Open Rekrutmen Patwabumi: Laboratoriumnya Mahasiswa asal Sukabumi di Bandung

Jumat 15 Oktober 2021, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Paguyuban Tali Wargi Asal Sukabumi atau Patwabumi kembali membuka rekrutmen untuk anggota baru. Ini adalah organisasi mahasiswa daerah asal Sukabumi yang ada di kampus-kampus wilayah Bandung. 

Beranggotakan mahasiswa asal Sukabumi baik dari daerah Kabupaten dan Kota, sebagai organisasi kedaerahan dan kemahasiswaan Patwabumi memiliki tanggung jawab dalam mewujudkan pembangunan daerah. "Untuk mencapai cita-cita pembangunan sesuai dengan rencana pembangunan pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi," jelas Mira, Ketua Umum Patwabumi dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com, Jumat (15/10/2021).

Mahasiswa UIN Bandung ini menambahkan Patwabumi selaku organisasi kemahasiswaan merupakan wadah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), untuk mengawal proses pembangunan daerah. "Patwabumi dipersiapkan sebagai wadah kader-kader intelektual putra-putri daerah asal Sukabumi, yang kelak akan menjadi pemimpin dan pengganti kaum tua di daerah."

Patwabumi tidak hanya sekedar perkumpulan mahasiswa saja tetapi memiliki gagasan dan tujuan yang tertuang dalam AD-ART. Salah satunya pada bab 4 pasal 4 yaitu terbentuknya insan akademis yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, beretos kerja, memiliki idealisme kesetiakawanan yang tinggi serta menjadi pelopor pemuda pembangun masa depan bangsa dan memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. 

"Sesuai dengan tujuan tersebut Patwabumi bercita-cita untuk mengawal pembangunan daerah di berbagai bidang keilmuan seperti Pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dan bidang lainnya sesuai dengan pembangunan dan potensi daerah," bebernya. 

Demi mewujudkannya perlu keselarasan antara Patwabumi dan juga pemerintah. Kerjasama yang telah terlaksana yaitu; di Bidang Pendidikan yang bekerja sama dengan dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten Sukabumi dalam proses sosialisasi pentingnya Pendidikan. 

Menurut Mira, pendidikan merupakan tempat yang paling memungkinkan untuk menciptakan generasi penerus yang unggul. Namun mengingat masih banyak diantara masyarakat Sukabumi yang masih tertinggal atau tidak melanjutkan pendidikan dikarenakan fasilitas tempat pembelajaran yang jauh dan masalah finansial" 

"Patwabumi sebagai wadah mahasiswa daerah hadir untuk merespon hal itu, sebagai penyambung lidah antara pemerintah dan masyarakat." 

photoKegiatan bersama Patwabumi - (dok Patwabumi)</span

Selain pendidikan, Patwabumi juga tengah menyoroti isu terkait pertanian, pariwisata lingkungan dan sosial. 

Masyarakat Sukabumi mayoritas petani, tetapi masyarakatnya masih mengkonsumsi beras impor. Perlunya kesadaran dari kaum muda dalam menyikapi hal ini. Selain itu, sektor pariwisata yang sudah berstandar internasional pun perlu untuk dikembangkan dan terus untuk disosialisasikan kepada masyarakat daerah agar saling menjaga dan merasakan manfaatnya. 

Baca Juga :

Bersama Bangun Kota Sukabumi, Fahmi ajak Mahasiswa Berkolaborasi

"Selain itu lingkungan dan sosial yang disebabkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam pemeliharaan lingkungan seperti adanya banjir bandang berkurangnya air bersih dan pencemaran lingkungan lainnya," sambung Mira. 

Masalah semakin komplek untuk menciptakan perubahan sehingga Patwabumi selalu menggelar proses rekrutmen yang dikenal dengan Matakami (Masa Ta’aruf Mahasiswa Asal Sukabumi). Rutin setiap satu tahun sebagai gerbang awal bagi mahasiswa asal Sukabumi untuk bergabung ke Patwabumi.

"Salah satu tanggung jawab mahasiswa berupa pengabdian kepada masyarakat. Kami tunggu di link pendaftaran: https://forms.gle/gJ6qnZCL2kHo2UQC7," tegas Mira.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)
Life28 April 2024, 17:44 WIB

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Memaafkan Masa Lalunya, Ketahui Penyebabnya!

Tak sedikit orang yang sangat sulit memaafkan masa lalunya sendiri sehingga sampai kini terjebak dalam balutan masa kelam yang menyakitkan.
Ilustrasi. Orang menangis karena sulit memaafkan masa lalu. | Sumber poto : Pexels/ Karolina Grabowska
Sukabumi28 April 2024, 17:32 WIB

29 Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia di Sukabumi, Pemiliknya Ditilang

Puluhan motor berknalpot brong disita polisi usai terjaring razia KRYD Polres Sukabumi Kota. Pemiliknya ditilang.
Pemiliknya ditilang, puluhan motor berknalpot brong diangkut Polres Sukabumi Kota. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 17:30 WIB

4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Membicarakan emosi dengan anak-anak bisa jadi rumit, pelajari lebih lanjut tentang cara mendiskusikan perasaan besar dengan anak kecil.
Ilustrasi. Anak sedang emosi. Sumber : Freepik/@8foto
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts