Susilawati Caleg DPRD Sukabumi Dapil 6 Beri Bantuan Bibit Balsa ke Petani Waluran

Jumat 26 Januari 2024, 17:21 WIB
Susilawati (berkerudung kuning) serahkan bantuan bibit balsa secara simbolis kepada petani di Waluran Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)

Susilawati (berkerudung kuning) serahkan bantuan bibit balsa secara simbolis kepada petani di Waluran Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)

SUKABUMIUPDATE.com - Calon Legislatif atau Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari Partai Golkar, Susilawati, SE. memberikan bantuan bibit pohon balsa (Ochroma pyramidale) kepada para petani di Kecamatan Waluran, Jumat (26/1/2024).

Dari pantauan sukabumiupdate.com, caleg nomor urut 4 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 6 wilayah Jampangkulon yang terdiri dari Kecamatan Surade, Jampangkulon, Waluran, Ciemas, Ciracap, Kalibunder, Cimanggu, Cibitung, serta Tegalbuleud, itu memberikan bantuan bibit pohon balsa secara simbolis kepada sejumlah kelompok tani.

Diantaranya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Karya Bakti Kampung Kebonkacang Desa Waluran Mandiri yang diketuai Fazri Mulyono, LMDH Mitra Mukti Desa Mekarmukti Kampung Cigodeg yang diketuai Asep Wahyu, lalu Kelompok Tani Hutan (KTH) Harapan Jaya Kampung Cinangka Desa Mekarmukti Kecamatan Waluran yang diketuai Tibi, dan Poktan Bina Karya Kampung Babakan Panjang Desa Caringinnunggal yang diketuai Lilis Sumyati.

Susilawati dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para petani yang telah menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan pengurus Partai Golkar Kecamatan Waluran dan Panwaslu.

Caleg yang berdomisili di Kecamatan Tegalbuleud itu juga berharap pertemuan ini bisa mempererat silaturahmi serta bentuk bantuan bibit sebagai kepedulian terhadap kelestarian dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani.

"Bantuan bibit pohon balsa sebanyak 50 ribu, penyalurannya secara bertahap," kata Susilawati kepada sukabumiupdate.com.

Menurutnya, kegiatan pembagian bibit pohon balsa menyasar kepada para petani di Kecamatan Waluran karena merupakan salah satu kecamatan yang memiliki wilayah hutan yang lumayan luas dikelola oleh Perhutani dan bermitra dengan warga sekitar.

“Kami selain bersilaturahmi dengan petani dalam kaitan Pileg dan Pilpres. Juga memberikan bantuan berupa bibit pohon balsa, sebagai kepedulian dalam pelestarian atau penghijauan, dan kalau dipelihara secara baik, tentunya akan memberikan pemasukan dalam ekonomi," ungkapnya.

Susilawati menyebut, Pajampangan merupakan wilayah agraris, salah satunya Kecamatan Waluran juga merupakan sumber mata air. Oleh karena itu pihaknya memulai gerakan penghijauan dengan kegiatan pemberian bibit secara gratis kepada petani.

“Tentu dengan harapan berdampak pada ekosistem, ekologi, serta ekonomi. Mudah mudahan ini sebagai pelopor gerakan pelestarian, dan insya allah berlanjut ke kecamatan lain. Kami juga sudah bekerjasama dengan koperasi dan perusahaan dalam pemasarannya saat nanti panen. Mudah mudahan ini jadi program berkelanjutan," harapnya.

Terpisah, Ketua LMDH Mitra Mukti Desa Mekarmukti Kampung Cigodeg, Asep Wahyu menyampaikan rasa syukurnya karena ada Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi yang sangat peduli dengan penghijauan.

"Baru ada Caleg yang memperhatikan kelestarian lingkungan dengan memberikan bantuan bibit pohon dalam kegiatan sosialisasinya," ujarnya.

Ketua Koperasi Wana Agri Sejahtera, sekaligus Pengurus Partai Golkar Kecamatan Waluran, Agus Priatna menjelaskan bahwa pohon balsa dengan usia 2,5 - 3 tahun sudah bisa dipanen, dengan pengurusan cukup sederhana dan tidak ribet. Begitu juga dengan lokasi tanam, karena para petani sudah kerjasama dengan Perum Perhutani.

"Selain penghijauan, juga bisa membantu ekonomi para petani, karena kayu balsa itu sangat diperlukan perusahaan, sehingga pemasaran mudah dan nilai jualnya juga lumayan bagus," jelasnya.

"Ucapkan terimakasih kepada Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi Susilawati yang telah peduli kepada para petani di Kecamatan Waluran," imbuh Agus. (ADV).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Salah satu manfaat daun pegagan yaitu sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif.
Ilustrasi. Manfaat daun pegagan ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif. (Sumber : Instagram/@rimaummurayna)
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Tak Ingin Kejadian Anak Bunuh Ibu Terulang, Ini Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)