Jalan-jalan Bawa Sajam, Puluhan Siswa SMK Cianjur Diamankan di Polres Kulonprogo Yogyakarta

Senin 16 Desember 2019, 07:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 81 siswa SMKN 1 Cilaku Kabupaten Cianjur diamankan aparat Polres Kulonprogo, Yogyakarta, Minggu (15/12/2019) lalu. Mereka diamankan karena ditemukan membawa senjata tajam (Sajam) dan obat-obatan terlarang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, awalnya rombongan siswa ini berangkat dari Cianjur menggunakan truk menuju Candi Prambanan setelah ujian sekolah, Jumat (13/12/2019) pukul 16.00 WIB.

Pada Minggu (15/12/2019), para pelajar itu berniat untuk kembali ke Cianjur dengan menumpang truk. Sekitar pukul 11.00 WIB, mereka menaiki truk yang berhenti di perempatan wilayah Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Selama perjalanan dari Prambanan sampai Wates, tepatnya ketika berhenti di lampu setopan, para pelajar tersebut sebagian turun untuk meminta makanan dan minuman kepada pengendara kendaraan lainnya.

Namun saat melintas di depan Mako Polres Kulonprogo para siswa itu diamankan Satuan Sabhara Polres Kulonprogo.

Setelah dilakukan penggeledahan, didapati mereka membawa senjata tajam berupa tiga buah gir, enam celurit, satu gunting, dan dan logam besi. Bahkan selain itu, pihak kepolisian juga menemukan tiga butir obat merk inoxin 400 miligram, tiga butir obat merk rifampicin serta tiga butir obat warna merah jambu.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Kulonprogo untuk pemulangan para siswa ini ke Cianjur.

"Rencananya kami juga bantu pemulangannya, termasuk mengawal hingga ke sekolah setelah tiba di Cianjur," ujar Juang kepada wartawan, Senin (16/12/2019).

Rencananya orangtua para siswa akan dipanggil untuk pembinaan, supaya para siswa tidak mengulangi perbuatannya. Apalagi sampai membawa senjata tajam dan obat-obatan.

"Tujuannya untuk jalan-jalan, tapi tidak dibenarkan membawa senjata tajam. Makanya kami lebih ke pembinaan, termasuk memanggil para orangtua siswa," kata Juang.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Cianjur, Nurdin mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak sekolah yang siswanya diamankan di Kulonprogo. Untuk mencegah adanya kejadian serupa, MKKS SMK bakal meminta setiap sekolah untuk mengundang orangtua siswa ke sekolah menjelang libur panjang. Hal itu dilakukan supaya ada keterlibatan orangtua dalam mengawasi anaknya.

"Jangan sampai momentum libur panjang usai ujian semester dijadikan ajang untuk hal negatif, apalagi dengan membawa senjata tajam" tegasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)
Life28 April 2024, 17:44 WIB

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Memaafkan Masa Lalunya, Ketahui Penyebabnya!

Tak sedikit orang yang sangat sulit memaafkan masa lalunya sendiri sehingga sampai kini terjebak dalam balutan masa kelam yang menyakitkan.
Ilustrasi. Orang menangis karena sulit memaafkan masa lalu. | Sumber poto : Pexels/ Karolina Grabowska
Sukabumi28 April 2024, 17:32 WIB

29 Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia di Sukabumi, Pemiliknya Ditilang

Puluhan motor berknalpot brong disita polisi usai terjaring razia KRYD Polres Sukabumi Kota. Pemiliknya ditilang.
Pemiliknya ditilang, puluhan motor berknalpot brong diangkut Polres Sukabumi Kota. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 17:30 WIB

4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Membicarakan emosi dengan anak-anak bisa jadi rumit, pelajari lebih lanjut tentang cara mendiskusikan perasaan besar dengan anak kecil.
Ilustrasi. Anak sedang emosi. Sumber : Freepik/@8foto
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)