Pandemi Corona, Perlukah Pasangan Menunda Program Hamil?

Minggu 05 April 2020, 17:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penyebaran Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru, sulit dihindari saat ini. Melansir dari tempo.co, itu sebabnya Anda disarankan untuk tetap berada di rumah melakukan social distancing. Anda hanya boleh ke luar rumah untuk hal-hal yang penting, misalnya belanja bahan makanan atau ke dokter. 

Namun, Anda boleh mengunjung dokter untuk kasus kegawatdaruratan. Perhimpunan kedokteran mengeluarkan imbauan untuk menunda konsultasi ke dokter baik di klinik atau rumah sakit selama masa pandemi. 

Begitupun Perhimpunan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang mengeluarkan protokol pencegahan penularan Covid-19. Perdoski mengimbau masyarakat agar bersama melakukan bagian yang bisa dilakukan. Anda hanya dianjurkan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan jika mengalami keluhan sebagai berikut. 

1. Muntah hebat

2. Perdarahan

3. Kontraksi/nyeri perut hebat

4. Pecah ketuban

5. Tekanan darah tinggi

6. Nyeri kepala hebat

7. Kejang

8. Tidak merasakan gerak janin

Kegawatdaruratan juga terjadi pada pasien infertilitas yang sedang menjalani program kesuburan atau bayi tabung: nyeri perut bawah hebat, perdarahan hebat, dan keputihan hebat berbau. 

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan Ferry Darmawan dalam Kulwap Kalcare Rabu, 1 April 2020 hingga saat ini penelitian Covid-19 fertilitas dan kehamilan sangat terbatas, beberapa kasus ditemukan relatif aman, namun belum diketahui jangka panjang seperti apa.

"Saat ini perhimpunan dokter tidak melakukan program hamil meskipun pasangan terbebas dari Covid-19. Untuk pasien yang sedang menjalani program bayi tabung sebaiknya dilakukan metode pembekuan semua embrio," terang Ferry.

Ferry juga mengatakan agar operasi yang berkaitan dengan program hamil juga ditunda. Sementara tindakan atau program yang sudah setengah jalan diselesaikan dengan kehati-hatian.

"Anda dan pasangan bisa saja tidak bergejala, namun jika salah satu dari Anda positif maka penularan mungkin bisa terjadi. Untuk itu silakan manfaatkan waktu meningkatkan kualitas hubungan. Anda bisa berhubungan secara alami 2-3 kali seminggu," saran Ferry.

Sementara itu, untuk ibu hamil memiliki risiko yang sama dengan pasien umum untuk tertular COVID-19. Untuk tempat pilihan bersalin, sebaiknya sesuai indikasi. Bila tidak ada penyulit, bisa melahirkan dengan bantuan bidan. Sebaiknya pilih rumah sakit yang bukan rujukan Covid-19

Saat ini, menurut Ferry belum ada penelitian yang mumpuni mengenai hal ini. Ada penelitian dengan sampel yang kecil yang mengatakan adanya antibodi terhadap virus corona pada bayi. Namun hal ini bukan berarti bayi yang dilahirkan imun terhadap Covid-19.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat02 Mei 2024, 19:30 WIB

3 Penyebab Utama Asam Urat yang Sering Dianggap Sepele, Tiba-tiba Sakit!

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:18 WIB

Hardiknas 2024, Bupati Bicara Pendidikan Karakter dan Kewajiban Ikuti Pramuka di Sukabumi

Pembina upacara Hardiknas 2024, Bupati Sukabumi Marwan Hamami soroti soal pentingnya pendidikan karakter dan kewajiban mengikuti gerakan pramuka.
Bupati Sukabumi saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hardiknas tahun 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life02 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah

Jangan Ragu untuk Melakukan Kebiasaan Sederhana Ini Agar Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah Hidup.
Ilustrasi. Kebahagiaan. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia. (Sumber : Pexels/BrettSayles)
Life02 Mei 2024, 18:38 WIB

Ketahui 6 Tanda Orang Tua yang Gagal dalam Mendidik Anak, Ini Buktinya

Tidak semua orang tua berhasil dalam mendidik anak. Sebagian di antara mereka justru gagal mendidik anak oleh sebab kesalahan pola asuhnya
Orang tua yang gagal dalam mendidik anak | Foto : Pexels/ Kampus Production
Life02 Mei 2024, 18:30 WIB

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Harus Bergantung Pada Orang Lain

Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi.
Ilustrasi -  Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi. (Sumber : pexels.com/@Matheus Bertelli).
Sukabumi02 Mei 2024, 18:23 WIB

Status UHC Non-Cut Off Dicabut, Dinkes Sukabumi Jelaskan Layanan Kesehatan Warga Miskin

BPJS Kesehatan cabut status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi, ini kata Dinkes soal layanan kesehatan warga miskin.
Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Andi Rahman saat menjelaskan soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Istimewa)
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan