Depresi Tak Hanya Pengaruhi Otak dan Tubuh, Tapi Juga Mimpi Buruk

Sabtu 14 Desember 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Seseorang yang mengalami depresi dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh, dari tingkat energi sampai fungsi otak. Namun yang perlu diwaspadai, depresi ternyata memiliki efek yang begitu luas bahkan dapat berdampak pada mimpi. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bagi banyak orang, tidur dengan gerak mata cepat (REM), periode di mana kita bermimpi, memiliki efek pengatur suasana hati; orang sering merasa lebih baik di pagi hari setelah kejadian traumatis atau menjengkelkan jika kita sudah cukup tidur dengan gerakan mata cepat untuk memprosesnya.

Namun, bagi orang yang mengalami depresi, unsur penyembuhan itu tidak ada - dan penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang rumit depresi dan mimpi buruk. Jika Anda mengalami depresi, kemungkinan besar Anda akan mengalami mimpi buruk, dan mengalami mimpi buruk juga merupakan prediktor yang kuat untuk gejala depresi.

Sebuah studi tentang mimpi buruk pada populasi Finlandia yang diterbitkan dalam Sleep pada tahun 2015 (dan dipimpin oleh Dr. Nils Sandman) menemukan bahwa orang dengan depresi, insomnia atau kelelahan adalah yang paling mungkin mengalami mimpi buruk. Penelitian oleh Dr. Rosalind Cartwright, Ph.D., seorang ahli dalam mimpi dan depresi, menemukan bahwa orang yang mengalami perceraian yang menyakitkan cenderung memiliki mimpi buruk yang menampilkan mantan pasangan mereka dalam peran yang menghukum atau negatif, sementara mereka yang mengatasi perceraian lebih baik cenderung bermimpi tanpa emosi.

Namun, para ilmuwan masih mencari tahu bagaimana hubungan antara depresi dan mimpi bekerja. Studi tentang otak orang-orang dengan depresi telah menunjukkan bahwa mimpi-mimpi gelap yang menyertai depresi mungkin merupakan upaya otak untuk mengatasi perasaan negatif dan pemicu dari pengalaman siang hari mereka. Sebuah studi tentang petugas pemadam kebakaran yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine pada tahun 2016 menemukan bahwa mimpi buruk dan gangguan tidur dapat meningkatkan depresi karena dapat memengaruhi kemampuan bangun kita untuk mengatur perasaan kita dan memecahkan masalah emosional.

Pengaruh depresi pada mimpi juga dipengaruhi oleh anti-depressan. Jenis selective serotonin re-uptake inhibitors atau SSRIS biasanya diresepkan untuk orang dengan gejala depresi, tetapi Dr. Michael Breus Ph.D., seorang ahli tidur, mengatakan kepada Bustle bahwa mereka juga dapat memengaruhi konten mimpi. SSRIS dapat membuat kita kurang mampu mengingat mimpi dan mungkin meningkatkan konten emosional positif mimpi, tetapi penarikan dari SSRI dapat meningkatkan mimpi buruk.

Untuk orang-orang yang mengalami depresi terkait dengan gangguan stres pasca-trauma (PTSD), penelitian menunjukkan mereka kemungkinan akan mengalami mimpi buruk berulang - tetapi dengan jenis berbeda dengan orang yang depresi. Ilmuwan tidur Matthew Walker, Ph.D., menulis di Why We Sleep bahwa tidur dengan gerak mata cepat cenderung menjadi tempat yang aman untuk pemutaran emosional bagi banyak orang karena itu bertepatan dengan penutupan di noradrenalin. Tidak adanya noradrenalin di otak berarti ingatan tidak memiliki banyak "pukulan" emosional selama mimpi, sehingga kita dapat merenungkannya tanpa terlalu marah.

Pada orang dengan PTSD, Walker mencatat bahwa kadar noradrenalin selama tidur dengan gerak mata cepat - yang berarti bahwa ingatan mereka mempertahankan kualitas yang mengerikan, dan tidak dapat diproses. Orang dengan PTSD sekarang biasanya diresepkan obat yang menurunkan kadar noradrenalin otak untuk membantu mengurangi mimpi buruk mereka.

Depresi dan mimpi buruk secara intrinsik terkait - tetapi penelitian Cartwright menemukan bahwa peningkatan tidur dengan gerak mata cepat tampaknya membantu orang dengan depresi yang tidak terdiagnosis mengalami penurunan gejala. Jika Anda mencari perawatan untuk depresi, mungkin ide yang baik untuk mencatat mimpi dan bagaimana mimpi memengaruhi Anda; mungkin lebih saling terhubung daripada yang Anda pikirkan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik