Kejang-kejang, Anak TKW di Kebonpedes Sukabumi yang Gizi Buruk Dibawa ke RS

Senin 22 Agustus 2022, 19:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Muhammad Sidiq Amirullah (3 tahun) dilarikan ke RSUD R Syamsudin SH pada Senin (22/8/2022) lantaran mengalami kejang-kejang. Sidiq adalah anak gizi buruk asal Kampung Ranji RT 02/01 Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi.

Sidiq yang tinggal bersama sang nenek karena ibunya menjadi TKW di Arab Saudi, dibawa ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi oleh Kepala Desa Kebonpedes Dadan Apriandi. Sidiq dibawa ke rumah sakit pada Senin siang supaya mendapatkan perawatan karena mengalami kejang-kejang.

"Tadi pagi, ibu ketua PKK Kebonpedes mau menjenguk Sidiq, sekaligus memberikan bantuan susu. Tapi Sidiq tiba-tiba kejang-kejang," kata Dadan ditemui di rumah sakit, Senin malam.

Melihat kondisi Sidiq yang mengkhawatirkan, Dadan tak berpikir panjang untuk membawanya ke rumah sakit. Dadan bicara rasa kemanusiaan dan hak Sidiq untuk hidup. BPJS Kesehatan Sidiq masih diurus oleh Pemerintah Desa Kebonpedes, sehingga jaminan kesehatannya saat ini masih mandiri.

"Jaminan kesehatannya mandiri dulu, karena jaminan BPJS PBI-nya saya akan urus. Barusan juga langsung dicek darah untuk mendapatkan keterangan lebih, apa penyakit yang sebenarnya," kata Dadan.

Baca Juga :

Penyuluh Sosial Ahli Pertama Phalamartha Kementerian Sosial RI Umatun Karomah mengaku mendapat instruksi langsung dari Mensos RI untuk menindaklanjuti informasi soal Sidiq. Umatun menyebut sekarang akan melihat hasil pemeriksaan dokter RSUD R Syamsudin SH soal kondisi anak ini.

Jika Sidiq harus menjalani rawat inap di rumah sakit, sambung Umatun, pihaknya akan mengikuti kebijakan dokter. Namun apabila Sidiq dinyatakan bisa pulang, pihak Kemensos akan melakukan asesmen yang lebih komprehensif terkait kebutuhan Sidiq dan neneknya.

"Kita masih mau asesmen dulu, kebutuhannya apa. Untuk awal sekarang ini kita masih menunggu hasil pemeriksaan. Jadi rencana tindak lanjutnya kita mau asesmen dulu," kata Umatun.

Beberapa waktu lalu nama Sidiq muncul ke publik karena membutuhkan uluran tangan. Dia tinggal bersama neneknya dan hidup dengan keterbatasan ekonomi. Adapun ayah dan ibunya sudah bercerai. Sang ayah kini ada di Cianjur, sedangkan ibunya TKW untuk biaya pengobatan Sidiq.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi