Ini Dia! 8 Caleg Dapil 1 Kabupaten Sukabumi yang Melenggang ke Jajaway

Selasa 23 April 2019, 13:38 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Rekapitulasi suara di enam kecamatan di Daerah Pemilihan (Dapil) I Kabupaten Sukabumi rampung dilaksanakan. Berdasarkan data yang diolah dari Model DA1-DPRD Kab yang dihimpun sukabumiupdate.com, delapan partai dengan raihan suara terbanyak di dapil ini berpeluang menempatkan masing-masing satu calegnya di DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.

BACA JUGA: Simak! Tujuh Caleg Dapil VI Kabupaten Sukabumi Ini Berpeluang Lolos ke Jajaway

Seperti diketahui, penghitungan kursi pada Pileg 2019 ini menggunakan metode Sainte Lague. Delapan kursi yang tersedia di Dapil I habis dengan bilangan pembagi satu. Tak ada partai yang mendapat lebih dari satu kursi.

Partai Golkar menjadi partai paling banyak memperoleh suara. Jumlahnya sekira 28,9 ribu atau 15,8 persen dari total suara sah. Dari partai berlambang pohon beringin ini, caleg nomor urut 5, Dennys Ali Perkasa, memperoleh sura terbanyak. Lebih dari 10 ribu suara. 

Urutan ke dua raihan suara terbanyak ditempati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 28,6 ribu suara (15,7 persen). Caleg PDIP yang berpeluang besar melenggang ke DPRD Kabupaten Sukabumi adalah Ace Herlina. Caleg nomor urut 4 yang meraih lebih dari 12 ribu suara.

Kemudian di posisi ke tiga ada Partai Amanat Nasional (PAN) dengan raihan suara sebanyak 28,4 ribu (15,4 persen). Sang Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Mansurudin, kembali lolos ke Jajaway. Ia memperoleh suara lebih dari 10,2 ribu.

Selanjutnya Partai Gerindra mendapat raihan suara 22,3 ribu (12,1 persen). Ada nama Usep Wawan, caleg nomor urut 8, yang lolos dari partai besutan Prabowo Subianto ini.

Sama halnya dengan PAN, tiga partai lain juga berhasil membawa petahana ke DPRD Kabupaten Sukabumi. Tiga partai tersebut yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih sekira 16,1 ribu suara (8,8 persen), Demokrat 14 ribu suara (7,7 persen), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendapat 10,5 ribu suara (5,7 persen).

BACA JUGA: 404 Caleg di Kota Sukabumi Dipastikan Kalah, Ini Ketentuannya!

Petahana yang kembali lolos dari tiga partai tersebut yakni Leni Liawati dari PKS, Badri Suhendi dari Demokrat, dan Ujang Rahmat dari PPP.

Satu kursi tersisa menjadi jatah untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memperoleh total suara lebih dari 10 ribu (5,4 persen). Dari partai tersebut, ada nama Eji Aziz Ismail yang lolos.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Maret 2024, 20:17 WIB

Pasien DBD Di RSUD Jampang Kulon Sukabumi Alami Peningkatan Kasus

Seksi Pelayanan Medis RSUD Jampangkulon, dr. Lastri Asmuniati mengatakan dari data bulan Desember 2023 hingga bulan Februari 2024, kasus Dengue memang ada kenaikan.
Pasien DPD di RSUD Jampang Kulon alami peningkatan kasus | Foto : Ragil Gilang
Life04 Maret 2024, 20:00 WIB

Tes Kepribadian: Pilih Satu dari 4 Hewan Ini dan Akan Ungkap Siapa Anda Sebenarnya

Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia.
Ilustrasi - Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia. (Sumber : Jagran Josh).