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/8/2023). (Sumber : Istimewa)

Kemeriahan Karnaval Pesta Rakyat Pakidulan di Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/8/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan masyarakat dengan antusias memadati sepanjang ruas jalan Sagaranten-Tegalbuleud menyaksikan Karnaval Pesta Rakyat Pakidulan dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-153, Kamis (10/8/2023).

Plt Camat Sagaranten Ridwan Agus Mulyawan mengatakan, peserta karnaval ini diikuti kurang lebih 4.000 orang dari berbagai kalangan, diantaranya pelajar, tokoh masyarakat setiap desa, tokoh pemuda, PKK, dan Ormas, dengan berjalan kaki menempuh mulai dari depan kantor Kecamatan hingga menuju ke Terminal Sagaranten atau sejauh sekitar 800 meter.

"Mereka sangat antusias, berbagai atribut dan aksesoris, juga kesenian ikut meramaikan karnaval," kata Ridwan kepada awak media di lokasi.

Baca Juga: Bus Legenda Jubleg-Sagaranten Sukabumi dan Cerita Kantong Plastik untuk Muntah

Menurut Ridwan, kegiatan Pesta Rakyat Pakidulan sempat vakum selama tiga tahun akibat adanya Pandemi Covid-19, dan tahun ini kembali bisa terselenggara berkat dukungan semua pihak.

"Diantaranya Polsek Sagaranten, Koramil 0622-11 Sagaranten, Forkompimcam Sagaranten, UPTD, kepala desa Hegarmanah, unsur pemuda, ormas dan yang paling penting dukungan warga masyarakat Kecamatan Sagaranten, yang sangat antusias," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia penyelenggara acara Pesta Rakyat Pakidulan, Rana Aprilia Darmawan mengungkapkan bahwa acara Pesta Rakyat Pakidulan kali ini dilaksanakan selama 8 hari 7 malam berturut turut yang dimulai hari ini 10 Agustus 2023, hingga tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

"Acara terdiri dari karnaval, upacara adat, kreasi seni masyarakat, live dangdut, napak tilas proklamasi, tabligh akbar, pagelaran wayang golek, turnamen bola voli dan turnamen sepak bola," ungkap Rana yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Hegarmanah itu.

Kemudian dalam acara puncak di tanggal 17 Agustus 2023 nanti, lanjut Rana, bakal diselenggarakan upacara peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) terbaik yang dipilih dalam seleksi pelajar di seluruh sekolah tingkat SMU sederajat yang ada di Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 16:05 WIB

dr Aida Beberkan Hasil Autopsi Mayat Tanpa Busana di Hutan Situ Gunung Sukabumi

Jasad tanpa busana yang ditemukan oleh anjing milik seorang pemancing di Hutan Situ Gunung telah dilakukan autopsi di RSUD R Syamsudin SH, Kota Sukabumi, pada Kamis (18/7/2024).
dr. Nurul Aida Fathya, Kepala Tim Dokter Forensik RSUD R Syamsudin SH | Foto : Asep Awaludin
Film18 Juli 2024, 16:00 WIB

Akhir Dari Monsterisasi, Sinopsis dan Pemain Drama Korea Sweet Home 3

Sweet Home 3 akan menggambarkan perjuangan sengit serta menegangkan dari orang-orang yang terjebak di antara monster dan manusia. Bahkan menjadi akhir monsterisasi dan menjadi awal kelahiran manusia baru.
Akhir Dari Monsterisasi, Sinopsis dan Pemain Drama Korea Sweet Home 3 (Sumber : Instagram/@netflixid)
Nasional18 Juli 2024, 15:43 WIB

Jokowi Resmi Lantik Keponakan Prabowo Thomas Djiwandono Jadi Wamenkeu

Ketiga Wamen yang dilantik bersumpah untuk menjalankan tugas dengan baik.
Thomas Djiwandono dilantik menjadi Wamenkeu. | Foto: Istimewa
Film18 Juli 2024, 15:30 WIB

Mengangkat Kisah Nyata Pembajakan Pesawat, Berikut Sinopsis Film Hijack 1971

Film Hijack 1971 menarik untuk ditonton karena terinspirasi dari kisah nyata mengenai pembajakan pesawat Korean Air F27 yang terjadi di tahun 1971. Di film ini akan mengisahkan krisis para penumpang dan awak pesawat saat dibajak
Mengangkat Kisah Nyata Pembajakan Pesawat, Berikut Sinopsis Film Hijack 1971 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi18 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi (Sumber : Freepik.com).
Entertainment18 Juli 2024, 14:30 WIB

Sukses Foto Selfie Seminggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun

Sukses melaksanakan challenge foto selfie selama satu minggu karena teaser film Heartbreak Motel tembus 100.000 ribu viewers, artis Laura Basuki mengaku ingin rehat satu tahun untuk berselfie.
Sukses Foto Selfie Satu Minggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun (Sumber : X@/LauraBas)
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa