Dibangun Disdik, Menengok Pojok Geopark di SDN Tegalcaringin Sukabumi

Jumat 16 Juni 2023, 08:41 WIB
Pojok Geopark di DN Tegalcaringin Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)

Pojok Geopark di DN Tegalcaringin Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak tahun 2017, SDN Tegalcaringin di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, merupakan salah satu sekolah dasar rujukan program edukasi Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Dalam upaya memenuhi pilar edukasi Geopark kepada pelajar, sekolah yang memiliki jumlah siswa 134 orang itu kemudian dibangunkan Pojok Geopark oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

"Pojok Geopark didirikan atas permintaan dari tim asesor Unesco, supaya ada di dalam ruangan, sehingga menggunakan ruangan yang ada ukuran 7 meter x 8 meter. Dan ini dibangun sama Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, pada tahun 2022," kata Kepsek SDN Tegalcaringin Dadah Suhanda kepada sukabumiupdate.com, Kamis (15/6/2023).

Baca Juga: SD Negeri Tegalcaringin Ciwaru Kabupaten Sukabumi Masuk Penilaian Tim Assessor UGG

Menurut Dadah, beberapa koleksi puisi, hasil kerajinan, miniatur beberapa Geosit, buku kurikulum, alat peraga permainan geopark semuanya tersimpan di Pojok Geopark. Selain itu ada juga bebatuan purba, dokumen foto kunjungan tim Unesco, ada piagam penghargaan, dan kegiatan kegiatan dalam pengembangan geopark.

Lebih lanjut Dadah menuturkan, SDN Tegalcaringin sudah 2 kali dikunjungi tim assesor Unesco, dan selalu mendapat penilaian plus dari tim assesor Unesco.

"Dalam implementasi pembelajaran atau edukasi geopark kepada peserta didik. Kami memiliki program Seblak yakni Senang Belajar Geopark, dan ini berintegritas pada kurikulum pembelajaran, dalam upaya mewujudkan peran pendidikan dalam mengembangkan geopark," jelasnya.

Dadah menambahkan, program Senang Belajar Geopark atau Seblak seperti edukasi dalam permainan, ada juga Goes To Geopark, merupakan kunjungan atau wisata ke Geosit, untuk kelas 4, kelas 5, dan kelas 6, menggambar, dan membuat puisi tentang geopark, serta program Sehari Sepuluh Kata Bahasa Inggris (Sepuhan), namun ini perlu bantuan juga orangtua di rumah, dan tergantung situasi kondisi, seperti siswa kelas 1 dan kelas 2, memang tidak terikat waktu.

"Kurikulum Geopark memang saat ini belum bisa diajarkan secara menyeluruh, karena menunggu penyesuaian dengan Kurikulum Merdeka," ungkapnya. 

Terpisah, Agus Muharam Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi mengatakan SDN Tegalcaringin sebagai salah satu SD model Geopark di Kabupaten Sukabumi telah mendapatkan apresiasi dari 2 asesor UNESCO.

“Tahun 2021 disiapkan untuk revalidasi dari UNESCO. Alhmdllh ketika saat itu divalidasi oleh tim asesor dari Austria dan Jerman mendapat apresiasi untuk SD Tegalcaringin,” kata Agus.

Agus kemudian berharap SDN Tegalcaringin bisa menjadi ruh model bagi sekolah-sekolah sekitar yang ada di kecamatan Ciemas.

“Terkait pojok geopark, harap di jaga dan di pelihara untuk keberlangsungan informasi tentang kegeoparkan yang ada di Ciletuh-Palabuhanratu,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)