Hari Kemerdekaan, Bupati Sukabumi dan Wali Kota Fokus ke Penguatan Ekonomi Saat Pandemi

Senin 17 Agustus 2020, 13:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Sukabumi di Halaman Setda, Palabuhanratu, Senin (17/8/2020)

Bupati Sukabumi Marwan Hamami selaku inspektur upacara mengamanatkan bahwa peringatan kemerdekaan sekarang ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan 

BACA JUGA: Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi ke Kaum Millenial di HUT ke-75 RI: Semangatnya Harus Terbarukan

"Diberlakukannya protokol kesehatan sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 yang saat ini sudah mewabah di berbagai daerah pada 215 negara" jelasnya.

Selain tentang penanggulangan Covid-19, Bupati juga menanggapi perkembangan perekonomian di indonesia pada saat ini pada kuartal ke-1 tahun 2020 yang mengalami pertumbuhan negara pada plus 2.97 persen, tapi di kuartal ke-2 mengalami minus 5.32 persen. Bupati mengajak agar bersama untuk mengatasi krisis ekonomi yang menimpa Indonesia saat ini. 

"Kita butuh solusi bersama untuk mengatasi krisis ekonomi yang terjadi saat ini dengan senantiasa menjaga kondusivitas perekonomian negara dan stabilitas negara" tambahnya.

BACA JUGA: Profil 8 Anggota Paskibraka yang Bertugas saat Upacara HUT RI ke-75 di Istana

Usai acara berlangsung, Bupati beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sukabumi (Forkopimda) mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 yang  dilaksanakan secara virtual dari Istana Negara di Aula Setda.

Sementara itu, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Sukabumi digelar di Balai Kota Sukabumi, Senin (17/8/2020). Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bertindak selaku inspektur upacara dalam pengibaran bendera merah putih yang dilakukan anggota Paskibraka.

Momen upacara yang berlangsung khidmat ini menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan membatasi jumlah peserta upacara serta sebagian peserta kegiatan mengikutinya melalui video conference. Pada upacara tersebut yang bertindak sebagai pembaca naskah proklamasi Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, naskah pancasila Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, naskah pembukaan UUD 1945 Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo. 

BACA JUGA: Peringatan HUT RI di Pantai Citepus Sukabumi Serba 75, Lepas Tukik Sampai Bentangkan Bendera

Selain itu hadir Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi Mustaming, Ketua dan wakil ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Fitri Hayati Fahmi dan Eva Siti Rahmatilah Ketua Dharma Wanita, Sekda Kota Dida Sembada, dan para staf ahli dan asisten daerah serta tokoh agama forum kerukunan umat beragama. '' Tepat 17 Agustus 2020 seluruh bangsa Indonesia memperingati hari proklamasi kemerdekaan ke 75,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Setiap 17 Agustus bagi bangsa Indonesia adalah hari istimewa sebab dengan hari kemerdekaan ini bangsa Indonesia mempunyai kesempatan untuk menentukan kehidupan sendiri dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan adil seeta menetukan kehidupan sendiri secara berdaulat adalah merupakan mimpu semua bangsa.

Bangsa berdaulat adalah bangsa bebas dari intervensi orang lain dan sanggup membangun bangsa dan negaranya secara mandiri. Namun bangsa yang merdeka dan berdaulat tidak berarti minim masalah, bahkan dalam batas tertentu masalah berbangsa dan bernegera lebih berat dan kompleks karena diakibatkan segenap komponen anak bangsa mempunyai kesempatan yang sama menunaikan hak dan kewajiban.

BACA JUGA: Kata Budi dan Sodikin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Tentang Hari Kemerdekaan

Dari sini ujar Fahmi, biasanya perbedaan pandangan muncul selain karena adanya tuntutan dan kepentingan beragam latarbelakang baik agama, suku bangsa budaya dan disparitas pendidikan. Hal ini berakibat pandangan dan cara tindak yang berbeda dalam mengelola bangsa.  

Oleh karena itu lanjut Wali Kota, dalam menghadapi perbedaan bersifat alamiah ini tentunya harus bersikap arif dan toleran mengembangkan persamaan. Sebab dari persamaan inilah akan mengarungi bahtera bersama menuju cita cita bangsa. 

Persaman prinsip yang dipegang segenap bangsa yang disebut dan dikenal 4 pilar kebangsaan yakni pancasila, UUD 1945, NKRI dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Komitmen ini harus jadi kesepakatan bersama dalam kerangka berpirikir dalam berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA: Gelar Upacara Bendera, Pesan Warga Sukabumi Keturunan Tionghoa di Hari Kemerdekaan

''Momen Hari kemerdekaan masih dalam suasana Covid-19, di mana pandemi telah berlangsung 6 bulan melanda semua negara di dunia menyerang aspek kesehatan menekan korban ribuan jiwa, melumpuhkaann sendi sosial ekonomi warga,'' kata Fahmi.

Sehingga pemerintah fokus pada penangan baik kesehatan, sosial dan ekonomi masyarakat. Fahmi menuturkan, kolaborasi dengan seluruh kepentingan dalam bidang kesehatan yakni tracing, treking, testing dan treatmen mampu menemukan kasus baru dan dilakukan advokasi penanganan.

