Bukan Cak Imin, Ini 5 Tokoh Menurut Pemilih yang Pantas Dampingi Anies Baswedan

Jumat 01 September 2023, 19:44 WIB
Siapa calon wakil presiden yang pantas mendamping Anies Baswedan | Foto : Sy

Siapa calon wakil presiden yang pantas mendamping Anies Baswedan | Foto : Sy

SUKABUMIUPDATE.com - Partai NasDem menyampaikan isyarat kuat akan berkoalisi dengan PKB untuk mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies - Cak Imin) sebagai bakal capres- cawapres di Pilpres 2024.

Mencuatnya duet Anies-Cak Imin langsung menghebohkan panggung politik jelang Pilpres 2024 mendatang.

Lantas, bagaimana tanggapan masyarakat (pemilih) terhadap duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin)?

Jika melihat data terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI Denny JA) memberikan gambaran bagaimana tanggapan masyarakat terhadap para tokoh yang layak mendamping Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden 2024.

Baca Juga: Local Media Summit 2023 Akan Digelar Bulan Oktober

Menurut LSI, dari respon masyarakat ketika ditanya siapakah tokoh-tokoh yang layak mendampingi Anies Baswedan? Dari hasil survei diketahui ada beberapa nama yang muncul dengan tingkat persentase yang variatif.

Calon Wakil Presiden yang pantas mendamping Anies Baswedan hasil pilihan responden ternyata jatuh kepada 5 tokoh tertinggi, yaitu: Agus Harimurti Yudhoyono (22,2%), Sandiaga Salahudin Uno (21,4%), Khofifah Indar Parawansa (9,2%), Susi Pudjiastuti (5,4%), dan Airlangga Hartarto (2,8%).

"AHY 22.2% dan Sandiaga 21.4% merupakan calon yang paling banyak dinilai paling pantas sebagai Wakil Presiden dari Anies Baswedan," tulis LSI seperti dikutip sukabumiupdate.com, Jumat 91/9/2023). 

Hasil survei LSI terhadap pasangan wakil presiden yang pantas mendampingi Anies Baswedan | Foto : SyHasil survei LSI terhadap pasangan wakil presiden yang pantas mendampingi Anies Baswedan | Foto : Sy

Sedangkan Muhaimin Iskandar, berada di posisi ke enam (dengan dukungan pemilih sebesar 2,6%) sebagai tokoh yang layak mendampingi Anies Baswedan.

Baca Juga: Butuh Investasi Rp2,5 Triliun, Nasib Tol Bocimi Seksi 3 Tergantung Pendanaan Komersial

Survei yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 3-9 Agustus 2023 melibatkan populasi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih (berumur 17 tahun atau lebih dan atau sudah menikah). Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden.

Margin of error dari survei ini +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen (dengan multistage random sampling).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyampaikan, dari hasil survei tersebut juga diketahui elektabilitas bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengungguli capres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi 3 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas 37 persen menyalip Prabowo Subianto di 35,3 persen, dan makin jauh meninggalkan Anies Baswedan yang hanya mendapat 22,2 persen.

Baca Juga: Pemkab Sukabumi Dukung Citarik Jadi Venue Babak Penyisihan Arung Jeram PON XXI

Meski begitu, Djayadi Hanan mengatakan elektabilitas Ganjar dengan Prabowo Subianto masih sangat tipis dan masih dalam margin of error.

"Jadi selisihnya 1,7 persen saja, sementara margin of error 2,9 persen," kata Djayadi dalam paparannya yang disiarkan secara daring, seperti dikutip tempo.co, Rabu, 30 Agustus 2023.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)