Saya, Sukabumiupdate.com dan Pembaca

Jumat 02 Agustus 2019, 05:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Siang itu di akhir bulan Desember 2017, saya mendapatkan pesan Whatsapp dari teman yang juga merupakan seorang redaktur di sebuah media online lokal di Sukabumi. Dalam pesan tersebut, dia menawarkan pekerjaan menjadi seorang redaktur di kantor media tempatnya bekerja. 

Tanpa pikir panjang, saya menyanggupinya karena memang sedang tidak bekerja setelah memutuskan resign dari sebuah perusahaan media online di Bogor.

Perusahaan media online yang membutuhkan seorang redaktur tersebut ternyata sedang berkembang. Saat itu usia perusahaan media tersebut masih muda yaitu satu tahun pada tahun 2017 lalu. Dialah sukabumiupdate.com.

Besoknya saya memutuskan untuk mendatangi kantor tersebut dan bertemu langsung dengan CEO PT Samudera Multimedia Persada, Nuril Arifin, seseorang yang sudah saya kenal ketika saya bekerja sebagai seorang wartawan koran lokal di Sukabumi.

Pak Bos, begitu saya menyebut Pak Nuril ini. Beliau sudah tahu maksud kedatangan saya ke kantornya yang berada di Jalan Kenari Nomor 20, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi ini.

Setelah pembicaraan yang singkat, saya memutuskan untuk bekerja di media online yang kini berada pada peringkat 2,559 di Indonesia versi Smiliar.web. 

Nama saya, Andri Somantri resmi tercatat sebagai karyawan di PT Samudera Multimedia Persada 1 Januari 2018. Saya pun bekerja sebagai editor semua rubrik berita dan mengedit berita dari teman-teman wartawan dilapangan. 

Jumlah pembaca terus bergerak naik

Perusahaan media ini terus berkembang dari jumlah pembaca yang terus bertambah. Masyarakat seakan menanti-nanti berita dari sukabumiupdate.com, apabila ada sebuah peristiwa yang terjadi. 

Sebagai media online, berita tak hanya disajikan dalam web sukabumiupdate.com saja. Pembaca bisa mengikuti berita-berita dari Facebook dengan akun SukabumiUpdate.com yang memiliki 73 ribu lebih pengikut dan akun Instagram sukabumiupdatecom yang difollow sebanyak 59.5 K saat tulisan ini dibuat. 

Kehadiran sukabumiupdate.com, seperti oase di tengah gurun pasir yang mampu memuaskan dahaga masyarakat khususnya masyarakat Sukabumi akan informasi. Terbukti ketika menayangkan sebuah berita, grafik di Goggle Analytics naik tajam. Itu berarti website sukabumiupdate.com sedang ramai dikunjungi. 

Sukabumiupdate.com terbuka terhadap semua kirtik dan menerima saran. Banyak pembaca yang mengapresiasi terhadap berita yang ditayangkan dan tak tak jarang juga masyarakat melayangkan kritik pada sisi penulisan dan lain hal, dan kami menerimanya. 

Ada juga pembaca yang meminta alamat lengkap dari sebuah TKP kejadian, lokasi wisata atau tempat UKM yang memproduksi kerajinan dan kuliner yang beritanya dimuat. Padahal alamat sudah begitu lengkap ditulis dalam berita. 

Kami menyadari bahwa media online bisa memanfaatkan ruang dari pesatnya media sosial. Pada awal 2018 itu kita mulai menggencarkan berita lewat tampilan audio visual melalui jaringan You Tube. Kita buat desain sedemikian rupa agar berita itu dapat disajikan lebih kekinian. Kami bangga dengan jumlah 13,924 subscribers akun You Tube Sukabumi Update dan punya keyakinan subscribers akan terus meningkat.

Ada yang terlewat, usai ulang tahun sukabumiupdate.com yang kedua pada 2018 lalu, kami melakukan penyegaran tampilan web kita agar pembaca tak bosan kemudian membuka ruang untuk masyarakat yang ingin menyampaikan informasi atau menayangkan artikel lewat rubrik Bale Warga. Hanya dengan login menggunakan akun gmail, masyarakat bisa mengirimkan info, opini dan beragam artikel kepada sukabumiupdate.com. Ini merupakan sebuah upaya mendekatkan sukabumiupdate.com dengan masyarakat. 

Kini, sukabumiupdate.com memasuki usianya yang ketiga di tahun 2019 ini. Banyak hal yang perlu kami tingkatkan bersamaan dengan komitmen kami menyajikan berita yang akurat.

Sebagai media, sukabumiupdate.com mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial sesuai dengan UU Pers. 

Dengan demikian, kehadiran sukabumiupdate.com harus memberikan sumbangsih terhadap daerah, apalagi Kota dan Kabupaten Sukabumi memiliki potensi yang harus didorong kemajuannya, diantaranya ikut mempromosikan objek wisata serta Usaha Kecil Masyarakat (UKM). 

Selain mengabarkan sebuah peristiwa, setiap akhir pekan sukabumiupdate.com, selalu menayangkan liputan tentang pariwisata dan kuliner, demi membangkitkan roda ekonomi masyarakat. Selain rubrik ekonomi, pariwisata, kuliner, peristiwa, hukum, nasional, internasional dan olahraga, pada Agutus ini sukabumiupdate.com menambah rubrik baru yaitu Sorot yang merupakan liputan mendalam terhadap sebuah fenomena yang terjadi. 

