Idul Adha, Antara Formalitas Syariat dan Hakikat Pengorbanan

Rabu 05 Agustus 2020, 09:50 WIB

Oleh: Wahyu Ginanjar, ([email protected]/netizen)

Lafadz Takbir menggema diseluruh dunia. Hari ini umat Islam merayakan Idul Adha dengan penuh sukacita walaupun sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena merayakan di tengah pandemi Covid-19. Momentum ini harus menjadi refleksi bagi umat Islam untuk merelakan sesuatu yang dicintainya dengan melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

Dalam perspektif syariat (fiqh), qurban memiliki makna ritual, yakni menyembelih hewan ternak yang telah memenuhi kriteria tertentu dan pada waktu tertentu, yaitu pada hari nahar (tanggal 10 Dzulhijah) dan hari tasyrik (tanggal 11-13 Dzulhijah). Menurut ulama ahli fiqh, ibadah qurban harus dengan hewan qurban, seperti kambing, sapi atau unta, dan tidak boleh diganti dengan lainnya, seperti uang atau beras. 

Meski demikian, mereka sepakat bahwa hukum berqurban hanyalah sunnat alias tidak wajib.

Hanya saja kadang momentum ini hanya sebatas formalitas ritual yang dijalankan setiap tahunnya, padahal berqurban bukan hanya sekadar memenuhi panggilan syariat, tetapi harus menjadi komitmen sosial sesuai dengan interpretasi makna qurban yang tertuang dalam surat Al-Kautsar ayat 1-3.

Oleh karena itu, maka perlu direnungkan kembali, bahkan harus dicari makna dan nilai-nilai qurban yang haqiqi. Qurban berasal dari kata qaraba yang artinya dekat, seakar kata dengab karib dalam bahasa Indonesia. 

Makna qurban hakikatnya adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan merelakan sesuatu tanpa pamrih sebagai bukti penghambaan dan syukur terhadap nikmat yang telah Allah berikan, dengan berqurban seharusnya menyadari bahwa seluruh limpahan karunia/nikmat yang dilimpahkan kepadanya hanya pemberian Allah SWT. 

Disinilah manusia menyadari hakikat makna innalillahi wa inna ilaiho rajiun bahwa sesungguhnya semua dari Allah dan akan kembali kepada Allah.

Akan tetapi manusia terkadang melupakan itu semua, seakan-akan yang dimilikinya merupakan hasil kerja atau jerih payah dari proses usahanya selama ini, sehingga menghilangkan Allah sebagai Sang Maha Pemberi Rizki. Sikap seperti ini menyebabkan manusia menjadi pecinta makhluk/dunia yang berlebihan, sehingga nafsu kejelekan menguasai dirinya dan melupakan Allah sebagai pemberi nikmat.

Oleh karena itu, qurban sebagai wahana memutuskan nafsu yang cenderung terhadap kejelekan. Hal ini dikisahkan pada Nabi Ibrahim yang diberikan wahyu untuk menyembelih anaknya (walaupun secara fisik tidak terjadi karena digantikan oleh gibas/hewan ternak sejenis domba). 

Tetapi kisah ini merupaka kesiapan Nabi Ibrahim menjalankan perintah Allah SWT sebagai bentuk pemutusan cinta yang berlebihan terhadap makhluk.

Peristiwa ini juga mengandung pelajaran bagi para pemimpin. Berhati-hatilah terhadap godaan anak. Anak adalah simbol dan obyek kecintaan pada duniawi. Demi anak, orang tua mau berkorban apa saja untuk menggembirakannya. Namun jika tidak hati-hati, seorang pemimpin bisa jatuh karena kecintaan yang berlebihan pada anaknya, sehingga bisa mengalahkan cintanya pada Tuhan dan nasib rakyat.

Karena itu, egoisme atau nafsu yang berlebihan harus disembelih sebagai upaya pemutusan mencintai makhluk secara berlebihan. Maka inilah hakikat spirit dari Idul Adha, selain itu komitmen sosial dengan berbagi terhadap sesama menandakan hati telah merelakan karena semua yang dimiliki berasal dari Allah. Semoga di momentum ini kita sama-sama menyadari egoisme/nafsu yang berlebihan harus di hentikan karena menjadikan manusia lupa terhadap asalnya. 

Penulis adalah anggota Reseach And Literacy (RLI) Institute

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp