Berapa Kuota PPPK Kabupaten Sukabumi? Honorer Bingung

Kamis 14 Februari 2019, 13:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibuat gamang soal rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kendati akan menyelenggarakan rekrutmen, Pemkab Sukabumi belum menentukan jumlah kuotanya. 

Seperti yang diungkapkan Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Pegawai (PPIP) BKPSDM Kabupaten Sukabumi, Wasriyah. Ada beberapa aspek yang menyebabkan penentuan kuota belum tuntas. Terutama soal anggaran. 

"Oleh pimpinan kita masih dikaji dari berbagai aspek. Berapa yang mau diusulkan," ujar Wasriyah kepada sukabumiupdate.com, Kamis (14/2/2019). 

Seperti diketahui, anggaran belanja PPPK dibebankan kepada pemerintah daerah. Hal ini membuat Pemkab Sukabumi perlu hitung-hitung dulu. 

"Kita sendiri masih hitung-hitungan dari sisi belanja dan berkoodinasi dengan rekan pimpinan," tutur Wasriyah. 

Ia kemudian menjelaskan alur penentuan kuota PPPK di daerah. Penentuan ada tidaknya kuota PPPK di setiap daerah ditentukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

BACA JUGA: Pelamar PPPK Hanya Boleh Daftar 1 Instansi dan 1 Jabatan

Kemudian Pemda mengajukan jumlah kuota yang dibutuhkan melalui surat yang ditujukan ke Kemenpan-RB dan ditembuskan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN). 

"Nanti akan ujian dulu, dilihat berdasarkan peringkat nanti akan kita ketahui berapa kebutuhan kita. Intinya kita mengusulkan, siap. Cuman belum menentukan jumlahnya, karena harus dipikir dengan potensi yang kita miliki," tuturnya. 

"Nanti setelah hasil ujian pengadaan PPPK tahap pertama beres, bisa diketahui kebutuhannya berapa. Ujian pengadaan PPPK rencananya 23-24 Februari," tambah Wasriyah. 

BACA JUGA: BKN Targetkan Pegawai Honorer PPPK Bekerja pada Maret 2019

Teknis ujian pengadaan PPPK hampir sama dengan CPNS. Bedanya, ujian PPPK akan diselenggarkaan menggunakan jaringan UNBK yang dihubungkan ke BKN.

Sementara itu, perwakilan Forum Honorer Kabupaten Sukabumi, Eli Pipit menyebutkan, rekrutmen PPPK juga menjadi bidikan para tenaga honorer di Sukabumi. Baik tenaga honorer pendidikan, kesehatan, administrasi, pertanian, penyuluh dan honorer di sektor lainnya.

"Untuk Sukabumi baru bisa ngecek kartu peserta. Hanya tahap kartu perserta 2013. Itu saja. Banyak teman-teman yang sudah mencoba, tapi ternyata belum dibuka untuk Sukabumi," kata Eli saat dihubungi sukabumiupdate.com melalui sambungan telepon seluler.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Bahas PPPK dengan Kemenpan RB

Namun sayangnya, para tenaga honorer dibuat bingung lantaran belum mengetahui berapa kuota untuk Kabupaten Sukabumi. Sementara ada sekitar 2.100 tenaga honorer di Kabupaten Sukabumi yang tengah menanti kabar tersebut.

"Untuk kuota Sukabumi kita belum tahu. BKPSDM belum memberikan jawaban yang pasti. Karena katanya ajuan dari BKN juga belum di-acc. Malah kemarin di ada informasi kesanggupan Sukabumi di bawah 100. APBD hanya sanggup menggaji PPPK 100. Tapi itu belum deal. Bisa bertambah dan bisa berkurang," lanjut Eli.

Ia juga mengaku belum memperoleh juklak dan juknis terkait rekrutmen PPPK tersebut. Kendati demikian, Eli masih mencari kepastian informasi terkait kuota yang pasti untuk rekrutmen PPPK di Kabupaten Sukabumi.

"Kalau kita enggak ikut, ya gimana gitu. Kalau kita ikut, hanya segitu kuotanya. Terus kan katanya BKN juga berdasarkan ajuan dari pemerintah daerah melalui BKPSDM," tandas Eli.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

PT KAI Soal Palang Pintu, Pasutri Tewas Disambar KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)