Pilkada Sukabumi: Contoh Politik Menarik?

Kamis 24 September 2020, 05:11 WIB

Oleh : netizen - [email protected]

Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan baru. Baik mendorong perubahan pada kebiasaan Masyarakat ketika menjalankan ritual keagamaan, sosial, budaya, bahkan pendidikan sekalipun. Namun, ada satu yang tidak berubah apakah itu? Yah, politik (dalam hal ini kekuasaan)!

Politik tetap tidak berubah akan selalu menarik dan diperebutkan oleh setiap orang atau kelompok yang mempunyai kepentingan di dalamnya. Entah apa yang membuat politik itu menarik. Tapi yang pasti ia akan selalu dijadikan jalan atau alat untuk dapat duduk di kursi kekuasaan.

Hal ini dibuktikan dengan banyak dan memanasnya persaingan di pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini. Padahal pilkada kali ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 sangat berbeda dan sangat bersejarah di negara kita.

Pasalnya, pilkada kali ini dilaksanakan secara serentak di 270 kabupaten / kota dan dilaksanakan di tengah keadaan bencana non alam (pandemi Covid-19) seperti ini. Kita ambil contoh, pilkada yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi.

Pilkada di kabupaten Sukabumi, diikuti oleh tiga calon bupati dan wakil bupati. Ada yang menarik di pilkada kabupaten Sukabumi ini, yaitu dengan mencalonkannya kembali petahana yaitu Marwan Hamami (bupati saat ini); dan Adjo Sarjono (wakil bupati saat ini) yang mendaftar sebagai calon bupati dengan pasangan yang berbeda.

Hal ini tentunya menunjukan bagaimana pola politik bisa berubah kapan saja. Rekan kerja atau teman yang dianggap loyal, dapat berubah menjadi lawan yang tangguh. Itulah politik tidak ada teman atau lawan yang abadi, yang ada hanya kepentingan abadi.

Di kabupaten Sukabumi sendiri, dalam kurun waktu dua pilkada kebelakang; petahana selalu naik kembali ketampuk kekuasaan walaupun hal ini tidak menjamin akan terulang kembali, ditambah satu calon baru sebagai  pesaing baru (Abu Bakar Sidik).

Tentunya, ketiga calon tersebut sudah mulai melancarkan strategi dalam memuluskan jalannya untuk duduk di kursi kabupaten Sukabumi satu. Misalnya, terlihat banyaknya baliho, bender, dan pamplet yang menunjukan profil dan "jargon" kampanyenya.

Dan sederet strategi "bawah tanah" lainnya yang dilancarkan oleh masing-masing calon. Ini hanya sedikit contoh dan hanya dari sudut pandang yang sempit. Tetapi setidaknya dapat menunjukkan betapa politik itu sangat menarik karena polanya yang dinamis, terkhusus di Kabupaten Sukabumi.

Namun, jangan sampai lupa! Politik praktis yang hanya memanfaatkan rakyat saat kampanye hanya menjadikan lumbung suara saja; itu tidak menarik, atau bahkan salah besar. Seharusnya dalam berpolitik, kesejahteraan rakyat lah yang harus dijadikan cita-cita dan kerja nyata ketika "sang calon" duduk di kursi kekuasaan. Bukan malah duduk sebagai pengkhianat.

Ingat! Pemenang punya seribu cara untuk menjalankan janji dan amanahnya. Sedangkan, pecundang punya seribu alasan untuk tidak menjalankan janji dan amanahnya.

Sekilas Tentang Penulis: Nama lengkap penulis yaitu Dzikri Hidayatullah. Lahir dua puluh tahun yang lalu, di Sukabumi. Sekarang ia sedang menempuh pedidikan di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten, jurusan Hukum Tata Negara, semester tiga. Penulis sangat membutuhkan kritik di [email protected].

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 22:50 WIB

Diduga Kesal Sering Dimarahi, Motif Rahmat Tega Bunuh Ibunya di Kalibunder Sukabumi

Polisi mengungkap motif anak bunuh ibu kandung di Kalibunder Sukabumi. Diduga karena pelaku kesal sering dimarahi korban.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)