Miryam S. Haryani Buron, Imigrasi Awasi 90 Pintu Keluar Indonesia

Sabtu 29 April 2017, 08:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengawasi pintu keluar dari Indonesia berhubungan dengan pencegahan Miryam S. Haryani ke luar negeri. Komisi Pemberantasan Korupsi meminta Imigrasi mencegah anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 itu sejak (24/4). Pencegahan ini terkait dengan kasus dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

“Sesuai dengan kewenangan kami, kami bertugas menjaga di pintu keluar di seluruh Indonesia,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Agung Sampurno melalui pesan elektronik, Sabtu (29/4).

Agung mengatakan setiap pintu keluar terkoneksi online dan langsung atau realtime dengan sistem cekal milik Imigrasi. Menurut dia, ada sekitar 90 jumlah pintu keluar dari Indonesia. Sedangkan pos lintas batas atau perlintasan tradisional baik darat maupun laut ada 20-an di seluruh Indonesia. Saat ditanya apakah sudah ada tanda keberadaan Miryam, Agung menjawab data itu ada di penyidik KPK.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan pencegahan terhadap Miryam dilakukan karena kebutuhan penyidikan. Miryam adalah salah satu saksi yang berperan dalam dugaan korupsi e-KTP. Dia disebut-sebut sebagai orang yang membagikan uang korupsi kepada anggota Komisi II.

Dalam berita acara pemeriksaannya, Miryam mengaku pernah diminta tolong untuk membagi-bagikan duit yang berasal dari pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong. Namun, saat bersaksi dalam sidang korupsi dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, Miryam mencabut semua kesaksiannya. 

Miryam mengatakan telah diancam oleh penyidik KPK saat diperiksa sehingga memberikan keterangan palsu. Belakangan, dia menjadi tersangka memberikan keterangan tidak benar pada persidangan dugaan korupsi proyek e-KTP.

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi