Festival Sukabumi Edun Euy Diawali Basuh Kaki Ibu, Ini Alasan Dilaksanakan di Jalan

Sabtu 30 November 2019, 15:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Panitia Festival Sukabumi Edun Euy menjelaskan alasan memilih lokasi kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di Bundaran Adipura Kota Sukabumi dan menutup sebagian jalan RE Martadinata.

Dimulai hari ini, Sabtu (30/11/2019) Festival Sukabumi Edun Euy dibuka dengan pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori aksi anak membasuh kaki ibu terbanyak.

"Lokasi itu adalah salah satu pusat keramaian di Kota Sukabumi, lalu lalang orang di sana semua. Bagus buat tampil perform, bagus juga buat para pelaku memperkenalkan dagangannya. Intinya kita ingin memberikan hiburan kepada masyarakat dan kesempatan pada pelaku seni untuk bisa tampil dalam satu event yang gak biasa, juga pelaku usaha kecil menengah. Kalau masalah pro kontra pasti ada kan kang," ucap Ketua Penyelenggara, Mulyadi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (30/11/2019).

BACA JUGA: Menyimak Kisah Wisma Wisnuwardani, Lokasi Festival Soekaboemi Tempo Doeloe

Mulyadi menjelaskan acara unik ini dibuka dengan aksi membasuh kaki ibu oleh anak-anaknya yang mampu memecahkan rekor MURI. Piagam MURI untuk kegiatan ini diterima langsung oleh Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo.

“Penghormatan anak kepada ibunya, bahwa seorang ibu adalah segala-galanya. Nanti pun saat magrib kita salat magrib berjamaah, ada tausiyah, lalu salat isya berjamaah. Selama tiga hari seperti itu, untuk menunjukkan bahwa Kota Sukabumi Kota Religi," tutur Wisnu.

Manajer MURI, Triyono mengungkapkan, kegiatan membasuh kaki ibu yang digelar di Sukabumi Edun Euy berhasil masuk dalam rekor MURI  karena memenuhi salah satu persyaratan, yaitu dengan peserta terbanyak. "Ada 1.430-an anak yang mencuci kaki ibunya dan ini memecahkan rekor sebelumnya yang pernah ada, yaitu sekitar 1.300-an anak di sekitar Pantai Ancol, kalau tidak salah pada tahun 2018.

BACA JUGA: Festival Bunga Sisakan Sampah, Puluhan Anggota Kodim 0622 Sukabumi Bersih-bersih

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Atik Suswanti mengatakan, dalam tiga hari ke depan akan ada rekayasa lalu lintas yang diberlakukan di beberapa titik jalan di Kota Sukabumi, terkait kegiatan Sukabumi Edun Euy. Lanjut Atik, rekayasa lalin ini akan berlangsung dalam dua waktu operasional.

Pertama, rekayasa lalu lintas yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB, dimana kendaraan dari Jalan Veteran mengarah ke Bundaran Tugu, dialihkan belok kiri mengarah Jalan Surya Kencana dan belok kanan mengarah ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Sementara kendaraan dari utara, yaitu dari Jalan Surya Kencana yang mengarah Bundaran Adipura, hanya bisa melalui Jalan Perintis Kemerdekaan. 

Kemudian kendaraan dari Jalan Ir Djuanda yang keluar ke Jalan RE Martadinata, belok kiri mengarah Jalan RE Martadinata via Rumah Sakit Ridho Galih, lalu belok kanan Jalan RE Martadinata via Yogya Departement Store dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

BACA JUGA: Art Festival, Melihat Sudut Sukabumi Lewat Lukisan

Kedua, rekayasa lalu lintas yang diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai. Kendaraan yang keluar dari Jalan Veteran, belok kiri via Jalan Surya Kencana menjadi satu arah dan belok kanan via Jalan Perintis Kemerdekaan. Kemudian kendaraan dari Jalan Surya Kencana belok kiri via Jalan Syamdudin SH, sehingga dapat keluar lurus melalui Jalan Siliwangi atau belok kanan via Jalan Ir H Djuanda. 

Dari Jalan Ir H Djuanda, dapat keluar belok kanan via Jalan RE Martadinata lalu ke Yogya dan Jalan Perintis Kemerdekaan, serta dapat belok kiri via Jalan RE Martadinata via Rumah Sakit Ridho Galih. Terakhir, yaitu kendaraan yang keluar dari Jalan Zaenal Zakse, dapat keluar belok kiri via Yogya maupun kanan via Rumah Sakit Ridho Galih.

"Berlaku mulai hari Sabtu, Minggu dan Senin. Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam giat festival dan ikuti arahan rekayasa yang sudah dibuat. Apabila ada yang tidak tahu jalan aatau kurang mengerti, bisa bertanya kepada petugas yang sedang bertugas," jelas Atik.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 23:37 WIB

Berwajah Lugu, Bupati Sukabumi Heran Rahmat Bisa Tega Bunuh Ibu Kandung

Bupati Sukabumi Marwan Hamami sudah meminta adanya pendampingan psikologis Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rahmat alias R alias Herang (25 tahun) tersangka kasus pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber : istimewa/warganet)
Sukabumi16 Mei 2024, 22:23 WIB

Kebakaran Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi, Api Muncul dari Ruang Oven

Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi terbakar. Penyebab kebakaran diduga berasal dari ruang oven.
Petugas Damkar saat berupaya memadamkan api yang membakar ruang oven di Pabrik Palet Kayu yang berada di Parungkuda Sukabumi, Kamis (16/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 21:41 WIB

Komitmen Bangun Kota Sukabumi, Ayep Zaki Serahkan Formulir Pilwalkot ke Gerindra

Ayep Zaki resmi daftar Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi.
Ayep Zaki serahkan berkas formulir pendaftaran Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan, Berhenti Sekarang Juga!

Begadang atau kurang tidur yang kronis dapat memiliki dampak yang berkepanjangan terhadap kesehatan.
Ilustrasi. Overthinking di Malam Hari. Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan . Sumber: Freepik/pressfoto
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 20:39 WIB

Serentak, KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi Resmi Lantik PPK Untuk Pilkada 2024

Jelang Pilkada 2024, sebanyak 35 PPK di Kota Sukabumi dan 235 PPK di Kabupaten Sukabumi dilantik serentak.
Suasana pelantikan PPK Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat16 Mei 2024, 20:30 WIB

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari Saat Terjadi Serangan Asam Urat

Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Anggota Jadi Media Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)