Bangunan SD Negeri Padabenghar Kabupaten Sukabumi Ambruk, Siswa Belajar di Tenda Darurat

Senin 11 September 2017, 10:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan siswa Kelas Tiga SD Negeri Leuwipeundeuy, Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, saat ini terpaksa belajar di tenda darurat pascabangunan kelasnya roboh, ditengarai akibat sudah lama dan lapuk.

Pantauan sukabumiupdate.com, di lokasi terlihat sejumlah siswa sedang melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) beratapkan terpal, dan beralaskan tanah.

Informasi dihimpun, kondisi (KBM-red) tersebut sudah berjalan hampir setahun lamanya.

BACA JUGA: Terlelap Tidur, Rumah Agus Sukira Warga Cinumpang Kabupaten Sukabumi Ambruk

"Kurang lebih satu tahun siswa, khususnya Kelas Tiga, terpaksa belajar di tenda karena bangunannya roboh," ujar Kepala SD Negeri Leuwipeundeuy, Romli, kepada sukabumiupdate.com, saat dikonfirmasi, Senin (11/9/2017).

Romli merasa sedih dengan kondisi sekolah tersebut. Pihaknya pun sudah melakukan upaya, dari mulai melaporkan kondisi sekolah hingga mangajukannya lewat proposal, kepada dinas terkait.

Namun hingga kini, kata Romli, belum ada realisasinya.

"Saya berharap, kepada dinas terkait agar segera memberikan bantuan, khususnya utuk ruangan belajar," tutupnya penuh harap.

BACA JUGA: Rumah Hampir Ambruk, Warga Selakopi Kabupaten Sukabumi Minta Perbaikan Jembatan Tak Asal-asalan

Sementara para guru pun mengaku sering mendapat keluhan dari para siswa, seperti panas, hingga debu yang sesekali membuat mereka batuk, dan filek

"Ya, sering mengeluhkan panas, dan banyak debu yang tertiup angin, hingga sesekali menyebabkan batuk dan filek. Saya pun sering menyarankan kepada siswa untuk membawa air minim yang banyak, karena takut siswa mengalami dehidrasi," ungkap Guru Kelas Tiga, Sumarti, dalam kesempatan terpisah.

Sedangkan Tasya, siswi sekolah tersebut mengaku sering takut, apalagi di saat turun hujan khawatir bangunannya roboh. Tasya pun berharap saat ini bisa mendapat ruangan belajar yang layak.

"Tidang senang belajar seperti ini, takut roboh. Apalagi di waktu hujan, dan ingin memiliki sekolah yang bagus," singkat Tasya, penuh harap.

BACA JUGA: Diterjang Longsor, Tembok Rumah Warga Cibeber Girang Kabupaten Sukabumi Ambruk

Kadisdik Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurahman menegaskan perbaikan sekolah tersebut akan segera dilakukan.

"Untuk SD Negeri Leuwipeundeuy, sudah masuk dalam rencana kerja perbaikan kita, pada anggaran perubahan ini. Dua bulan ke depan, mulai perbaikan," tulis Maman, dalam siaran persnya hari ini.

Ruang kelas rusak di SD Negeri Leuwipeundeuy ini, terang Maman, bersama 624 unit ruang belajar lainnya yang akan diperbaiki hingga 2018 mendatang.

"Angka ini sudah berkurang dari 800 lebih ruang kelas rusak sebelumnya. Artinya memang kita fokus mengejar perbaikan ruang kelas untuk dunia pendidikan di Kabupaten Sukabumi lebih baik," tutupnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)
Sukabumi05 Mei 2024, 17:55 WIB

Terungkap! Ini Sosok Ibu di Sukabumi yang Tega Buang Bayinya di Semak-semak

Polisi berhasil mengamankan ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi. Ternyata mantan TKW
Sosok YS (46 tahun), ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life05 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Kunci Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga, Suami Istri Wajib Tahu Ini!

Menghindari perceraian dalam rumah tangga memang keharusan yang harus dipahami masing-masing pasangan.
Ilustrasi - Menghindari perceraian dalam rumah tangga memang keharusan yang harus dipahami masing-masing pasangan. (Sumber : Pexels/ Timur Weber).
Sukabumi05 Mei 2024, 17:11 WIB

Duel Maut Tewaskan Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, Ini Kata Disdik

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyebut duel maut pelajar SMP di Cikembar Sukabumi ini terjadi di luar pengawasan sekolah.
Korban duel maut antarpelajar SMP di Cikembar Sukabumi dipulasara di RSUD Syamsudin SH. (Sumber : Istimewa)
Musik05 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu “Bermuara” Rizky Febian Feat Mahalini, Trending di YouTube!

Lagu "Bermuara" memang dibawakan oleh Mahalini dan Rizky Febian. Lagu ini kabarnya dirilis jelang pernikahan mereka pada 3 Mei 2024.
Lagu "Bermuara" memang dibawakan oleh Mahalini dan Rizky Febian.  Lagu ini kabarnya dirilis jelang pernikahan mereka pada 3 Mei 2024. (Sumber : YouTube/@Rizky Febian).
Sukabumi05 Mei 2024, 16:29 WIB

Termasuk Alumni, 8 Orang Ditangkap Terkait Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi

Polisi sebut duel maut pelajar SMP di Cikembar Sukabumi ini bermula dari janjian di Instagram dan ada peran alumni yang terlibat.
Ilustrasi. Polisi tangkap 8 orang pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life05 Mei 2024, 16:00 WIB

Pantas Anak Sulit Disiplin! 6 Kesalahan Orang Tua Saat Mendidiknya di Masa Kecil

Mendidik anak untuk hidup disiplin terkadang mendapati kegagalan. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh kesalahan saat mendidiknya di masa kecil
Ilustrasi - Mendidik anak untuk hidup disiplin terkadang mendapati kegagalan. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh kesalahan saat mendidiknya di masa kecil. (Sumber : Pexels/Karolina Grabowska).
Sukabumi05 Mei 2024, 15:24 WIB

Bareng TNI Kawal Capaian Target PAT, Distan Sukabumi: Kolaborasi Kunci Keberhasilan

Distan Kabupaten Sukabumi mengimplementasikan kolaborasi dengan TNI untuk pengawalan bersama terhadap capaian PAT melalui pompanisasi.
Kadistan Sri Hastuty Harahap saat teken perjanjian kerja sama dengan Dandim Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo.  (Sumber : Istimewa)