Bantu Cari Sejumlah Aset yang Hilang, Mahasiswa Tempel Flyer di BPKPD Sukabumi

Jumat 05 Mei 2023, 00:04 WIB
Flyer yang ditempel mahasiswa di BPKPD Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Flyer yang ditempel mahasiswa di BPKPD Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Asal Sukabumi (Himasi) melakukan aksi penyebaran dan penempelan flyer untuk menemukan aset Kota Sukabumi senilai Rp193 juta yang hilang.

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com, para mahasiswa tersebut melakukan aksi ini di area Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Sukabumi, Kamis (4/5/2023). Sejumlah flyer pun ditempelkan di dinding kantor yang terletak di Jalan Cikole Dalam, Kota Sukabumi itu sebagai bentuk simbol mempertanyakan kemana hilangnya sejumlah aset tersebut.

"Hari ini kita datang ke BPKPD Kota Sukabumi untuk menyampaikan dan siapa tahu para pegawainya tahu di mana asetnya gitu, karena sampai detik ini kita tidak tahu di mana lokasi aset yang hilang dan tidak diketahui keberadaannya. Aksi ini sebagai bentuk lanjutan aksi PB Himasi terkait pengawasan kepada aset Kota Sukabumi," kata Ketua PB Himasi, Danial Fadilah kepada awak media di lokasi.

Baca Juga: Mahasiswa Minta BPKPD Buka Data Status Aset Kota Sukabumi

Danial mengatakan, jenis aset yang hilang mulai dari mobil, sepeda motor, dan lain sebagainya. Sesuai dengan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), lanjut dia, harus ada ganti rugi barang yang hilang, artinya penilaian PB Himasi, ketika sebelum ada penghapusan aset yang hilang, itu merupakan tindak pidana dan PB Himasi meminta kejaksaan dan kepolisian untuk memeriksa hal ini.

"Kalau pun memang bukan tindak pidana, saya yakini ini tetap menjadi suatu kesalahan, sanksi administratif harus diterapkan terhadap siapapun yang bertanggung jawab. Kalau tidak ada yang mau bertanggung jawab setidaknya Kepala BPKPD harus bertanggung jawab atas hal ini. Kita nempelin flyer yang bertuliskan 'wanted mencari aset yang hari ini hilang' bukan cuma di kantor utama BPKPD, cuma kita nyebar di kantor seluruh wilayah Kota Sukabumi siapa tahu ada yang nemu barangnya," pungkas Danial.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris BPKPD Kota Sukabumi, Olga Pragosta mengatakan, pihaknya menerima dengan baik aksi yang dilakukan kelompok mahasiswa tersebut.

"Itu kan salah satu bentuk dari kepedulian pada mahasiswa. Ya kita harus terima itu. Kita terima flyernya dan kita jadikan itu sebagai pemicu untuk menyelesaikan LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) BPK yang memang prosesnya sudah kita lakukan," kata Olga.

Olga mengungkapkan, sesuai LHP BPK tahun 2021, aset yang hilang tersebut terbagi menjadi dua, pertama aset tetap dan kedua berupa peralatan mesin.

"Untuk aset tetap itu memang ada beberapa, satu kendaraan berupa mobil yang hilang karena pencurian, dua unit kendaraan sepeda motor yang hilang karena pencurian, kemudian satu unit RIG sama scanner," ujarnya.

Adapun, aset tetap dan peralatan mesin tersebut, Olga merinci yakni berupa satu unit kendaraan roda 4 merk Toyota/Kijang seharga Rp 157.000.000, 1 unit sepeda motor merk Honda NF 125 seharga Rp 12.500.000, 1 unit sepeda motor merk Honda Vario 125 seharga Rp 15.225.523, 1 unit RIG/HT seharga Rp 7.093.314 dan Scanner merk Canon seharga Rp 1.530.000.

Olga juga mengatakan bahwa sejumlah unit kendaraan yang hilang tersebut dibawah tanggungjawab Setwan (Sekretaris Dewan) Kota Sukabumi.

"Untuk yang kendaraan mobil sebetulnya itu sudah ada surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari yang menghilangkan. Ini juga sudah diajukan prosesnya untuk penetapan kerugian negaranya. Tetapi memang prosesnya kan masih dicicil dan belum lunas. Kemudian yang motor juga sama," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 15:21 WIB

Sadisnya Pelajar SMP Sukabumi Ini, 47 Adegan Bunuh dan Sodomi Bocah SD

Kasus tewasnya bocah sd di Cipetir Kadudampit Sukabumi yang tubuhnya ditemukan dengan leher terjerat celana
Rekontruksi penyidikan perkaran pembunuhan disertai tindak asusila bocah sd oleh pelajar SMP di Sukabumi (Sumber: su/awal)
Inspirasi03 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Disini Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Disini Kualifikasinya!(Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sukabumi03 Mei 2024, 14:50 WIB

Rotary Club Berikan Donasi Rp 100 Juta untuk Penyintas Tanah Longsor di Cibadak Sukabumi

Rotary Club International ikut memberikan bantuan kepada para penyintas bencana tanah longsor di Kampung Cibatu Hilir, RT 01 RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi
Rotary Club International memberikan bantuan kepada korban longsor Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel03 Mei 2024, 14:25 WIB

Menikmati Lukisan Alam: Meronanya Sunset di Pantai Minajaya Sukabumi

Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.
Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Sumber: istimewa/kang baban)
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring