Susilawati Caleg DPRD Sukabumi Dapil 6 Beri Bantuan Bibit Balsa ke Petani Waluran

Jumat 26 Januari 2024, 17:21 WIB
Susilawati (berkerudung kuning) serahkan bantuan bibit balsa secara simbolis kepada petani di Waluran Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)

Susilawati (berkerudung kuning) serahkan bantuan bibit balsa secara simbolis kepada petani di Waluran Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)

SUKABUMIUPDATE.com - Calon Legislatif atau Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari Partai Golkar, Susilawati, SE. memberikan bantuan bibit pohon balsa (Ochroma pyramidale) kepada para petani di Kecamatan Waluran, Jumat (26/1/2024).

Dari pantauan sukabumiupdate.com, caleg nomor urut 4 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 6 wilayah Jampangkulon yang terdiri dari Kecamatan Surade, Jampangkulon, Waluran, Ciemas, Ciracap, Kalibunder, Cimanggu, Cibitung, serta Tegalbuleud, itu memberikan bantuan bibit pohon balsa secara simbolis kepada sejumlah kelompok tani.

Diantaranya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Karya Bakti Kampung Kebonkacang Desa Waluran Mandiri yang diketuai Fazri Mulyono, LMDH Mitra Mukti Desa Mekarmukti Kampung Cigodeg yang diketuai Asep Wahyu, lalu Kelompok Tani Hutan (KTH) Harapan Jaya Kampung Cinangka Desa Mekarmukti Kecamatan Waluran yang diketuai Tibi, dan Poktan Bina Karya Kampung Babakan Panjang Desa Caringinnunggal yang diketuai Lilis Sumyati.

Susilawati dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para petani yang telah menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan pengurus Partai Golkar Kecamatan Waluran dan Panwaslu.

Caleg yang berdomisili di Kecamatan Tegalbuleud itu juga berharap pertemuan ini bisa mempererat silaturahmi serta bentuk bantuan bibit sebagai kepedulian terhadap kelestarian dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani.

"Bantuan bibit pohon balsa sebanyak 50 ribu, penyalurannya secara bertahap," kata Susilawati kepada sukabumiupdate.com.

Menurutnya, kegiatan pembagian bibit pohon balsa menyasar kepada para petani di Kecamatan Waluran karena merupakan salah satu kecamatan yang memiliki wilayah hutan yang lumayan luas dikelola oleh Perhutani dan bermitra dengan warga sekitar.

“Kami selain bersilaturahmi dengan petani dalam kaitan Pileg dan Pilpres. Juga memberikan bantuan berupa bibit pohon balsa, sebagai kepedulian dalam pelestarian atau penghijauan, dan kalau dipelihara secara baik, tentunya akan memberikan pemasukan dalam ekonomi," ungkapnya.

Susilawati menyebut, Pajampangan merupakan wilayah agraris, salah satunya Kecamatan Waluran juga merupakan sumber mata air. Oleh karena itu pihaknya memulai gerakan penghijauan dengan kegiatan pemberian bibit secara gratis kepada petani.

“Tentu dengan harapan berdampak pada ekosistem, ekologi, serta ekonomi. Mudah mudahan ini sebagai pelopor gerakan pelestarian, dan insya allah berlanjut ke kecamatan lain. Kami juga sudah bekerjasama dengan koperasi dan perusahaan dalam pemasarannya saat nanti panen. Mudah mudahan ini jadi program berkelanjutan," harapnya.

Terpisah, Ketua LMDH Mitra Mukti Desa Mekarmukti Kampung Cigodeg, Asep Wahyu menyampaikan rasa syukurnya karena ada Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi yang sangat peduli dengan penghijauan.

"Baru ada Caleg yang memperhatikan kelestarian lingkungan dengan memberikan bantuan bibit pohon dalam kegiatan sosialisasinya," ujarnya.

Ketua Koperasi Wana Agri Sejahtera, sekaligus Pengurus Partai Golkar Kecamatan Waluran, Agus Priatna menjelaskan bahwa pohon balsa dengan usia 2,5 - 3 tahun sudah bisa dipanen, dengan pengurusan cukup sederhana dan tidak ribet. Begitu juga dengan lokasi tanam, karena para petani sudah kerjasama dengan Perum Perhutani.

"Selain penghijauan, juga bisa membantu ekonomi para petani, karena kayu balsa itu sangat diperlukan perusahaan, sehingga pemasaran mudah dan nilai jualnya juga lumayan bagus," jelasnya.

"Ucapkan terimakasih kepada Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi Susilawati yang telah peduli kepada para petani di Kecamatan Waluran," imbuh Agus. (ADV).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life07 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah, Tingkahnya Beda!

Anak yang bermasalah di sekolah bisa kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan sebagai respons terhadap stres, dan juga mungkin memiliki masalah tidur, seperti kesulitan tidur atau terbangun dalam tidur.
Ilustrasi. Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah (Sumber : pixabay.com/@ธนาวุธเกตุชีพ)
Sehat07 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Cara membuat air rebusan untuk mengobati asam lambung bisa dengan mencampurkan salah satu atau beberapa bahan alami berikut ke dalam air panas, biarkan meresap beberapa saat, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.
Ilustrasi. Jahe. Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami (Sumber : Freepik)
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)