Hikmah KKN Daring di Sukabumi, Mengetahui Kreativitas Guru di Masa Pandemi

Kamis 29 Juli 2021, 18:13 WIB

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai menyebabkan banyak sektor terpengaruh termasuk sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar tatap muka dengan siswa masih harus ditiadakan, diganti dengan kegiatan yang dilakukan secara daring. Efek pandemi Covid-19 sangat menjungkir balikkan ritme kegiatan belajar mengajar.

Berdasarkan hasil observasi saat KKN daring di Desa Nagrak Utara khususnya di SDN 3 Nagrak, sistem pendidikan yang berubah drastis memunculkan beberapa masalah diantaranya masalah media belajar yang terbatas, banyaknya materi pelajaran yang harus disampaikan sedangkan waktu belajar secara daring terbatas, dan kendala teknis lainnya. Guru bisa menyiasati materi dengan memberikan materi-materi esensial dari setiap pokok pembahasan. 

Berbagai kendala teknis yang dimiliki siswa, misalnya tidak punya ponsel untuk terhubung dengan guru, ponsel untuk belajar daring yang merupakan milik orang tua yang terkadang dibawa bekerja, ada ponsel tetapi tidak ada data atau sinyal, bahkan sampai dengan masalah kurang paham cara menggunakan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Tentu saja tidak semua siswa memiliki kendala seperti yang disebutkan, tetapi mau berapapun jumlah siswa yang terkendala, akan mengganggu jalannya pembelajaran.

Untuk itu, gurulah yang harus selalu menyesuaikan metode pembelajaran dengan kondisi siswa. Jika guru di sekolah-sekolah lain bisa dengan mudahnya menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar daring menggunakan video conference, guru di desa harus memutar otak untuk mencari metode lain akibat terkendala perangkat siswa dan yang paling utama adalah kuota data internet yang terbatas. Akhirnya, guru menggunakan media yang paling mudah dijangkau. 

Baca Juga :

Kegiatan belajar lebih didominasi guru yang memberikan materi esensial dan tugas-tugas di setiap mata pelajaran. Materi yang diberikan bisa berupa teks, suara atau video guru menjelaskan materi. Siswa-siswa yang tidak bisa melakukan video conference untuk pertemuan secara daring disiasati dengan melakukan beberapa sesi video call menggunakan media WhatsApp. Tidak setiap hari, karena lagi-lagi kendala perangkat siswa yang menjadi hambatan. Terkadang siswa harus mendatangi rumah guru untuk mendapatkan materi maupun mengumpulkan tugas.

Sebagai mahasiswa yang sedang melakukan KKN bidang pendidikan, diberikan bantuan bimbingan kepada siswa dan orang tua untuk meningkatkan efisiensi metode pembelajaran dengan memperkenalkan media lain. Selain itu, diberikan juga perkenalan untuk media pembelajaran yang belum pernah mereka gunakan. Misalnya media Google Form dan Quizizz untuk keperluan pengumpulan tugas dan ujian yang lebih efisien daripada sebelumnya. Pemberian media belajar yang baru dan asing untuk siswa mengakibatkan terciptanya masalah baru yaitu kesulitan dalam menggunakan dan mengakses. Tentu saja dilakukan bimbingan lagi untuk membiasakan siswa dan orang tuanya menggunakan media-media pembelajaran yang tidak familiar dengan mereka. 

Memang satu-satunya jalan agar pembelajaran efektif selama pandemi Covid-19 ini adalah dengan mengoptimalkan segala metode yang tersedia dan mengupayakan agar semua siswa bisa menjangkaunya. Mungkin di desa lain, persoalan yang menjadi batu sandungan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring akan berbeda. Tetapi yakinlah bahwa setiap guru memiliki solusi untuk masalahnya masing-masing demi terciptanya kondisi kegiatan belajar mengajar yang kondusif.

Penulis: Siti Ira Yustika, Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 13:15 WIB

30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa

Berikut ini uacapan selamat hari Jumat agung dan paskah untuk dibagikan kepada orang-orang tercinta
30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa (Sumber : Freepik/freepik)
Sehat29 Maret 2024, 13:00 WIB

10 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh

Yuk Lakukan Sederet Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh Berikut!
Ilustrasi. Olahraga. Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh | Foto : Pexels.com/@pixabay
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan