5 Poin Pidato Prabowo Subianto di 3 Hari Pertama Kampanye Terbuka

Rabu 27 Maret 2019, 01:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam tiga hari pertama sejak masa kampanye dibuka 24 Maret 2019, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, telah berkampanye di lima titik: Manado, Makassar, Merauke, Denpasar, dan Mataram.

Di semua titik itu, Prabowo selalu berorasinya di hadapan masyarakat soal penyelamatan negara. Berikut poin-poin orasi Prabowo dalam kunjungannya yang  dihimpun Tempo:

1. Tak boleh ada yang mengubah Pancasila

Saat berkampanye di Lapangan Ternate Baru, Manado, Sulawesi Utara, Ahad, 24 Maret 2019, Prabowo berjanji bakal melawan siapa pun yang ingin mengubah ideologi bangsa Indonesia. "Siapa yang mau mengubah negara ini, siapa yang mau mengubah Pancasila akan berhadapan dengan saya," kata mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu.

Prabowo berujar ia telah meneken janji siap mati untuk Indonesia saat terjun ke dunia militer di masa lalu. Dia juga berjanji siap memberikan segalanya bagi bangsa dan negara Indonesia, serta tak ingin NKRI terpecah-belah. "Perjuangan kita untuk mempertahankan negara Pancasila, untuk mempertahankan toleransi. Kami yakin Indonesia bangkit."

2. Kembalikan kekayaan negara kepada rakyat

Dalam orasinya di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad, 24 Maret 2019, Prabowo menyinggung soal kekayaan Indonesia yang tak berada di tangan rakyat. Ia menyebut kekayaan Indonesia hanya dikuasai oleh segelintir orang saja.

Karena itu, Prabowo menegaskan, perjuangan koalisi Indonesia Adil Makmur - koalisi pendukung Prabowo-Sandi- adalah berjuang agar kekayaan kembali ke tangan rakyat. "Ini tekad saya bersama Sandiaga," ucap dia.

3. Turunkan tarif listrik dan harga kebutuhan pokok

Saat di Manado, Ahad, 24 Maret 2019, Prabowo mengatakan, jika terpilih sebagai presiden, dalam 100 hari kerja  dirinya akan menurunkan tarif listrik dan harga kebutuhan pokok yang ia nilai saat ini sangat memberatkan masyarakat.

Prabowo mengaku telah mengumpulkan pakar-pakar dan meminta masukan kepada mereka terkait dengan penurunan harga-harga  tersebut. Menurut Prabowo  para pakar tersebut menggaransi keinginan itu bisa terealisasi dalam jangka waktu yang singkat.

"Saya kumpulkan pakar dan bertanya kepada mereka. Bisa nggak kita turunkan harga yang terlalu berat untuk rakyat. Mereka hitung dan mereka lapor, bisa kita turunkan harga-harga," ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan, berdasarkan hitung-hitungan para pakar, harga tarif dasar listrik bisa diturunkan dalam 100 hari kerja setelah dilantik. "Bisa kita turunkan harga listrik setelah kita berkuasa. Kita turunkan harga listrik 100 hari pertama," ujar Prabowo.

Sedangkan untuk harga daging, Prabowo berani menjanjikan kurang dari 100 hari bisa diturunkan . Janji itu juga didasarkan lewat hitung-hitungan para pakar. "Kita juga bisa menjaga agar harga-harga dan penghasilan petani-petani kita tidak turun," ucap Prabowo.

4. Memberantas korupsi

Saat kampanye di Denpasar, Bali, Selasa, 26 Maret 2019, Prabowo mengaku dapat inspirasi dari Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad, yang telah berusia 93 tahun namun tetap memimpin negara. "Dia (Mahatir Mohamad) melihat banyak korupsi, makanya turun gunung," kata Prabowo Subianto saat kampanye terbuka di lapangan Kompyang Sujana, Denpasar.

Prabowo menilai Mahathir adalah sosok mapan sehingga tidak akan mencari keuntungan pribadi saat menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia. "Dia tidak cari apa-apa," ujarnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan Indonesia masih banyak korupsi dan hanya segelintir orang yang foya-foya di atas penderitaan rakyat. "Saya tidak rela." Jika terpilih sebagai Presiden, Prabowo berjanji akan mewujudkan pemerintahan yang aman dan sejahtera.

5. Ingatkan pentingnya toleransi

Saat di Merauke, Senin, 25 Maret 2019, Prabowo menyampaikan pentingnya rasa toleransi meskipun berbeda pilihan dalam hal apapun. Menurut dia, toleransi adalah hal utama yang harus dijaga seluruh rakyat demi keutuhan bangsa Indonesia.

"Saya minta marilah kita tingkatkan rasa persaudaraan, marilah kita memandang semua adalah saudara. Kita boleh berbeda agama, boleh berbeda suku, boleh berbeda bahasa, tapi kita harus ingat, kita harus hidup mencari yang baik, hidup yang baik untuk anak-anak dan cucu kita," tutur Prabowo saat kampanye terbuka di lapangan Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Senin, 25 Maret 2019.

Prabowo mengatakan, dengan hidup penuh toleransi dan saling menghargai maka kerukunan akan tercipta. Sehingga, persatuan dan kesatuan bangsa akan terjalin di Indonesia. Ia juga meminta kepada seluruh pendukungnya untuk menahan diri dan tidak mudah terpancing emosi dari pihak pihak yang ingin memperkeruh suasana politik. 

"Tidak mungkin kita bisa hidup baik kalau kita tidak hidup rukun. Kita harus selalu saling menghargai, saling mengasihi, saling membela, saling menjunjung tinggi dan kita harus menjaga perasaan kita. kita harus sering menahan diri, sering kita harus mengalah, sering kita harus menjaga perasaan orang lain," ucap Prabowo Subianto.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich