Himbauan PVMBG, Warga Sukabumi Dihantui Getaran Tanah dan Suara Gemuruh

Sabtu 23 April 2022, 17:22 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi) Kementerian ESDM, merespon fenomena getaran tanah dan dan suara gemuruh yang dirasakan serta didengar warga Sukabumi Jawa Barat dalam dua hari terakhir. PVMBG menyebut fenomena tersebut bukan disebabkan aktivitas vulkanik gunung api, baik Gede Pangrango, Salak ataupun Gunung Anak Krakatau (GAK).

Warga Kampung Selajambe RT 17/06 Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, panik karena terus menerus mendengar suara gemuruh dan merasakan getaran dari dalam tanah dalam dua hari terakhir ini. Warga, Sasi Johar (26 tahun) mengatakan suara gemuruh dan getaran itu terdengar dan dirasakannya sejak Jumat pagi 22 April 2022. 

"Sudah dua hari, pertama saya juga kurang ngeh, kurang dianggap, cuman penasaran tanya ke tetangga ternyata sama dengar juga," kata Sasi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (23/4/2022).

Sasi menuturkan, waktu adanya getaran dan suara gemuruh yaitu setelah matahari terbit sekitar pukul 06.00 sampai pukul 10.00 WIB. "Kaya gemuruh tapi ada getarannya. Warga juga merasakan. Makanya saya juga tanya-tanya dulu takutnya saya doang yang merasakan, ternyata warga lain juga sama mendengarkan," ungkapnya.

Dia dan warga lainnya merasa heran dengan adanya kejadian tersebut, sebab di lingkungan perkampungannya jauh dari jalan raya bahkan tidak ada bangunan pabrik. "Makanya aneh juga. Di sini hanya Perkampungan sama kolam dan sawah, takutnya apa dari gunung gede atau gunung salak gitu ya," katanya.

"Suaranya bisa dibilang dari dalam tanah soalnya lagi ngasih pakan ikan di kolam terasa gemetar sama gemuruhnya, kalau di sawah rasanya lebih gede, beda pas di dalam rumah," sambungnya. 

photoSuasana di Kampung Selajambe RT 17/06 Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Warga sekitar heboh dengar suara gemuruh dan rasakan getaran. - (SU/Riza)</span

Meski begitu, Sasi menyebut tidak ada kerusakan maupun retakan-retakan di kampungnya, hanya warga merasa bingung ataupun heran dengan munculnya fenomena itu. Warga berharap ada kajian dan pantauan dari instansi terkait.

Kristianto, Koordinator Mitigasi Gunung Api PVMBG yang dikonfirmasi terkait fenomena ini menegaskan getaran dan suara gemuruh tersebut harus cepat dicari pemicunya. "Kami menghimbau masyarakat tidak panik dan cepat berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait dan terdekat," ucap Kristianto kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (23/4/2022) melalui pesan singkat.

Baca Juga :

Heboh Getaran, 2 Hari Ini Warga Selajambe Cisaat Sukabumi Juga Dengar Gemuruh

Data dan informasi dari warga ini lanjut Kristianto langsung diteruskan kepada tim yang biasa memantau potensi pergerakan tanah. PVMBG menyebut getaran dan suara tersebut kecil kemungkinan dipicu oleh aktivitas gunung berapi di sekitarnya, dalam hal ini Gunung Gede Pangrango ataupun Gunung Salak, apalagi dari Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda.

"Kalau untuk getaran gempa GAK sangat kecil dan tidak bisa dirasakan di luar kawan GAK. Sehingga fenomena di Sukabumi kemungkinan besar bukan berasal dari GAK," lanjut jelas Kristianto, "Sementara untuk dari Gunung Gede Pangrango dan Salak saat ini masih normal aktivitas vulkaniknya."

Untuk warga di lokasi yang merasakan getaran kuat ataupun mendengar gemuruh kencang, PVMBG menyarankan tetap waspada. "Kalau sudah diketahui sumber lokasinya masyarakat untuk sementara menghindar dari  lokasi tersebut," beber Kristianto.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay