Hadapi Ops Ramadhaniya Lodaya 2017, Polres Sukabumi Gelar Latihan

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi beserta jajaran menggelar latihan pra Ops Ramadniya Lodaya 2017, di Aula Markas Polres Sukabumi bersama dinas dan instansi terkait, Jumat (16/6).

Menurut Kapolres Sukabumi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Syahduddi, kegiatan tersebut dalam rangka mematangkan persiapan jelang Operasi Ramadniya Lodaya 2017, di antaranya simulasi Tactical Floor Game (TFG) tingkat Polres.

BACA JUGA: Jelang Operasi Ramadhaniya Polres Sukabumi Kota Periksa Kendaraan Operasional

"Kegiatan ini supaya adanya persamaan persepsi mengenai sekenario rekayasa lalu lintas (lalin) pada jalur mudik dan jalur wisata selama Ops Ramadniya Lodaya 2017, supaya pelaksanaan Ops Ramadniya lebih siap. Insya Allah, Senin 19 Juni juga akan melakukan gelar pasukan untuk Ops Ramadniya Lodaya 2017," bebernya kepada sukabumiupdate.com di sela kegiatan siang tadi.

Syahduddi pun mengimbau agar semua pihak yang terlibat harus bahu membahu demi mencapai harapan yang diinginkan, dari kelancaran dan kesuksesan Ops Ramadniya Lodaya 2017. Adapun yang menjadi indikator kesuksesan kata dirinya, adalah lancarnya arus lalin.

BACA JUGA: Operasi Ramadhaniya 2017, Kapolres Sukabumi Cek Kelaikan Kendaraan Dinas

"Tidak terjadi kemacetan, dan tidak ada kejadian Laka Lantas (Kecelakaan Lalu Lintas) maupun Laka Laut (Kecelakaan Kelautan) di wilayah hukum Polres Sukabumi. Semoga terjalinnya koordinasi dan komunikasi yang baik antara Polres Sukabumi dengan Polres Bogor dan Polres Sukabumi Kota, terkait antisipasi kepadatan pada Ops Ramadniya 2017," pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana menjelaskan terkait pengaturan operasioanal kendaraan angkutan barang, pada 19-3 Juli 2017, sesuai Surat Keputusan (SK) Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdat) Nomor SK.2717/AJ.201/DRJD/20171 serta Rencana pergelaran sarana pra sarana lalin pendukung dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), antara lain jumlah rambu portable, traffic cone, barier, dan tolo-tolo.

BACA JUGA: Jelang Idul Fitri, Polres Sukabumi Kota Gelar Operasi Cipta Kondisi

"Kami akan menindak tegas, jika ada yang melanggar dengan tilang KIR (Pengujian kendaraan bermotor-red). Selain itu, akan kami kembalikan ke pool nya bila perlu dikandangkan, karena kami tidak punya cukup lahan," ujar Thendy dalam kesempatan yang sama.

Lebih lanjut Thendy menambahkan, ada beberapa kendaraan pengangkut yang tetap diizinkan melintas dan tidak tersentuh aturan itu, di antaranya kendaraan pengangkut Bahan Bakar Minyak dan Bahan Bakar Gas (BBM-BBG), pengangkut hewan ternak, pengantar pos, pengangkut sembilan bahan pokok (sembako), dan kendaraan barang yang diberi tanda khusus seperti pengangkut motor pemudik.

BACA JUGA: Dishub dan Sat Lantas Polres Sukabumi Gelar Operasi Gabungan

"Pengecualian yang diberikan oleh Dirjen Hubdat karena jenis angkutan seperti itu memiliki urgensi tersendiri. Coba bayangkan, kalau pengangkut BBM dan sembako dilarang, pasti akan terjadi kelangkaan di kalangan masyarakat," terangnya.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Didi Supardi mengaku telah menginstruksikan kepada setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di tiap kecamatan juga ikut terlibat. Dirinya juga mengaku telah siap terlibat dalam Ops Ramadniya Lodaya 2017.

"Jangan khawatir, sekarang sarana pra sarana serta SDM (Sumber Daya Manusia) kami sudah cukup lengkap. Saya bahkan sudah kirim surat ke setiap Kepala Puskesmas, agar selalu berkoordinasi sama Kapolsek (Kepala Kepolisian Sektor) setempat. Juga kita siapkan satu ambulan di tempat objek wisata, bila perlu ambulan yang di desa juga bisa dipinjam, kalau keadaan darurat," tutupnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Kebiasaan Buruk Perusak Ketenangan Batin yang Harus Dihindari Setiap Hari

Kebiasaan tertentu buruk yang tanpa disadari sering dilakukan dapat merusak ketenangan batin seseorang. Makanya, perlu hati-hati dalam melakukan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi seseorang yang hidupnya tidak tenang karena memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@anthonishkrabaproduction
Life20 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kebiasaan Baik Pengusaha yang Perlu Ditiru Supaya Bisa Sukses Yuk Dicoba!

Kebiasaan seorang pengusaha pada umumnya sangat luar biasa. Mereka memiliki jam terbang yang tidak dilakukan oleh kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang bermalas-malasan meski memiliki bisnis
Ilustrasi - Seorang pengusaha yang memiliki kebiasaan baik untuk ditiru dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@andreapiacquadio)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:03 WIB

Beda Pendapat Warga dan Pemerintah Soal Rusaknya Coran Jalan di Purabaya Sukabumi

Pembangunan jalan coran ini disebut oleh warga tidak menggunakan mesin molen.
Kondisi coran rusak di jalan desa, Kampung Palalangon, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 19 Mei 2024. | Foto: SU/Ragil Gilang
Life20 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Menjadikan Bayi Anda Cerdas Sejak Usia Dini Hingga Nanti Dewasa

Cara bayi Anda cerdas sejak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa tips ini.
Ilustrasi - Cara bayi Anda cerdas sejak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa tips ini. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov)
Sehat20 Mei 2024, 09:30 WIB

12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

Mengelola dan menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat memerlukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang konsisten.
Ilustrasi - Dengan menerapkan perubahan gaya hidup sehat secara konsisten, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung tanpa perlu obat-obatan. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 09:11 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Surveilans AFP dan Discarded MR Terbaik Nasional

Kusmana Hartadji mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan ini.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan kota dengan Kinerja Surveilans AFP dan Discarded MR terbaik kedua tingkat nasional, Minggu, 19 Mei 2024 di Jakarta Pusat. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 Mei 2024, 09:00 WIB

Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

Asam urat dapat dicegah dan diobati dengan cara alami agar tidak kambuh.
Ilustrasi minum air putih - Asam urat dapat dicegah dan diobati dengan cara alami agar tidak kambuh. | (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi20 Mei 2024, 08:30 WIB

Loker Purchasing Officer Lulusan S1, Cek Syarat dan Cara Daftarnya!

Loker Purchasing Officer Lulusan S1 ini Dibuka untuk Penempatan di Jakarta Timur.
Ilustrasi. Loker Purchasing Officer Lulusan S1, Cek Syarat dan Cara Daftarnya! (Sumber : Pexels/MikhailNilov)
Life20 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Jenis Kebiasaan yang Membuat Anak Malas Beraktivitas, Hindari Segera!

Mengidentifikasi dan mengubah kebiasaan malas dapat membantu anak memulai hari dengan lebih baik dan lebih energik.
Ilustrasi. Malas Beraktivitas. Kebiasaan yang Membuat Anak Malas Beraktivitas. (Sumber : Pixabay/@useatyourface)
Sukabumi20 Mei 2024, 07:40 WIB

Pembangunan Huntap Disetop, Penyintas Tanah Bergerak Ciherang Sukabumi Disodorkan 3 Pilihan

Pembangunan huntap diberhentikan, nasib penyintas tanah bergerak di Dusun Ciherang Nyalindung Sukabumi makin terkatung-katung.
Salah satu rumah atau huntap yang sudah terbangun di di Kampung Baru Cibuluh, Desa Cijangkar, Nyalindung Sukabumi. (Sumber : Istimewa)