Sekda Iyos Apresiasi Program Satu Data Satu Informasi Diskominfosan Kabupaten Sukabumi

Rabu 27 Maret 2019, 22:50 WIB

 

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi identifikasi kebutuhan data statistik sektoral perangkat daerah dan desa di aula Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/3/2019). Rapat tersebut membahas program Satu Data Satu Informasi yang akan diterapkan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Sekda Iyos Beberkan Dampak Pengembangan Wisata di Sukabumi

Kepala Bidang Persandian Keamanan Informasi dan Statistik Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Irwan Fajar menjelaskan, rapat tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, 26-28 Maret 2019.

"Di hari pertama, sebanyak 100 melibatkan peserta yang terdiri dari para Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Program serta Pengelola Persandian dari 37 perangkat daerah, termasuk rumah sakit kita undang," papar Irwan.

"Hari kedua kami melibatkan peserta para Kepala Sub Bagian Program dan Pengelola Persandian Kecamatan sebanyak 100 orang. Besok para Sekretaris Desa dan Sekretaris Kelurahan sebanyak 100 kita hadirkan juga," imbuhnya.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi: Camat Harus Menjaga Netralitas Pemilu 2019

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri menilai, arus globalisasi teknologi mengarahkan masyarakat akan hausnya kebutuhan informasi. Hal itu pula yang dinilai penting untuk menjembatani kebutuhan informasi tersebut.

"Hari ini kebutuhan informasi masyarakat cukup tinggi, sehingga kami hadir untuk menjembatani komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah serta sebaliknya. Jika komunikasi ini terjalin dengan baik dan harmonis, maka pembangunan akan berjalan selaras dengan harapan dan keinginan masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA: Penyusunan RKPD, Sekda Kabupaten Sukabumi Tekankan Pentingnya Sinkronisasi

Pria yang akrab disapa Bima itu juga meminta supaya peran Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Pembantu  dapat ditingkatkan secara maksimal, sehingga data yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa cepat tersampaikan dengan baik.

"Kita wajib memberikan pelayanan terbaik dengan mudah, murah dan cepat sebagai konsekuensi dari pakta integritas yang telah ditandatangani," pungkasnya.

BACA JUGA: Catatan Penting Sekda Kabupaten Sukabumi, Soal Rakornas Korpri yang Dihadiri Jokowi

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri yang hadir dan membuka acara tersebut menyampaikan, lahirnya Diskominfosan sebagai public relation untuk Pemkab Sukabumi merupakan pelayan dalam bidang informasi.

"Kominfo menjembatani informasi yang menghubungkan urusan informasi publik, sehingga semua informasi harus terpusat di Kominfo," kata Iyos.

BACA JUGA: Pengangkatan PTT Kesehatan, Sekda: Kabupaten Sukabumi Baru Kebagian 10 CPNS Bidan

Masih kata Iyos, informasi global di Kabupaten Sukabumi menjadi kewenangan kominfo untuk menginformasikan berbagai kegiatan kepada seluruh masyarakat. Ia berharap, setiap PNS atau ASN dapat menerapkan sikap profesional dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

"Kita ingin data yang sama, artinya ketika pemerintah daerah harus hadir di tengah masyarakat maka sumbernya ada di Diskominfosan, dan datanya di suplai dari perangkat daerah, ketika masyarakat butuh informasi," ujarnya.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Bahas PPPK dengan Kemenpan RB

"PNS atau ASN hari ini bukan hanya memiliki arti Pegawai Negeri Sipil saja. Ada arti lain, yaitu Profesional, Netral, Sejahtera. PNS dituntut bisa mengkolaborasikan lima unsur kekuatan pembangunan yang di kenal dengan konsep pentahelix, dimana semua unsur dilibatkan dalam pembangunan yang disingkat dengan ABGCM atau Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas dan Media," pungkas Iyos.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)