Kami pun memiliki rubrik khusus anak muda bernama Sukamuda, cocok untuk generasi milenial. Kemudian memanfaatkan Podcast yang membahas topik berita yang tayang di sukabumiupdate.com. Masyarakat pun bisa secara langsung menyimak wawancara dengan para narasumber dalam program Tamu Sukabumiupdate.com yang disiarkan lewat live IG dan live Facebook.

Apa yang diperoleh saat ini terbilang luar biasa untuk sekelas media online lokal yang tanpa ditopang investor besar namun bersaing dengan perusahaan media-media nasional. Sukabumiupdate.com juga bekerjasama dengan beberapa media besar yaitu suara.com, kumparan serta tempo.co. 

Melawan Hoax

Tantangan media mainstream pada saat ini begitu besar karena kemajuan teknologi informasi. Kami menyadari, perkembangan teknologi informasi menghilangkan sekat-sekat informasi, terbukti dengan mudahnya masyarakat mengakses informasi. Keadaan ini berdampak pada meningkatnya sikap kritis masyarakat terhadap segala hal. Masyarakat begitu aktif di media sosial hingga muncul nama Netizen atau Warganet.

Namun, disisi lain muncul masalah karena banyaknya informasi-informasi yang menyesatkan, berita bohong atau hoax. Masyarakat dengan mudahnya mendapatkan informasi melalui media sosial dan mempostingnya kembali hingga viral. Kendati demikian, perlu disadari apa berita yang tersebar itu benar-benar terjadi atau hanya hoax?.

Tuntutan media sekarang memang mengharuskan jurnalis untuk bekerja cepat dalam mencari berita. Namun, keakuratan dari berita tersebut tetap menjadi prioritas sukabumiupdate.com. Dalam menyajikan sebuah berita, redaksi sukabumiupdate.com berpedoman kepada fakta. 

Sebelum menulis berita, para wartawan sukabumiupdate.com wajib mengumpulkan data terlebih dahulu, mengecek dan memverifikasi kebenarannya sehingga memberikan informasi yang valid kepada masyarakat.

Sukabumiupdate.com berusaha melawan hoax dan tak memberi ruang sedikit pun terhadap berita-berita bohong tersebut. 

Sukabumiupdate.com berkomitmen menyajikan pemberitaan yang benar, sesuai fakta, dan berimbang. Kemudian jelas dan tegas menjunjung profesionalisme pers. Inilah sukabumiupdate.com, menyampaikan sebuah informasi dari pelosok Sukabumi untuk dunia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Entertainment18 Mei 2024, 16:00 WIB

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Epy Kusnandar Akan Direhabilitasi

Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba
Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba.| Foto: Instagram/@epy_kusnandar_official
Sukabumi18 Mei 2024, 15:58 WIB

Gegara Puntung Rokok, Kebakaran Habiskan Gudang Pakan Ternak di Cicurug Sukabumi

Api sempat membesar karena bangunan gudang terbuat dari bambu.
Kebakaran gudang penyimpanan pakan ternak ayam di Kampung Gintung RT 06/01 Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 15:30 WIB

4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

Seiring bertambahnya usia anak, dunia mereka menjadi lebih besar dan kompleks, begitu pula alasan mengapa ia menangis akan terasa seperti misteri bagi orang tua.
Ilustrasi - cara mengatasi amukan anak yang dapat orang tua terapkan. (Sumber : pexels.com/@TranLong).
Sukabumi18 Mei 2024, 15:00 WIB

Gizi Memburuk, Balita di Cisolok Sukabumi Berjuang Lawan Penyakit Paru-paru

Ahsan sudah dibawa ke RSUD Palabuhanratu untuk ditangani kesehatannya.
Kondisi Ahsan (2 tahun) asal Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi18 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sales Executive/Pramuniaga Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sales Executive/Pramuniaga Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 Mei 2024, 14:38 WIB

Harus Ada 85 Ribu Peserta Baru, Syarat Kabupaten Sukabumi Kembali UHC Non-Cut Off

Keaktifan 75 persen peserta JKN menjadi batas UHC Non-Cut Off dimulai Januari 2024.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Dwi Surini saat dimintai keterangan oleh wartawan pada Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat18 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Alasan Mengapa Mangga Baik Dikonsumsi Untuk Turunkan Kolesterol

Mangga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya untuk obat penurun kolesterol.
Beberapa alasan mengapa buah Mangga baik dikonsumsi untuk turunkan kolesterol pada tubuh. (Sumber : Freepik/@stocking).
Life18 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Manfaat Jalan Kaki Sore Hari, Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Jantung

Jalan kaki sore memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Sederet manfaat jalan kaki sore hari berikut ini bisa membuat kesehatan lebih baik. (Sumber : Freepik/@teksomolika).
Sehat18 Mei 2024, 13:30 WIB

Tak Hanya Orang Dewasa,  Kolesterol Tinggi Juga Dapat Menyerang Anak-anak!

Orang dewasa bukanlah satu-satunya orang yang terkena kolesterol tinggi. Anak-anak juga mungkin memiliki kadar kolesterol tinggi, yang dapat menimbulkan masalah kesehatan seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Selain menyerang orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena kolesterol tinggi. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Sehat18 Mei 2024, 13:00 WIB

Patut Diketahui, 5 Tips Ampuh Membantu Menurunkan Kolesterol Pada Anak

Kolesterol pada anak bisa saja terjadi, dan bukan hal yag tidak mungkin. Namun orang tua dapat membantu menurunkannya dengan cara-cara berikut ini.
Ilustrasi - Menurunkan kolesterol pada anak dengan makanan bergizi. (Sumber : pexels.com/@Lena Helfinger).