Jelang Lebaran, Napi Lapas Nyomplong Sukabumi Bikin Baju Koko hingga Gamis

Rabu 20 April 2022, 19:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di bulan ramadan ramadan ini, sebanyak 20 narapidana atau warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nyomplong Kota Sukabumi mendapatkan pelatihan menjahit. Alhasil, dalam kurun waktu seminggu, para napi tersebut berhasil memproduksi beberapa jenis pakaian seperti daster, gamis dan baju koko

Salah seorang warga binaan, Komar Sumarna (54 tahun) mengaku sudah terampil menggunakan mesin jahit. Bahkan ia dipilih menjadi pelatih bagi warga binaan lainnya. 

“Tiap harinya di sini, sore kembali ke sel dan malamnya ada kegiatan tarawih sama pengajian tadarusan. saya belajar ada setahun, kalau masa pelatihannya ada tiga bulanan,” kata Komar saat ditemui sukabumiupdate.com di ruangan pelatihan konveksi di Lapas Kelas IIB Sukabumi, Rabu (20/4/2022).

Komar merupakan narapidana kasus narkotika yang divonis penjara 6 tahun 5 bulan. Ia yang sudah merasakan tiga kali lebaran di dalam sel kini merasa sudah mahir dalam keterampilan menjahit pakaian.

“Sudah jalan tiga tahun lebaran di sini. Sekarang udah bisa alhamdulillah (menjahit). Lagi produksi baju koko dan gamis, susahnya kalau belum bisa paham, senangnya kalau sudah paham bisa ngasih tahu ke anak-anak yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga :

Rencananya setelah bebas dari lapas, Komar mengaku ingin melanjutkan usahanya membuka jasa menjahit.

“Kalau sudah keluar dari sini dengan mempunyai keterampilan dan mendapatkan sertifikat di sini, mudah-mudahan nanti berharap ketika keluarga dapat kerjaan atau buka usaha menjahit pakaian,” ungkapnya.

Terpisah, Titi Awati selaku instruktur menjahit dari LPK Badami menceritakan pengalamannya dalam melatih warga binaan. Ia menyebut dibutuhkan kehati-hatian dan kesabaran ekstra dalam melatih warga binaan.

“Secara psikis memiliki terpaan istilahnya, jadi saya ambil hatinya dulu. Setiap pelatihan itu tidak langsung ke materi, saya bangkitkan dulu keinginannya mimpi-mimpinya, semangatnya, harapannya saya kumpulkan dulu,” ujarnya.

“Setelah mereka merasa senang, menyukai dunia pelatihan apapun yang penting hatinya dibuka dulu, bahwa anak-anak di sini sama halnya dengan masyarakat umum. Karena bagi saya mereka bukan penjahat, tapi manusia biasa saja,” tambahnya. 

Menurut Titi, dalam kurun waktu satu minggu, puluhan warga binaan ini bisa membuat 80 potong baju koko dan gamis. Kemudian diperjualbelikan dan sebagian penghasilannya diberikan kepada warga binaan tersebut.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Sukabumi, Christo Victor Nikon Toar mengatakan, untuk warga binaan yang bisa mendapatkan kesempatan pelatihan menjahit tersebut ada beberapa kriteria yang diberlakukan.

“Kuota kami hanya 20 orang yang sudah dipilah. Pertama yang dekat waktu pulang, supaya di sisa waktunya mereka punya bekal. Lalu ada wawancara minat dan bakat mereka, kadang-kadang kalau untuk kursus menjahit itu butuh passion ketika tidak ada passion hasilnya akan tidak bagus,” jelasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)