TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Amankah Mobil Listrik Terobos Genangan Banjir? Simak Penjelasannya

Dede Imran
Penulis
Kamis 6 Okt 2022, 17:45 WIB
Amankah Mobil Listrik Terobos Genangan Banjir? Simak Penjelasannya

SUKABUMIUPDATE.com - Amankah mobil listrik jika menerobos banjir? Mungkin pertanyaan tersebut menjadi hal yang dipertimbangkan saat akan memutuskan menggunakan kendaraan bertenaga listrik.

Mobil listrik digadang-gadang bisa menjadi kendaraan alternatif yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan mobil konvensional.

Namun, memasuki musim hujan, sejumlah ruas jalan di sejumlah daerah di Indonesia kerap kali terjadi banjir dengan genangan yang cukup tinggi hingga menjadi momok menakutkan bagi sejumlah pengguna kendaraan, apalagi mobil listrik.

Baca Juga :

Melansir dari Tempo.co, saat banjir, sistem kelistrikan mobil berpotensi mengalami korsleting dan bisa menimbulkan kerusakan dan kecelakaan yang fatal.

Melansir laman Auto2000 hari ini, Kamis, 6 Oktober 2022, motor penggerak pada mobil listrik tidak didesain untuk menularkan banjir. Pada dasarnya, mobil listrik sama saja dengan mobil konvensional jika berhubungan dengan banjir.

photo(Ilustrasi) Baterai mobil listrik - (via carmagazine.co.uk)</span

Jika terjadi banjir, harus dipastikan ketinggian genangan air tidak melebihi setengah bodi mobil. Jika ketinggian banjir masih separuh ban, masih aman untuk dilewati, tapi pengendara mobil listrik harus memilih jalan agar terhindari dari lubang atau got yang tertutup genangan air.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini