Fahmi Pastikan Kota Sukabumi Berkontribusi Pada SDGS Jawa Barat 2018 - 2023

Jumat 27 Juli 2018, 09:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bersama 25 kota dan kabupaten di Jawa Barat, Pemerintah Kota Sukabumi dan sejumlah elemen masyarakat saat ini tengah menyusun matriks Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), atau SDGS (Sustainable Development Goals).  Ini adalah resolusi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) sebagai agenda pembangunan dunia yang ditujukan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi.

RAD tingkat Kota Sukabumi, Kamis (26/7/2018) kemarin dicanangkan secara terbuka oleh seluruh elemen terkait dan dihadiri oleh Walikota Sukabumi terpilih, Ahmad Fahmi. Fahmi menaruh perhatian besar pada RAD TPB ini,karena akan berbarengan dengan penyusunan Rencana Pembanguna Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Siap-siap, Faham Bakal Beri Program Kejutan di 100 Hari Pertama Pimpin Kota Sukabumi

“Saya dapat masukan bahwa tujuan, target dan indicator SDGS ini sangat ideal karena memang disiapkan dan disusun oleh PBB untuk tujuan mulia, yaitu kemaslahatan manusia dan planet bumi. Semua pemerintah di dunia ini pasti ingin mengarah kesana,” jelas Fahmi dalam acara tersebut.

SDGS 2018-2023 kali ini memiliki 17  tujuan, dengan 169 target capaian dan 241 indikator.  Gerakan yang dikuatkan dengan tujuan nasional dalam Perpres Nomor 59 tahun 2017, yaitu menjaga peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangungan yang inklusif serta terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Secara nasional, setiap provinsi ditugaskan menyusun RAD (Rencana Aksi Daerah) bersama kabupaten kota. Menurut Fahmi untuk pencapaian tujuan SDGS ini diperlukan sinergitas bersama, tidak hanya kinerja pemerintah daerah.

Dalam SDGS ini pelibatan seluruh pemangku kepentingan melalui empat platform partisipasi, yaitu pemerintah dan parlemen, filantropi dan bisnis, ormas, akademisi dan pakar. “Jadi melibatkan unsur yang lebih luas untuk mencapai tujuan tujuan dari SDGS ,” jelas Fahmi.

BACA JUGA: Sah, Paslon Faham Resmi Sebagai Pemenang di Pilkada 2018 Kota Sukabumi

Program ini akan menempatkan posisi kota dan kabupaten dalam banyak indikator penilaian. Kesamaan data menjadi sangat penting dan untuk memuluskan rencana aksi daerah, dan hal ini mendapat sorotan Fahmi.

“Seringkali masalah rencana pembangunan terkendala aturan yang tidak singkron antara pusat dan daerah, selain itu masalah data yang dipakai untuk perencanaan setiap program pembangunan. Jadi saya rasa kedepannya diperlukan satu data secara nasional hingga ke daerah,” pungkasnya.

BACA JUGA: Hari Ini KPU Tetapkan Walikota Sukabumi Terpilih, Faham Siapkan Program 100 Hari

Badan Perencanaan Daerah Kota Sukabumi menjadi lokomotif dari RAD TPB atau SDGS 2018-2023 ini. Dengan melibatkan hampir semua organisasi perangkat daerah, lembaga vertikal terkait, pelaku bisnis,ormas, media hingga sejumlah akademisi sebagai pakar.

“Insyaallah selesai tepat waktu dan bisa kita jadikan salah satu dasar untuk pembangunan Kota Sukabumi untuk lima tahun ke depan,” tutup Fahmi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Darah Tinggi

Bagi penderita penyakit darah tinggi, beberapa sayuran ternyata memiliki dampak buruk. Karenanya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mereka.
Ilustrasi - Dampak buruk sayuran bagi penderita penyakit darah tinggi. (Sumber : Pexels/Sarah Chai).
Jawa Barat12 Mei 2024, 10:01 WIB

Temu Rembug LP3H EWI Kota Bandung dengan Pengurus Provinsi Jabar

Formatur Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Kota Bandung melaksanakan temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat
LP3H EWI Kota Bandung Temu Rembug dengan Pengurus Provinsi Jawa Barat | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 10:00 WIB

Tawa Dibalik Duka: 9 Ciri Seseorang yang Hidupnya Memiliki Luka Batin

luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku.
Ilustrasi - luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku. (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:38 WIB

Ini Daftar 11 Korban Meninggal dan 17 Luka Berat Kecelakaan Bus Perpisahan SMK Depok

Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, tercatat 12 orang yang tewas dalam kecelakaan bus itu. 11 dari rombongan dalam dan 1 korban seorang pengendara sepeda motor
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu, 11 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:05 WIB

Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Depok: Dilaporkan 11 Korban Tewas

Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang.
Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang. (Sumber : Istimewa).
Sehat12 Mei 2024, 09:00 WIB

Asam Urat yang Mengancam Sendi: Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa.
Ilustrasi - Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa. (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi12 Mei 2024, 08:38 WIB

Jembatan Cibodas Rusak, DPRD Sukabumi Segera Komunikasi dengan Dinas Terkait

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Nandar turut melakukan peninjauan bersama anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan, ke lokasi Jembatan Cibodas yang membentang di atas Sungai Cibodas, Kecamatan Curugkembar.
Nandar, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi PKB) | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 08:00 WIB

Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Life12 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan.
Ilustrasi - Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Science12 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 12 Mei 2024, Waspada Hujan di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya.
Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Freepik