Ular Masuk Rumah? Pencinta Reptil di Sukabumi Bicara Ampuhnya Sapu Ijuk

Rabu 02 Februari 2022, 09:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tak bisa dipungkiri manusia kerap hidup berdampingan dengan makhluk hidup yang lain, salah satunya ular. Di Sukabumi, kemunculan ular di rumah-rumah warga sering ditemukan dan tak jarang membahayakan apabila tidak ditangani dengan benar.

Pencinta reptil, Andri, mengatakan munculnya ular di rumah warga, salah satunya dipicu sebagian dari jenis hewan ini yang memiliki sensor panas terhadap suhu. Alhasil, ular-ular tersebut sering memasuki rumah yang dianggap nyaman, terutama ketika ada tumpukan kotor.

"Ular masuk ke rumah karena ada celah sasaran untuk berdiam atau bersarang. Salah satu yang harus dihindari adalah tumpukan kotor maupun berbau," kata Andri yang merupakan warga Kampung Cipetir RT 06/03 Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 1 Februari 2022.

Andri mengimbau warga membersihkan tempat yang semula kotor. Sebab menurutnya, ular tak nyaman di tempat bersih. Namun ketika ular terlanjur masuk ke rumah, Andri memperingatkan jangan melakukan tindakan ceroboh, apalagi tanpa mengenali jenis ular yang masuk.

"Karena sering tidak diketahui ular apa yang sedang dihadapi, berbisa atau tidak," ucap dia. "Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengusir ular dengan sapu ijuk. Ular tidak senang dengan ijuk karena bisa menembus sela-sela sisik yang membuatnya sakit," imbuh Andri.

photoUlar sanca batik di Jalan Bhinneka Karya RT 02/06 Kelurahan/Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Rabu, 22 Desember 2021. - (Istimewa)

Baca Juga :

Selain itu, tips dari Andri ketika menghadapi ular adalah mengoptimalkan jarak untuk menghindari serangan tiba-tiba. Jangan pula menangkap ular dengan tangan kosong karena berisiko. "Bisa pakai tongkat atau benda panjang lain. Namun jika sulit, hubungi animal rescue terdekat."

‌Adapun jenis ular yang sering masuk ke rumah adalah kobra Jawa dan ular sanca. Apabila Anda terkena semburan bisa kobra Jawa karena ular ini memiliki kelebihan penyerangan, terutama area mata, Andri menyebut hindari mengosok mata yang terkena semburan.

"Coba gunakan air mengalir yakni membasuh mata dengan air bersih yang mengalir dalam kondisi mata terbuka, akan mengurangi racun atau bisa ular keluar dari mata. Meski begitu, tidak cukup dengan air karena menurut penelitian air tidak senyawa dengan bisa ular," katanya.

"Metode selanjutnya menggunakan ramuan bunga (tanaman korejat) yakni didiamkan bersamaan dengan air hangat, lalu bunga diambil sehingga menghasilkan sisa air di ujung batang. Kemudian teteskan pada mata yang terkena semburan sambil dikedipkan agar membantu keluarnya racun."

REPORTER: CRP 1

Koleksi Video Lainnya:

Cari Makan, Monyet di Hutan Cipeucang Sukabumi Turun ke Jalan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI
Life29 Maret 2024, 13:30 WIB

5 Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan

Artikel ini akan membahas tentang alasan-alasan di balik kesulitan meninggalkan kebiasaan buruk serta beberapa tips yang dapat membantu kita memotivasi diri untuk melakukan perubahan positif.
Ilustrasi. Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan. Sumber: pixabay.com
Life29 Maret 2024, 13:15 WIB

30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa

Berikut ini uacapan selamat hari Jumat agung dan paskah untuk dibagikan kepada orang-orang tercinta
30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa (Sumber : Freepik/freepik)