5 Dampak Negatif Knalpot Brong Pada Mesin Sepeda Motor

Senin 26 Juni 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Berikut dampak negatif knalpot brong untuk mesin sepeda motor, tidak hanya menciptakan polusi suara | Foto: Unplash/Adam Rhodes

Ilustrasi. Berikut dampak negatif knalpot brong untuk mesin sepeda motor, tidak hanya menciptakan polusi suara | Foto: Unplash/Adam Rhodes

SUKABUMIUPDATE.com - Knalpot Brong merupakan istilah yang umum digunakan di Indonesia untuk menyebut sistem pembuangan (knalpot) sepeda motor yang dimodifikasi hingga menghasilkan suara berisik.

Istilah "brong" sendiri berasal dari suara yang dihasilkan knalpot modifikasi saat sepeda motor dihidupkan.
Biasanya, modifikasi melibatkan melepas atau mengubah sekat dan bahan peredam suara di dalam knalpot, memungkinkan nada knalpot yang lebih keras dan lebih agresif.

Alasan utama sebagian pecinta motor memilih memasang knalpot Brong adalah untuk kepentingan estetika dan dapat meningkatkan pengalaman berkendara sepeda motor secara keseluruhan bagi sebagian orang.

Baca Juga: Jari Hampir Putus, Sederet Luka Korban Gerombolan Bermotor di Lembursitu Sukabumi

Namun, di sisi lain penggunaan knalpot jenis ini bisa mengganggu lingkungan karena menimbulkan polusi suara. Hal tersebut juga yang menjadikan knalpot jenis ini dilarang digunakan.

Selain itu, penggunaan knalpot brong juga bisa memiliki risiko negatif bagi mesin sepeda motor yang menggunakannya, apa saja? Berikut dampak negatif knalpot brong untuk mesin motor yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi Performa

Knalpot Brong yang tidak dirancang secara tepat untuk mesin motor dapat mengganggu aliran pembuangan gas dan mengurangi performa mesin.

Kebocoran gas yang tidak diinginkan atau pembakaran yang tidak efisien dapat mengurangi akselerasi, daya, dan torsi mesin.

Baca Juga: Kisah Misteri Penari Ronggeng di Jalur Kereta Sukabumi-Cianjur, Bikin Merinding

2. Overheating

Knalpot Brong yang tidak efisien dalam mengalirkan gas buang dapat menyebabkan banyaknya panas pada sistem knalpot dan bagian-bagian terkait.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan suhu pada mesin secara keseluruhan, yang dapat berdampak negatif pada kinerja mesin dan mempercepat keausan komponen.

3. Kerusakan katup

Penggunaan pipa knalpot yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja katup pada mesin motor. Jika aliran gas buang tidak terkendali atau pembakaran tidak merata, tekanan yang tinggi dapat merusak katup, yang selanjutnya dapat mengurangi kompresi dan mengganggu siklus kerja mesin secara keseluruhan.

Baca Juga: 3 Tanda Saringan Udara Sepeda Motor Kotor, Jangan Dianggap Sepele

4. Peningkatan konsumsi bahan bakar

Knalpot Brong yang tidak sesuai dengan mesin dapat menyebabkan pembakaran yang tidak efisien dan penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.

Jika mesin tidak dapat mengeluarkan bahan bakar dengan baik, efisiensi pembakaran akan menurun, yang berarti mesin perlu menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan daya yang sama.

5. Pengurangan umur mesin

Penggunaan knalpot Brong yang tidak sesuai dapat mempercepat keausan komponen mesin. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih cepat pada bagian-bagian seperti klep, piston, cincin piston, dan lainnya.

Baca Juga: 4 Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Menghapus Dosa Selama 2 Tahun

Akibatnya, umur mesin dapat berkurang, dan biaya perawatan dan perbaikan dapat meningkat.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan knalpot Brong yang tidak sesuai dapat merusak mesin motor dan mengurangi performanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)