Duel Mantan Wali Kota di Pilwalkot Sukabumi 2024, Bakal Sengit dan Dramatis

Selasa 04 Juni 2024, 17:44 WIB
HM Muraz dan Achmad Fahmi (Sumber: istimewa)

HM Muraz dan Achmad Fahmi (Sumber: istimewa)

Banyak figur bermunculan lewat baliho di pinggir jalan jelang pilkada kota sukabumi 2024. Namun dari beragam wajah tersebut, baru beberapa saja yang sudah mengantongi rekomendasi partai, diantaranya dua mantan wali kota sukabumi, Mohamad Muraz dan Achmad Fahmi.

Bukan menyingkirkan peluang figur lain yang juga sudah mendapat rekom partai seperti Andri Hamami (Golkar) dan Ayep Zaki (Nasdem), namun pertemuan Muraz dan Fahmi sebagai calon wali kota Sukabumi untuk periode 2024 - 2029 mendatang, akan memunculkan persaingan sengit dan dramatis.

Sengit karena Muraz, yang merupakan wali kota sukabumi periode 2013 - 2018 diusulkan sebagai bacalon F1 oleh partai Demokrat kepada Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri PDIP, Gerindra, PPP, PAN dan NasDem. Koalisi ini mengantongi 24 kursi parlemen hasil pemilu 2024 lalu.

Sedangkan Fahmi adalah figur tunggal yang direkom partainya (PKS). Sebagai partai pemenang pemilu 2024 di Kota Sukabumi, Partai Keadilan Sejahtera bisa mengusulkan paslon tanpa koalisi. Namun baru-baru ini, Fahmi usai menerima SK dari DPP PKS menyebut tengah melakukan pendekatan dengan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) untuk Pilkada Kota Sukabumi 2024.

Dibalik adu kekuatan partai politik di Pilkada 2024 nantinya, pertemuan Muraz dan Fahmi secara head to head akan menghadirkan suasana dramatis. Ini karena keduanya memiliki banyak kenangan bersama.

Adu “geulis” antara Muraz dan Fahmi sebagai figur yang pernah menjadi orang nomor 1 di Kota Sukabumi. Adu pengaruh dua partai yang selama 10 tahun atau dua kali pilkada terakhir, jalan bersama atau koalisi memenangkan Muraz-Fahmi dan Fahmi-Andri.

Di Pilkada Kota Sukabumi 2013, PKS dan Demokrat berhasil mengantar duet HM Muraz dan Achmad Fahmi sebagai wali kota dan wakil wali kota sukabumi periode 2013 - 2018. Selanjutnya di pilkada 2018, kedua partai ini tetap berkoalisi dan menjadi pemenang, membawa Achmad Fahmi dan Andri Hamami sebagai duet pimpinan kota sukabumi 2018 - 2023. Disini Muraz memilih ikut pemilihan legislatif untuk DPR RI dan terpilih ke senayan sebagai wakil rakyat Sukabumi.

Sekali lagi tidak tidak bermaksud meniadakan peluang figur lainnya, karena saat ini seluruh partai masih penjajakan koalisi dan polah-pilih figur untuk pilkada serentak 2024. Jadi bisa saja banyak figur yang muncul di pilkada ini.

Namun jika terkait duel Muraz Fahmi tentu akan menjadi pertarungan sengit keduanya untuk kembali merebut hati warga Kota Sukabumi. Keduanya sama-sama pernah memimpin Kota Sukabumi, tentu dengan klaim prestasi masing-masing. Kedua pernah bersama berjuang dan menjadi pemenang di dua pilkada kota sukabumi.

Akankah terjadi? duel sengit dan dramatis di pilkada Kota Sukabumi 2024. Fahmi dengan mantap mengusung tagline tetap dan tepat. Sementara pendukung Muraz mulai menyuarakan perbaikan.

* Penulis: Fitriansyah (jurnalis sukabumiupdate)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional15 Juni 2024, 00:38 WIB

Panglima TNI: Ormas Sipil Bisa Ikut Pasukan Perdamaian di Palestina

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyatakan bahwa keikutsertaan organisasi tersebut akan diatur oleh Kementerian Luar Negeri.
Jenderal Agus Subiyanto, Panglima TNI | Foto : Youtube Kompas
Sukabumi15 Juni 2024, 00:14 WIB

Penempatan Guru P3K PAI Di Cidolog Sukabumi Picu Polemik, Peran Pengawas PAI Disorot?

Penempatan guru P3k PAI di SDN Tegallega, Desa Tegallega, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi memicu polemik ditengah warga.
Polemik penempatan guru P3K PAI di SDN Tegallega Cidolog Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi15 Juni 2024, 00:03 WIB

Bertemu Ratusan Kades, Bapenda Sukabumi Sosialisasikan Optimalisasi PBB P2

Kegiatan sosialisasi ini salah satu langkah Bapenda Kabupaten Sukabumi dalam menggenjot penerimaan PAD dari sektor PBB P2.
Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi PBB P2 yang digelar Bapenda Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi14 Juni 2024, 23:50 WIB

Tak Ditanggung BPJS, Kisah Korban Geng Motor di Sukabumi Sempat Tertahan di IGD Gegara Biaya

Pengobatan AAM (21 tahun) seorang pemuda asal Citamiang, Kota Sukabumi yang merupakan korban keganasan kawanan geng motor hingga tiga jari kanannya hampir putus tak ditanggung BPJS
Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD R Syamsudin SH (RS Bunut) Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi14 Juni 2024, 22:31 WIB

Rawan Kecelakaan, 5 Orang Tewas Tertabrak Kereta Sukabumi Selama Semester I 2024

Keberadaan rel kereta api di Sukabumi menyisakan cerita-cerita tragis. Terutama seringnya kecelakaan yang merenggut nyawa.
Dalam semester 1 tahuan 2024, sebanyak 5 orang tewas akibat tertabrak kereta api di Sukabumi| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi14 Juni 2024, 22:25 WIB

DPRD Sukabumi Soroti Soal UHC hingga DTKS di Forum Kemitraan Faskes BPJS Kesehatan

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf membeberkan apa saja yang disampaikan pihaknya dalam Forum Kemitraan Faskes BPJS Kesehatan.
Jajaran Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menghadiri kegiatan Forum Kemitraan Pengelolaan Kerjasama Fasilitas Kesehatan tahun 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Keuangan14 Juni 2024, 21:49 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

BSI International Expo 2024 bertema Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem akan digelar selama 4 hari di JCC Senayan, Jakarta.
BSI siap menggelar BSI International Expo 2024. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat14 Juni 2024, 21:24 WIB

Parkir di Masjid Raya Al Jabbar Digratiskan Sementara, Ini Alasannya

Gratiskan sementara biaya parkir, Pengelola Masjid Raya Al Jabbar Bandung tegaskan bila ada yang memungut dinyatakan ilegal.
Masjid Raya Al Jabbar. (Sumber : Humas Pemkot Bandung)
Sukabumi14 Juni 2024, 21:20 WIB

Diguyur Hujan Deras, BPBD Kota Sukabumi Tangani 4 Bencana Alam di Cikole

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menangani bencana alam yang terjadi di empat lokasi di Kecamatan Cikole
BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana banjir di Cikole | Foto : Asep Awaludin
Internasional14 Juni 2024, 21:10 WIB

Wukuf di Arafah, 1.169 Tenda Disiapkan bagi Jemaah Haji Indonesia

Menyambut pelaksanaan puncak haji, PPIH Arab Saudi mempersiapkan sebanyak 1.169 tenda di Arafah bagi jemaah Indonesia.
Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Arafah. (Sumber : Kemenag RI)