Dinkes Kota Sukabumi Sosialisasikan Penanggulangan KLB Polio cVDPV2

Kamis 06 April 2023, 21:38 WIB
Dinkes Kota Sukabumi | Foto : Asep Awal

Dinkes Kota Sukabumi | Foto : Asep Awal

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka mengantisifasi penyebaran Virus Polio di Kota Sukabumi, Dinkes Kota Sukabumi lakukan sosialisasi penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio cVDPV2 si aula kantor Dinas Kesehatan, Kota Sukabumi, Kamis (6/4/2023).

Sebelumnya, ditemukan Kasus Luar Biasa (KLB) Polio di Purwakarta pada 21 Februari 2023 lalu, atas dasar hal tersebut Dinas Kesehatan Kota Sukabumi gencar melakukan sosialisasi penanggulangan KLB Polio di Kota Sukabumi.

Diketahui, rencana respon imunisasi dan sasaran penanggulangan KLB, SUB Pekan Imunisasi Nasional (SUB PIN) dilaksanakan dalam dua putaran, dimulai pada 3 April 2023 lalu dalam waktu satu minggu dengan jarak minimal antar putaran adalah satu bulan, dengan target cakupan 95 persen untuk masing-masing putaran.

Selanjutnya, SUB PIN putaran ke dua akan dilaksanakan pada 13 April 2023 dengan waktu interval satu bulan. Jika berdasarkan kajian epidemiologi masih ditemukan resiko penularan, maka dapat dilakukan SUB PIN putaran berikutnya

Adapun sasaran SUB PIN tersebut meliputi seluruh anak usia 0 sampai 59 bulan, termasuk pendatang tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Kemudian, Vaksin yang akan digunakan adalah Vaksin jenis novel Oral Polio Vaccine tipe 2 (nOPV2) dengan kemasan 50 dosis per vial. Vaksin ini juga diketahui hanya digunakan pada pelaksanaan SUB VIN dalam rangka penanggulangan KLB tipe 2

Selain itu, peserta imunisasi dapat mendatangi tempat imunisasi yang telah di sediakan di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, Satuan pendidikan seperti PAUD atau TK dan Pos Imunisasi lainnya dibawah koordinasi Puskesmas

Menurut dr. Wita Darmawanti, bahwa faktor resiko penyebaran Virus Polio ini disebabkan oleh faktor lingkungan yang tercemar oleh tinja.

"Banyak masyarakat kita yang belum tahu penggunaan Diaper atau Popok bayi dan pembalut yang baik dan benar, harusnya, setelah pemakaian itu dibersihkan dulu kotorannya lalu di buang kedalam closet, baru bisa dibuang (Diaper tersebut)" ujar Wita kepada sukabumiupdate.com, Kamis (06/04/2023). 

Selain itu, Wita juga mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memiliki septi tank di rumahnya, sehingga air konsumsi dapat dengan cepat tercemar oleh virus tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk
Nasional29 Februari 2024, 09:40 WIB

44 Petugas Pemilu Meninggal dan Kecelakaan Kerja Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ketiga ahli waris mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.
Penyerahan santunan kepada keluarga di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada 27 Februari 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi29 Februari 2024, 09:25 WIB

Atlet Muaythai Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Para atlet yang bertanding berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama 1 bulan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi memberikan perlindungan jaminan sosial kepada atlet muaythai yang bertanding di DCS Muaythai Challenge, Minggu (25/2/2024). | Foto: Istimewa
Life29 Februari 2024, 09:15 WIB

29 Februari 2024 Tahun Kabisat: Terjadi 4 Tahun Sekali dan Doodle Katak

Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari.
Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari. (Sumber : Istimewa).
Internasional29 Februari 2024, 09:01 WIB

Hamas Serukan Warga Palestina Ramai-ramai Datangi Masjid Al Aqsa saat Ramadhan

Israel mengatakan akan mengizinkan salat Ramadhan di Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
Hamas menyerukan warga Palestina untuk bergerak ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem pada awal Ramadhan. | Foto: Instagram/@masjid_al_aqsa