Pria Penting Tahu, Ini 8 Penyebab Penis Bengkak

Kamis 20 Februari 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penis bengkak biasanya disertai oleh berbagai gejala lain, seperti bau tak sedap atau benjolan yang muncul di kulit penis. Dilansir dari tempo.co, gejala menyebalkan ini bisa menyebabkan pria sulit buang air kecil dan berhubungan seksual. Oleh karena itu, kenalilah penyakit yang bisa menyebabkan penis bengkak di bawah ini.

1. Balanitis

Penyebab penis bengkak yang pertama adalah balanitis. Balanitis terjadi saat kepala penis mengalami peradangan akibat infeksi. Sekitar 3-11 persen pria di dunia mengalami balanitis dalam hidupnya. Penyakit ini biasanya terjadi pada pria yang belum disunat dan tidak menjaga kebersihan penisnya dengan baik

Gejala balanitis meliputik kulit penis merah, kulit penis menebal, gatal-gatal, bau tak sedap, sakit saat buang air kecil, pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha. Balanitis dianggap sebagai penyakit yang umum dan bisa disembuhkan dengan obat krim steroid, untuk meredakan pembengkakan pada penis.

2. Reaksi alergi atau iritasi

Penyebab penis bengkak selanjutnya adalah reaksi alergi atau iritasi, yang disebabkan oleh dermatitis kontak. Biasanya, reaksi alergi atau iritasi ini muncul saat penis bersentuhan dengan kondom lateks, propilen glikol dalam pelumas, spermisida (metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan), bahan kimia pada sabun atau losion, klorin. Jika Anda memiliki alergi terhadap beberapa benda di atas, segera hentikan penggunaannya untuk menghindari reaksi alergi seperti penis bengkak.

3. Uretritis

Jika buang air kecil terasa nyeri, bisa jadi itu uretritis. Uretritis adalah peradangan pada uretra, tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Uretritis disebabkan oleh bakteri Gonococcus, Chlamydia trachomatis, dan bakteri yang ada di dalam atau sekitar tinja.

Selain bisa menyebabkan penis bengkak, uretritis bisa membuat buang air kecil menjadi menyakitkan, menimbulkan sensasi terbakar saat kencing, hingga meningkatkan keinginan untuk buang air kecil.

4. Priapisme

Priapisme adalah kondisi yang menyebabkan penis ereksi selama berjam-jam, tanpa adanya stimulasi seksual. Dalam beberapa kasus, priapisme juga bisa terjadi setelah adanya stimulasi seksual. Priapisme bisa menyebabkan penis bengkak. Priapisme adalah penyakit serius yang harus segera ditangani oleh dokter di rumah sakit.

5. Penyakit Peyronie

Penyakit Peyronie adalah kondisi yang terjadi akibat penumpukan plak di bawah kulit penis. Penyakit ini menyebabkan penis bengkak, melengkung atau menekuk secara tidak normal. Peradangan dan pembengkakan pada penis merupakan gejala awal penyakit Peyronie. Seiring berjalannya waktu, pembengkakan itu bisa menjadi bekas luka yang kasar atau keras.

Penyebab penyakit Peyronie masih belum jelas, tapi kondisi yang biasanya dirasakan oleh lansia ini dipercaya terjadi karena cedera penis, penyakit autoimun, hingga gangguan jaringan ikat.

6. Posthitis

Ketika kulup penis membengkak, kondisi ini disebut sebagai posthitis. Penyakit ini muncul saat kulup penis mengalami peradangan, yang disebabkan oleh jamur. Biasanya, posthitis terjadi bersamaan dengan balanitis. Beberapa gejalanya meliputi rasa nyeri hingga kulit yang kemerahan. Saat balanitis dan posthitis terjadi bersamaan, kondisi ini disebut dengan balanoposthitis.

7. Paraphimosis

Paraphimosis adalah penyakit yang hanya terjadi pada pria yang belum disunat. Paraphimosis membuat kulup penis menempel di belakang kepala penis, sehingga membuat penis terasa “sesak”. Selain penis bengkak, paraphimosis juga bisa membuat penis nyeri, tidak nyaman, kulit kemerahan, hingga sulit buang air kecil.

8. Kanker penis

Dalam kasus yang jarang terjadi, penis bengkak juga bisa diakibatkan kanker penis. Umumnya, gejala awal kanker penis adalah perubahan pada kulit. Akan tetapi beberapa gejala lain seperti kulit penis menebal, kemerahan, hingga cairan dengan bau tak sedap di dalam kulup penis, juga bisa terjadi. Kanker penis adalah kasus langka, hanya 1 dari 100.000 pria yang terdiagnosis kanker penis di Eropa dan Amerika Utara.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya