DPD PAN Kabupaten Sukabumi: Hancur, Jika Pemerintah Tidak Bermitra dengan Orang Kritis

Selasa 11 April 2017, 07:23 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Sukabumi meminta agar pemerintah daerah (Pemda) lebih fokus menggunakan anggaran kepada hal-hal yang bersifat urgent apalagi untuk kebutuhan masyarakat.

"Ya contohnya seperti kemiskinan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang masih sulit diturunkan, perekonomian masyarakat yang masih sulit apalagi yang ada di pinggiran, serta infrastruktur yang memerlukan perbaikan," jelas Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Iman Adi Nugraha, kepada sukabumiupdate.com, Selasa (11/4).

Karena menurutnya, Pemda yang saat ini di bawah kepemimpinan Marwan Hamami-Adjo Sardjono, baru pertama menggunakan anggaran secara full satu tahun, karena tahun sebelumnya setengah tahunnya masih menggunakan anggaran yang diatur oleh bupati sebelumnya.

"Jadi menurut saya, janganlah buat hal yang tidak terlalu berefek kepada rakyat, yang penting-penting dulu lah," jelasnya.

Dengan begitu, terang Iman, indikator keberhasilan mulai dari pendidikan, kesehatan, dan daya beli masyarakat akan terlihat pada akhir penggunaan anggaran, pemerintah berhasil atau tidak.

"Kalau pemerintah itu berhasil kan ukuranya ada, dari indeks pembangunan manusia itu. Bagaimana pendidikannya, kesehatanya, daya beli, dari tiga variable itu saja sudah bisa kelihatan," beber Iman.

BACA JUGA: Pileg 2019, DPD PAN Kabupaten Sukabumi Tetap Mengacu Suara Terbanyak

Menurut Iman, saat ini masyarakat memang harus memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk menggunakan anggaran secara full tersebut, sebelum mengkritik apalagi mempertanyakan perubahan Sukabumi Lebih Baik di saat ini.

"Jangan terlalu naif lah, baru saja pak Marwan sama pak Adjo menggunakan full kebijakanya di 2017, lantas kita harus mengkritisi secara membabi buta. Jadi kita kritis yang rasional saja, apalagi kita semua menginginkan Sukabumi itu benar-benar lebih baik," beber Iman.

Iman menegaskan, kondisi saat ini dirinya bukan lagi sebagai lawan dalam pemilihan bupati, ia sudah kembali menjadi masyarakat biasa Kabupaten Sukabumi yang tentunya mempunyai hak yang sama dengan warga lainnya.

Terlebih posisi PAN yang saat ini berada di luar pemerintahan, Iman menegaskan, hal tersebut tetap sebagai mitra namun tetap kritis. "PAN memosisikan diri sebagai partai politik yang bermitra, kalau kebijakan pemerintahnya baik, kita akan support dan akan acungi jempol. Tapi, jika kebijakanya tidak sesuai keinginan rakyat Sukabumi ya kita akan kritisi," ujar Iman lebih jauh.

Sehingga, menurut Iman, PAN memosisikan diri sebagai mitra kritis pemerintah. Jadi, kita mengkritisi tidak membabi buta. Kalau pemerintah saat ini tidak bermitra dengan orang kritis, ya tunggu saja kehancurannya," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)