8 Cara Membedakan Suku Cadang Mobil Asli atau Palsu, Awas Tertipu!

Rabu 25 Oktober 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi. Berikut tips membedakan suku cadang asli atau palsu agar terhindar dari barang abal-abal | Foto: Unplash/Parker Gibbs

Ilustrasi. Berikut tips membedakan suku cadang asli atau palsu agar terhindar dari barang abal-abal | Foto: Unplash/Parker Gibbs

SUKABUMIUPDATE.com - Suku cadang memang menjadi hal yang tak akan bisa dipisahkan dari sebuah kendaraan termasuk mobil. Sebagai pemilik kendaraan, pastinya kita selalu ingin mendapatkan barang yang berkualitas baik untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Namun, selalu saja ada oknum yang memalsukan suku cadang dengan tampilan serupa tapi memiliki kualitas yang jauh dari asli.

Pemilik bisa menjadi korban yang tertipu apabila tidak waspada dan cermat dalam mengamati ciri-ciri suku cadang palsu.

Baca Juga: Spesifikasi CFMoto Papio XO-1 Motor Imut Model Cafe Racer, Cek Harganya

Ketika tertipu membeli spare part tidak hanya rugi secara finansial, namun berisiko membahayakan ketika berkendara di jalan.

Untuk itu, merangkum dari Tempo.co, berikut cara membedakan suku cadang mobil asli vs palsu merujuk dari laman resmi Suzuki.

1. Mengecek Nomor Seri dan Kode Spare Part

Untuk menentukan apakah spare part yang beli original, pastikan untuk cek kode dan nomor seri pada spare part. Apabila berasal dari bengkel resmi, maka pasti tertera nomor seri pada spare part.

Lalu, nomor seri tersebut pasti tercantum dalam katalog resmi produk. Sehingga, bila mendapati perbedaan dan kejanggalan antara keduanya, maka sebaiknya berpikir lagi sebelum membeli spare part tersebut.

Baca Juga: Spesifikasi Motor KTM 890 Adventure R Rally, Hanya Ada 700 Unit di Dunia

Spare part mobil yang palsu pun bisa saja memiliki nomor seri. Umumnya, nomor seri palsu akan terlihat tidak pas cetakannya, lalu tidak sesuai, serta mudah pudar. Maka dari itu, Anda perlu lebih jeli agar bisa mengetahui keaslian suatu spare part.

2. Memeriksa Kondisi Kemasan Spare Part

Keaslian suatu spare part juga dapat Anda ketahui dari kemasannya. Pada kemasan spare part asli, bahan kardus akan terasa tebal dan halus. Kualitasnya terlihat dari warna dan tulisan pada kardus yang jelas, terang, serta tidak kusam.

Lalu, pada kemasan spare part asli terdapat stiker hologram dengan logo terlihat jelas dan tajam. Jika Anda coba lepas pun, stiker tersebut tidak akan mudah terlepas.

Sedangkan, apabila mendapatkan spare part mobil palsu, maka kualitas kemasan kardus cenderung tidak premium dan warna serta tulisan terlihat buram. Stiker hologram pada kemasan palsu pun mudah lepas, serta tidak terlihat jelas maupun berdimensi.

Baca Juga: Bisa Jangkau 1.000 Km, Intip Spesifikasi Truk Listrik eActros 600 dari Mercedes-Benz

3. Mengecek Kondisi Fisik dan Spesifikasi Spare Part

Sebelum membeli, wajib memeriksa spesifikasi serta kondisi fisik spare part. Walau dibuat semirip mungkin, pasti spare part palsu tidak akan serapi dan sebagus versi asli karena proses pengerjaannya yang tidak memenuhi standar seperti original.

Selain kondisi fisik, perlu memeriksa situs web resmi dari merk spare part untuk mengecek kesesuaian spesifikasi yang tertera dengan yang akan Anda beli. Bila palsu, spare part pasti tidak sesuai dan berbeda kondisinya dengan informasi tersebut.

4. Menanyakan Garansi Spare Part

Garansi pada spare part mobil cukup penting, sebab bila suatu saat terjadi kerusakan maka bisa klaim kepada pihak produsen untuk mendapatkan perbaikan atau penggantian dengan yang baru secara cuma-cuma.

Baca Juga: Spesifikasi Cadillac Fleetwood 75 Limousine Seperti Mobil Pengawal Ganjar-Mahfud

Maka dari itu, apabila spare part Anda asli pasti tersedia garansi resmi dari pihak produsen merk kendaraan. Garansi resmi pun umumnya berdurasi cukup panjang, bisa mencapai hingga dua belas bulan.

Namun, pada spare part palsu garansi hanya tersedia dari toko yang menjualnya. Hal tersebut tentu berbeda dari segi kredibilitas dan kualitas.

5. Mengecek Harga Spare Part

Untuk faktor harga, bisa meyakinkan diri sebab perbandingan harga antara spare part asli dan palsu terlihat jelas. Bila spare part original, tentu harganya akan lebih tinggi mengingat kualitas spare part tersebut.

Sedangkan, spare part mobil palsu cenderung menawarkan kelebihan harga murah dan terjangkau untuk menarik konsumen.

Baca Juga: Harga Land Rover Series 2, Mobil Klasik Anies Cak Imin Saat Daftar Pilpres ke KPU

Itulah mengapa, perlu melakukan riset mengenai harga spare part yang akan dibeli di pasaran. Bila ternyata harga spare part terlampau murah tanpa diskon atau pun promo, maka jangan cepat tergiur. Besar kemungkinan spare part tersebut tidak asli.

6. Melakukan Verifikasi Data dari Pabrik Spare Part

Apabila membeli spare part secara online, penting untuk melakukan verifikasi data sebelum memutuskan untuk check out produk tersebut.

Periksa data pabrikan pada spare part yang ingin beli, apakah sesuai dengan data dari Original Equipment Manufacturer (OEM).

Bila asli, maka spare part dirancang secara khusus menyesuaikan dengan persyaratan mekanis serta modelnya. Beda halnya dengan spare part tidak resmi atau aftermarket, yang datanya bisa tidak sesuai dengan standar yang ada.

Baca Juga: Fakta Mobil Gagah Capres-Cawapres Saat Daftar ke KPU, Nunggak Pajak hingga Mogok

7. Mengecek Stiker Barcode Spare Part

Cara membedakan spare part mobil asli dan palsu yang satu ini dapat Anda lakukan dengan scan barcode yang tertera pada kemasan produk.

Untuk spare part asli, informasi mengenai keaslian produk dan kesesuaian spesifikasi akan muncul setelah barcode scan.

Namun, apabila kemasan spare part tidak memiliki stiker barcode, sebaiknya urungkan niat Anda untuk membeli spare part tersebut. Sebab, besar kemungkinan spare part adalah imitasi atau tidak resmi.

8. Memeriksa Sertifikat Spare Part

Selain melalui stiker hologram serta barcode, satu lagi cara melihat keaslian spare part yaitu dengan mengecek sertifikatnya.

Pemilik bisa memastikan spare part tersebut asli apabila tercantum informasi mengenai kode keamanan dan nomor identitas produk pada sertifikat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)