Di sisi lain perhatian atas lapisan terbawah ekonomi diberikan pemkot, pemprov dan pemerintah pusat telah dan akan diberikan dalam bentuk jaring pengaman sosial untuk memenuhi kebutuhan warga paling terdampak.

BACA JUGA: Selain Indonesia, 5 Negara Ini Merayakan Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus

Sektor UMKM sebagai pilar pembangunan daerah didorong bangkit dan beraktivitas kembali. Melalui hari kemerdekaan pemkot mengajak sebagai bentuk cinta tanah air mari membelii dan menggunakan produk UMKM lokal dan warung terdekat.

Insya Allah lanjut Fahmi, dengan kebersamaan akan muncul perasaan empati membeli produk lokal menggairahkan ekonomi yang secara nasional saat ini minus 5 persen. Sebagai insan beragama meyakini kekuasaan Allah, sambil mencari jalan keluar mari pasrahkan ke hadirat Allah semoga menemukan jalan keluar secara komprehensif dan tuntas. ''Mari pulihkan Sukabumi, Dirgahayu Republik Indonesia ke-75 maju Indonesiaku,'' pungkas wali kota.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat13 Mei 2024, 12:45 WIB

8 Minuman Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Kolesterol tinggi sangat bahaya untuk tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit. Untuk menurunkannya harus dengan berbagai cara, salah satunya bisa mencoba mengonsumsi minuman yang tepat
Ini dia 8 minuman yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : Freepik.com)
Sehat13 Mei 2024, 12:30 WIB

Inilah 3 Tanda Pada Tubuh Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Waspada dan Periksa!

Kolesterol tinggi merupakan penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke. Maka dari itu butuh penangan yang tepat. Untuk mengetahuinya pahami beberapa tanda di tubuh
Inilah tanda pada tubuh jika kadar kolesterol tinggi, kenali dan segera periksakan ke dokter. (Sumber : freepik.com)
Inspirasi13 Mei 2024, 12:22 WIB

Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi Berkolaborasi Garap Lahan Pertanian Berkelanjutan

Integrasi Pendidikan dan Pertanian antara Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi.
Integrasi Pendidikan dan Pertanian antara Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi. (Sumber : ipb.ac.id).
Sehat13 Mei 2024, 12:15 WIB

7 Minuman Herbal Penurun Kolesterol Tinggi Yang Wajib Dicoba, Biar Tetap Sehat

kolesterol tinggi harus diwaspadai agar terhindar berbagai penyakit, salah satunya adalah jantung koroner. Cara yang bisa dilakukan dengan mencoba mengkonsumsi minuman herbal
Turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan 7 minuman herbal untuk kesehatan (Sumber : freepik.com /freepik)
Bola13 Mei 2024, 12:00 WIB

Kevin Mendoza Janjikan Penampilan Terbaik Saat Persib Hadapi Bali United di Championship Series

Para pemain Persib termasuk Kevin Mendoza siap tampil dengan baik saat menghadapi Bali United.
Para pemain Persib termasuk Kevin Mendoza siap tampil dengan baik saat menghadapi Bali United. (Sumber : X/@persib)
Life13 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Golongan Orang yang Gampang Bahagia Hidupnya, Apakah Kamu Termasuk?

Terdapat sejumlah golongan orang yang hidupnya sangat mudah bahagia. Umumnya, mereka memiliki kebiasaan baik dan menghindari aktivitas negatif
Ilustrasi seseorang yang mudah bahagia (Sumber : Pexels.com /Andrea Piacquadio)
Nasional13 Mei 2024, 11:31 WIB

RUU Penyiaran Larang Konten Eksklusif Jurnalisme Investigasi, AJI: Membungkam Pers

Bayu meminta pasal ini harus dihapus sebab tidak ada dasar yang jelas bagi DPR untuk melakukan pelarangan terhadap media dalam menayangkan atau menyiarkan konten eksklusif jurnalisme investigasi.
(Foto Ilustrasi) AJI menyoroti sejumlah pasal yang dinilai bermasalah pada RUU Penyiaran yang disusun DPR. | Foto: Pixabay/Geralt
Life13 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Kebiasaan Baik yang Dapat Menjaga Kesehatan Mental Tetap Stabil

Kesehatan mental memang harus dijaga sebaik mungkin. Pasalnya, mental yang baik akan mendorong aktivitas dan semangat hidup lebih bergairah
Ilustrasi sesorang dengan kebiasaan yang dapat menjaga kesehatan mental (Sumber : Pexels.com /Mike González)
Life13 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Cara Membangkitkan Semangat Hidup di Tengah Keterpurukan, Ini Langkahnya

Cara mengembalikan semangat hidup memang butuh konsistensi. Hal ini bertujuan agar setelah mengalami keterpurukan kembali bergairah beraktivitas
Ilustrasi cara membangkitkan semangat hidup setelah alami masa terpuruk (Sumber : Pexels.com /@Simon Niogi)
Sukabumi13 Mei 2024, 11:14 WIB

Dinas PU Segera Perbaiki Irigasi Terdampak Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Beberapa pihak mengungkapkan bencana longsor ini harus menjadi perhatian.
Pejabat Dinas PU meninjau longsor daerah irigasi di Curug Cimarinjung, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 12 Mei 2024. | Foto: Istimewa