Memahami Visi dan Misi Tiga Paslon di Pilkada Sukabumi, Simak Diskusi Serunya!

Senin 28 September 2020, 23:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penetapan dan pengambilan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi melahirkan euforia. Nomor urut pasangan calon dikapitalisasi dalam berbagai sudut pandang, bahkan sampai pada pendekatan mistik.

Pasangan calon bersama tim pemenangan mempercantik diksi dan frasa dalam visi-misi masing-masing, entah apa yang melatabelakanginya. Di Pilkada Sukabumi tahun 2020, pasangan Adjo Sardjono dan Iman Adinugraha mengusung visi besar Sukabumi Unggul Lahir Batin.

Kemudian, pasangan Marwan Hamami dan Iyos Somantri mengusung visi besar Kabupaten Sukabumi Religius, Maju, dan Inovatif, menuju Masyarakat Sejahtera Lahir Batin. Lalu pasangan Abu Bakar Sidik dan Sirojudin mengusung visi besar Kabupaten Sukabumi Bersih, Agamis dan Harmoni Berdasarkan 4 Pilar Kebangsaan.

Frasanya indah dan memukau, namun faktanya setiap Pilkada ke Pilkada selalu saja begitu, indah dalam kata, tak jarang abai dalam implementasi.

Tim Pemenangan Adjo Sardjono dan Iman Adinugraha, Heri Antoni mengatakan, visi adalah suatu rumah masa depan yang akan pihaknya tawarkan kepada masyarakat berdasarkan kondisi eksisting hari ini. Berangkat dari kondisi eksisting itulah pihaknya menawarkan visi dan serangkai misi, yang nantinya akan diintervensi oleh berbagai bentuk program.

"Dokumen visi yang bagus itu gampang saja dibuat, banyak tenaga profesional yang bisa menyusun. Tetapi how to, bagaimana mewujudkan visi tersebut, itulah yang lebih penting. Nah secara lengkap, visi kami adalah terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Unggul Lahir Batin. Unggul ini adalah kata yang dipilih pasangan AMAN dan menjadi tagline kami, sehingga semua program kami akan mengarah kepada Sukabumi yang Unggul," kata Heri dalam acara Panggung Pilkada 2020 Edisi 28 September 2020, yang digelar di kantor sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Tagline Bapaslon di Pilkada Sukabumi, Cita-cita atau Janji Belaka?

Selanjutnya, Tim Pemenangan Marwan Hamami dan Iyos Somantri, Priyo Indrianto memaparkan, visi dan misi yang disusun pihaknya tidak berdiri independen pada kondisi Sukabumi saja, tapi juga mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019-2024.

Tak hanya itu, Priyo mengaku pihaknya juga melakukan sinkronisasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat tahun 2018-2023 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sukabumi tahun 2005-2025.

"Tak kalah penting adalah kita juga ingin melanjutkan sebuah visi yang sudah terlihat dari sisi indikator keberhasilan dari Bupati sebelumnya. Sehingga kemudian, visi ini adalah visi sinkronisasi dan visi untuk melanjutkan kondisi yang ada di Sukabumi. Visi yang diangkat adalah terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius, Maju, dan Inovatif, menuju Masyarakat Sejahtera Lahir Batin," papar Priyo.

Terakhir, Tim Pemenangan Abu Bakar Sidik dan Sirojudin, Andri Hidayana mengungkapkan, visi adalah tujuan dan misi merupakan langkah untuk menjabarkan visi tersebut. Andri berujar, pihaknya memiliki visi terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Bersih, Agamis dan Harmoni Berdasarkan 4 Pilar Kebangsaan.

"Tentu sedikit unik di antara yang lain, karena pasangan nomor 1 dan 2 ada lahir batin. Karena koalisi kami adalah koalisi religius dan nasionalis. Tentu kami perlu menyampaikan bahwa 4 pilar kebangsaan itu perlu diketahui masyarakat luas di Kabupaten Sukabumi. 4 pilar kebangsaan ini adalah Pancasila dan sifatnya final, lalu UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," pungkas Andri.

Simak selengkapnya di acara Panggung Pilkada 2020 Edisi 28 September 2020.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life30 April 2024, 09:46 WIB

Dapat Mengganggu Perkembangan Kognitif, 8 Dampak Negatif Memukul Anak

Memukul sering dilakukan orang tua dan memiliki tujuan untuk mendisiplinkan anak. Akan tetapi, hal itu memiliki dampak buruk pada anak.
Ilustrasi memukul anak. | Foto: Freepik/@menguasai1305
Sukabumi30 April 2024, 09:33 WIB

Warga Sukabumi Kecewa VAR Anulir Gol Indonesia dalam Semifinal Piala Asia U-23 2024

Wasit Shen Yinhao memeriksa VAR karena terindikasi offside.
Kegiatan nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U-23 tahun 2024 antara Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di halaman Mapolres Sukabumi Kota, Senin malam, 29 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat30 April 2024, 09:00 WIB

7 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah.
Ilustrasi - Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/@8photo).
Mobil30 April 2024, 08:47 WIB

92 Offroader Jajal Track Bukit Parahiyangan Sukabumi, Bermain Lumpur Sambil Beramal

Event Komunitas Offroad ini diharpkan menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata di Bukit Parahiyangan Sukabumi.
Offroader Nasional jajal track Bukit Parahiyangan Sukabumi. (Sumber : YouTube/Wa-One Adventure)
Sehat30 April 2024, 08:00 WIB

6 Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah

Tetapkan Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal.
Ilustrasi - Tips mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/Санжар Саиткулов)
Life30 April 2024, 07:00 WIB

5 Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Kamu Sering Melakukannya?

Ketahui Beberapa Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Coba Cek Apa Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi. Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)