Teluh Jampang? Soal Benda Mistis di Surade Sukabumi Disebut Bukan Ilmu Sihir

Kamis 25 Mei 2023, 23:21 WIB
Benda-benda yang ditemukan warga Kampung Cinaron, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Armanda Reza Davilla, terkubur di depan studio fotonya pada Rabu (24/5/2023) (Sumber : Facebook/Armanda Reza Davilla)

Benda-benda yang ditemukan warga Kampung Cinaron, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Armanda Reza Davilla, terkubur di depan studio fotonya pada Rabu (24/5/2023) (Sumber : Facebook/Armanda Reza Davilla)

SUKABUMIUPDATE.com - Penemuan sejumlah benda aneh yang terkubur di Kampung Cinaron, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi mendapat komentar dari salah satu tokoh Pajampangan bernama Yudi Pratama.

Pria yang dikenal Si Peci Merah itu mengatakan, benda tersebut adalah Wafaq dan tak berkaitan dengan media atau benda mistis untuk praktik ilmu hitam atau ilmu santet (teluh).

Sebelumnya, foto benda seperti pecahan botol dengan isi kertas bertuliskan kalimat bahasa Arab itu viral di media sosial Facebook.

"Kalau (objek) foto yang diposting itu adalah Wafaq atau Wafiq. Itu berbeda jauh dengan ilmu hitam atau ilmu santet. Kalau bicara teluh, dalam syariat Islam itu tidak ada, hanya ada juga sihir. Sihir dari zaman firaun, sampai sekarang masih ada," kata Yudi kepada sukabumiupdate.com, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga: Terkubur Depan Toko, Warga Surade Sukabumi Temukan Botol Isi Kertas Berbahasa Arab

Untuk diketahui, Wafaq adalah barang mati dengan tulisan huruf Arab yang biasanya diciptakan oleh orang dengan ilmu hikmah tingkat tinggi.

Sepengetahuan Yudi, bahwa Wafaq adalah media agar disukai (lil mahabbah), disegani orang (lil syajaah) dan biar lancar usaha (lil tijarah).

"Ya artinya meminta wasilah atau mukjizat Alquran pada hakekatnya Gusti Allah SWT, biasanya dengan tinta yang dicampur misik atau za'faron sebagai alat tulisnya. Tujuannya adalah keberkahan, mengharap keselamatan," ujarnya.

"Jadi pada dasarnya ilmu Allah itu baik, yang diambil dari Alquran, atau kitab kitab hikmah. Tergantung menerapkan, menempatkannya, dan niatnya, kebaikan datang dari Allah SWT, kejahatan datang dari prilaku manusia," tegasnya.

Terkait ilmu hitam, Yudi tak menyanggah bahwa masih ada di Jampang, hanya saja ia secara pribadi tidak meyakini ilmu hitam bisa mengalahkan ilmu syar’i.

"Saya anggap ilmu teluh itu adalah ilmu Rinyuh, sehingga tidak mempan. Kalau kita meyakini ilmu teluh itu ampuh dan mematikan, maka yang percaya ilmu tersebut akan mudah terkena," jelasnya.

"Kalau ditanya hubungan antara Wafaq dan ilmu hitam atau sihir, sangat jauh perbedaannya. Wafaq tidak dipergunakan sebagai media untuk ilmu sihir atau hitam, tidak akan keluar dari AD ART Wafiq. Adapun terkait penemuan Wafaq di Surade, saya tidak tahu siapa yang menyimpan, dan apa tujuannya, tidak ingin berandai andai, malah jadi fitnah, dan menjelekan wafaq itu. Wallahu a’lam," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Kampung Cinaron, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, bernama Armanda Reza Davilla, menceritakan pengalamannya menemukan sejumlah benda aneh yang terkubur di depan toko atau studio fotonya. Pengalaman ini diceritakan Armanda di Facebook pada Rabu (24/5/2023).

Melalui akun Facebook pribadinya, Armanda mengunggah foto barang-barang yang dia temukan seperti pecahan botol dengan isi kertas bertuliskan kalimat bahasa Arab. Belum diketahui apa maksud tulisan tersebut. Namun, kertas itu terbagi dua yakni masih berwarna putih dan yang sudah usang dengan warna kekuning-kuningan.

Dalam narasi bahasa Sunda, Armanda menyertai foto-foto yang diunggahnya di grup Facebook Jampang Bersatu dengan pengakuan sudah dua kali menemukan benda-benda serupa di tempat yang sama. Penemuan pertama terjadi pada 2021 dan terbaru adalah Rabu ini sekira pukul 07.00 WIB. Armanda heran dengan apa yang ditemukannya.

"Nyuhungkeun info na ah para wargi sadayana. Atos 2x kajantenan mendakan NU kieu Dina botol posisi di kubur payuenan toko. Sanes, asa ku heran simkuring gaduh naon nya, jalmi Dugi ka kieu da teu gaduh nanaon asa na teh. Manawi jalmi na Aya didieu. Hoyong naros we. Kinten kinten para wargi JB anu kantos sapertos kieu. Kedah kumaha kapayuna nya kinten2. Soalna simkuring mah Tara tataros, Komo sapertos kieu ka usaha Batur anu sami mah. Janten tataros via online ka wargi JB. Hehe," tulis Armanda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 10:02 WIB

Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Omesh, artis asal Sukabumi mengunggah foto tangkapan layar Hasil Survei Elektabilitas Sukabumi 2024. Di postingan itu, namanya disandingkan dengan beberapa pejabat Sukabumi, seperti Iyos Somantri dan Asep Japar.
Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024. Foto: Instagram/omeshomesh