141 Panwascam Sukabumi Dilantik, Bupati Tekankan Jaga Netralitas Demi Pilkada Jurdil

Sabtu 25 Mei 2024, 00:07 WIB
Prosesi pelantikan 141 Panwascam untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Prosesi pelantikan 141 Panwascam untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 141 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwascam se-Kabupaten Sukabumi resmi dilantik di Pangrango Resort, Jumat, (24/5/2024).

Mereka yang dilantik ini, akan mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Di mana, setiap kecamatan terdapat tiga anggota Panwascam.

Prosesi pelantikan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi ini, dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara.

Dalam sambutannya, Marwan Hamami meyakini para anggota Panwaslu Kecamatan mampu menjalankan tugasnya. Apalagi, mereka yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terpilih. 

"Saudara merupakan orang terpilih. Tiga orang ini penentu keberhasilan pilkada," ujarnya dikutip dari akun media sosial Diskominfosan Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Razia Ramp Check di Parungkuda Sukabumi, Polisi Temukan Bus Wisata Tak Uji KIR 6 Tahun

Bahkan, para anggota Panwascam merupakan ujung tombak pengawasan. Maka dari itu, Marwan mengimbau untuk menjaga netralitas dan integritas. Hal itu demi terciptanya Pilkada yang jujur dan adil (Jurdil).

"Keberhasilan Pilkada ini, salah satu halnya menjadi tanggungjawab saudara," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Marwan mengingatkan para pengawas untuk melek teknologi demi terciptanya pengawasan yang lebih menyeluruh.

"Selain pengawasan secara langsung, kita pun harus bisa mengawasi di berbagai media. Jadi, kita juga harus menguasai teknologi," ungkapnya.

Namun dalam pengawasan, Marwan meminta Panwascam untuk mengedepankan adat ketimuran. Selain itu, melihat kebiasaan yang berlaku di suatu daerah.

"Dalam melaksanakan tugas, lihat aturan, etika dan norma yang berlalu di tempat kalian," bebernya.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Nuryamah menambahkan, Panwascam yang baru dilantik harus sudah siap mengawasi tahapan pemilu. Apalagi, ada sekitar 10 tahapan yabg harus diawasi.

"Kita harus sudah siap mengawasi semua tahapan," terangnya.

Maka dari itu, dirinya meminta untuk menjaga soliditas. Selain itu, harus bisa bekerjasama berkolaborasi, dan bersinergi. Baik di internal maupun ekternal.

"Tolong jaga soliditas. Apalagi, di depan mata sudah menunggu tanggungjawab yang sangat berat," tegasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifa'i mengatakan, mereka yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terpilih. Di mana, mereka telah melalui berbagai tahapan hingga akhirnya terpilih dan dilantik menjadi anggota Panwaslu Kecamatan.

"Sebanyak 12 orang itu, hasil rekrutmen terbuka. Sementara sisanya merupakan anggota Panwaslu Kecamatan saat Pemilu 2024 yang dipilih melalui metoda existing," bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menegaskan agar para anggota Panwascam memegang teguh aturan. Apalagi, mereka yang dilantik telah menandatangani pakta integritas.

"Jadikan aturan sebagai komandan. Harus ingat pakta integritas," tegasnya.

Maka dari itu, pasca pelantikan ini akan dilaksanakan bimbingan teknis terhadap mereka yang dilantik.

"Kita mengadakan acara hingga 25 Mei. Sebab, nantinya akan dilanjutkan bimtek," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 Juli 2024, 08:00 WIB

5 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses, Hindari Sikap Ini!

Orang miskin seringkali memiliki pola pikir yang negatif tentang uang dan kesuksesan. Hal ini dapat membuat mereka sulit untuk keluar dari siklus kemiskinan.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)