Cerita Mencekam dari Tugu Baros Sukabumi, Saat Diterjang Banjir Seatap Rumah

Jumat 18 Februari 2022, 13:22 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kampung Tugu Baros khususnya di RW 04 Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros Kota Sukabumi adalah salah satu lokasi terdampak parah dari banjir yang terjadi Kamis petang kemarin, 17 Februari 2022. Di lokasi ini lebih dari 20 bangunan dilaporkan rusak parah, termasuk masjid, bahkan korban jiwa akibat banjir dengan ketinggian lebih dari 2 meter, menerjang dan menenggelamkan bangunan.

Nyaris tak ada barang rumah tangga yang selamat dari amukan banjir sungai Cisuda, di RW 04 Kampung Tugu Baros. Jumat pagi ini kerusakan dampak banjir bandang sungai Cisuda di lokasi ini terlihat jelas. 

Rumah-rumah ditinggal penghuninya yang memilih mengungsi ke lokasi aman. Bangunan rumah hancur, barang rumah tangga termasuk kendaraan roda dua bergelimpangan, tertutup lumpur yang dibawa oleh banjir bandang.

Pemukiman di RT 03 RW 04 Kampung Tugu ini memang lebih rendah dari sungai Cisuda. Kamis petang kemarin sungai ini meluap, akibat hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Sukabumi selama berjam-jam.

Baca Juga :

Lalan, salah seorang warga Tugu Baros menceritakan detik-detik mencekam saat banjir bandang mulai menerjang pemukiman. "Air cepat sekali naiknya dari sungai Cisuda dan saluran air yang melintasi kampung. Lewat jam 17.00 WIB air sudah lebih dari satu meter. Rumah dan bangunan sudah tenggelam," jelasnya kepada sukabumiupdate.com. 

Tampak sejumlah rumah warga dan sebuah Masjid hancur akibat hantaman banjir. ‌Sebagian bangunan jebol, berikut dengan pagar tembok masjid juga hancur.

"Banjir berlangsung kurang lebih 2 jam. Hampir pukul 8 malam baru surut," bebernya

Saat air mulai naik, tak banyak yang dapat dilakukan warga kecuali menyelamatkan diri dengan cepat ke lokasi lebih tinggi. Lalan dan warga lainnya di lokasi terdampak rata-rata hanya membawa pakaian yang mereka kenakan. 

Baca Juga :

"Baju Pun hanya tinggal yang saya pakai saja," ucap Lalan.

Banjir di Tugu Baros ini juga menyebabkan korban jiwa. Enung (80 tahun), ditemukan meninggal oleh warga dan di dalam rumahnya saat banjir mulai surut. Korban dalam kondisi stroke dan diduga tak bisa menyelamatkan diri saat rumahnya mulai tenggelam. 

Sejumlah warga juga dilaporkan mengalami luka akibat terkena material bangunan yang hancur akibat banjir. Sejak pagi tadi warga mulai bergotong-royong, dibantu sejumlah relawan dan jajaran pemerintah daerah, yang mulai membangun tempat pengungsian sementara dan dapur umum.

REPORTER: CPR1

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:38 WIB

Ini Daftar 11 Korban Meninggal dan 17 Luka Berat Kecelakaan Bus Perpisahan SMK Depok

Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, tercatat 12 orang yang tewas dalam kecelakaan bus itu. 11 dari rombongan dalam dan 1 korban seorang pengendara sepeda motor
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu, 11 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:05 WIB

Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Depok: Dilaporkan 11 Korban Tewas

Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang.
Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang. (Sumber : Istimewa).
Sehat12 Mei 2024, 09:00 WIB

Asam Urat yang Mengancam Sendi: Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa.
Ilustrasi - Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa. (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi12 Mei 2024, 08:38 WIB

Jembatan Cibodas Rusak, DPRD Sukabumi Segera Komunikasi dengan Dinas Terkait

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Nandar turut melakukan peninjauan bersama anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan, ke lokasi Jembatan Cibodas yang membentang di atas Sungai Cibodas, Kecamatan Curugkembar.
Nandar, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi PKB) | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 08:00 WIB

Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Life12 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan.
Ilustrasi - Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Science12 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 12 Mei 2024, Waspada Hujan di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya.
Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Freepik
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Toilet Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa