Jalan Penghubung Desa di Ciemas Sukabumi Rusak, UPTD PU Usulkan Perbaikan

Selasa 25 Oktober 2022, 16:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penduduk di Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan kondisi jalan rusak penghubung Desa Cibenda dengan Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran. Jalan sepanjang sekitar 12 kilometer dan lebar 4 meter ini rusak di sejumlah titik.

Warga Desa Cibenda, Ayi Wiratman (51 tahun), mengatakan kerusakan jalan terparah terjadi di Kampung Tanjakan Kondang, Sindanghayu 1, Sindanghayu 2, Pamoyanan, hingga ke Kampung Cibelembeng. Beberapa titik paling parah ini memanjang hampir di sepanjang 5 kilometer jalan penghubung tersebut.

"Hampir 5 kilometer rusak, berlubang, berlumpur, dan saat musim hujan air menggenang serta aspal habis terkelupas, tinggal bebatuan. Jalan ini pertama diaspal sekitar 15 tahunan," kata Ayi kepada sukabumiupdate.com, Selasa (25/10/2022).

Ayi mengatakan jalan ini merupakan akses utama warga Desa Cibenda ke sejumlah tempat seperti Puskesmas Tamanjaya, RSUD Jampangkulon, sekolah tingkat SMP/SMA/SMK, dan akses menuju wisata Curug Puncak Manik. Warga pun menggunakan jalan ini untuk aktivitas ekonomi mereka.

"Jalan itu juga akses menuju kantor Kecamatan Ciemas dan ibu kota kabupaten (Palabuhanratu), dan akses sosial lainnya," ujar Ayi. "Salah satu dampaknya adalah sepinya kunjungan wisata. Selain faktor Covid-19, juga karena akses jalan yang rusak," imbuh dia.

Kepala Desa Cibenda Adi Rizwan mengatakan ruas jalan tersebut pernah ditangani atau dibangun pada 2018 dari Kampung Pamoyanan-Bantarlimus sepanjang 3 kilometer. Kemudian 2019 sepanjang 2 kilometer dari Kampung Sindangasih-Cilegok. Perbaikan ini ditangani Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas PU Kabupaten Sukabumi

"Kami sudah melaporkan kondisi jalan ini, bahkan sudah memberikan proposal perbaikan kepada Dinas PU Kabupaten Sukabumi. Terakhir proposal tahun 2021," katanya.

"Kalau warga memang tidak tahu apa-apa, jalan itu merupakan kewenangan siapa. Namun selama ini warga menyampaikan harapannya kepada pemdes," tambah Adi.

Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB, mengatakan pihaknya sudah menerima laporan dari masyarakat terkait kerusakan jalan tersebut. 

Rudi menyatakan jalan ini adalah ruas Mareleng-Citamiang yang mempunyai panjang 12,675 kilometer. Jalan ini menghubungkan Desa Caringinnunggal, Desa Cibenda, dan Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas. "Adapun titk kerusakan parah ada di Sta 0+300 sampai Sta 1+300," kata Rudi.

Menurut Rudi, jalan ini menjadi akses ke Puncak Manik dan jalur penghubung ke kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) sehingga masuk dalam rencana jalan strategis kabupaten. Usulan rehabilitasi atau perbaikan, kata Rudi, akan disampaikan pada anggaran perubahan Dinas PU tahun ini.

"Harapan kami usulan rehabilitasi jalan ini dapat terealisasi," ujar dia.

#SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Life03 Mei 2024, 10:00 WIB

Tanpa Disadari, 9 Sikap Mandiri Ini Bisa Mmebuatmu Hidup Bahagia dan Dihormati Orang Lain

Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain. (Sumber : pexels.com/@Elliot Ogbeiwi)
Life03 Mei 2024, 09:30 WIB

Simpel Tapi Penting, Ini 7 Etika Ditraktir Orang yang Tidak Boleh Diremehkan

Terkadang seseorang lupa menggunakan etika yang baik saat ditraktir teman. Oleh karenanya penting diperhatikan apa saja yang harus diperhatikan saat ditraktir orang lain.
Ilustrasi. Etika saat ditraktir orang lain. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Cek Fakta03 Mei 2024, 09:08 WIB

Hoaks! Pfizer Minta Maaf Setelah Banyak yang Tewas karena Vaksin Covid-19

Pfizer memohon maaf atas satu twit dari pegawainya yang mempromosikan vaksin saat produk itu belum mendapat izin di Inggris.
(Foto Ilustrasi) Beredar informasi hoaks berisi narasi yang mengeklaim Pfizer memohon maaf terkait vaksin Covid-19 yang mereka buat dan edarkan. | Foto: Pixabay