Ibu Hamil Yuk Amalkan Doa untuk Janin dalam Kandungan Agar Sehat dan Selamat

Minggu 25 Februari 2024, 05:00 WIB
Ilustrasi- Membaca doa dengan penuh keyakinan dapat mendatangkan keberkahan bagi ibu hamil dan janinnya. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi- Membaca doa dengan penuh keyakinan dapat mendatangkan keberkahan bagi ibu hamil dan janinnya. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Membaca doa adalah salah satu ikhtiar terbaik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan lancar. Doa ini dapat membantu ibu hamil merasa lebih tenang dan damai dalam menghadapi perubahan fisik dan emosional selama kehamilan.

Dipercaya bahwa doa yang dibacakan oleh ibu hamil dapat membantu membentuk karakter janin menjadi lebih baik. Selain membaca doa, ibu hamil juga perlu menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, dan melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin.

Mengutip NU Online, berikut adalah doa yang dapat dibaca ibu hamil untuk Janin dalam kandungan dari al-Imam al-Habib Husain al-Khirid.

Baca Juga: Doa Meminta Dipanjangkan Umur Agar Bertemu Kembali dengan Bulan Ramadan

Doa pertama

الحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ العَالَمِينَ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.

Latin: Alhamdulillahi rabbilālamin. Allahumma shalli wasallim ala sayyidina. Muhammad waala alihi wa shahbihi ajma’in.

Artinya: "Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah haturkan shalawat serta salam kepada junjungan kami sayyidina Muhammad dan untuk keluarganya serta shahabatnya.

Doa kedua

اللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِي مَا دَامَ فِي بَطْنِي. وَاشْفِهِ مَعَ أُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - نَبِيِّكَ وَرَسُولِكَ. أَنْتَ الشَّافِي ، لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءًا عَاجِلا لَا يُغَادِرُ سَقَمًا.

Latin: Allahumahfadz waladi madama fi bathni. Wasyfihi ma'a ummati sayyidina Muhammad shalallahu alaihi wasalam nabiyyika wa rasulika. Antas Syafi laa syifaa ila syifauka syifaan ājilan la yughodiru saqaman.

Artinya: "Ya Allah jagalah anakku selama dia di dalam perutku. Dan berilah ia kesehatan begitu pula umatnya Rasulullah -Shallallahu ‘Alaihi Wasallam- Nabi dan utusan-Mu. Sesungguhnya Engkau dzat yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, dengan kesembuhan yang cepat dan tidak kembali lagi."

Baca Juga: Pusing Anak Susah Sholat Wajib 5 Waktu? Yuk Amalkan Doa Ini Agar Hatinya Tergugah


Doa ketiga

اللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِي بطنِي صُوْرَةً حَسَنَةً جَمِيْلَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَإِيْمَانًا بِرَسُولِكَ

Latin: Allahumma shawirhu fi bathni shuratan hasanatan jamilatan wa tsabit qolbahu imanan bika wa imanan birusulika.

Artinya: "Ya Allah bentuklah dia yang berada di dalam perutku dengan bentuk yang baik, bagus dan rupawan dan tetapkanlah iman kepada-Mu dan Rasul-Mu pada hatinya."

Doa keempat

اللَّهُمَّ أَخْرِجُهُ مِنْ بَطْنِي وَقتَ وِلادَتِي سَهْلًا وَسَلِيمًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ. وَتَقَبَّلْ دُعَاءَنَا كَمَا تَقَبَّلْتَ دُعَاءَ نَبِيِّكَ وَرَسُولِكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Latin: Allahuma Akhrijhu min bathni wakta wiladati sahlan wa saliman fiddunya wal akhirah. Wa taqobal duāna kama taqobalta duāa Nabiyyika wa Rasulika Muhammad shalallahu alaihi wasalam.

Artinya: "Ya Allah keluarkanlah ia dari perutku waktu melahirkan dangan mudah, dan selamat di dunia dan akhirat dan kabulkanlah doa kami sebagaimana engkau kabulkan doa Nabi dan Rasul-Mu Muhammad shallallahu alaihi wasallam."

Doa kelima

اللَّهُمَّ احْفَظِ الوَلَدَ الَّذِي أَخْرَجْتَهُ مِنْ عَالَمِ الظُّلْمِ إِلَى عَالَمِ النُّورِ وَاجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا عَاقِلًا لَطِيفًا

Latin: Allahumahfadzil waladi alladi akhrajathu min ālamiddulmi ila alaminnur waj’alhu shahihan kamilan aqilan lathifan.

Artinya: "Ya Allah jagalah anak ini yang engkau telah keluarkan dari alam gelap gulita menuju alam penuh cahaya dan jadikanlah dia anak yang selamat dengan kesehatan yang sempurna, berakal dan lemah lembut."

Doa keenam

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ شَهِيدًا وَمُبَارَكًا وَعَالِمًا وَحَافِظًا مِنْ كَلَامِكَ المَكْنُونِ وَكِتَابِكَ المَحْفُوظ. اللَّهُمَّ طَوّل عُمْرَهُ وَصَحِحْ جَسَدَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ لِقِرَاءَةِ القُرْآنِ وَالحَدِيثِ

Latin: Allahuma ij'alhu syahidan wa mubarakan wa aliman wa hafidhan min kalamika al-maknun wa kitabika al-Mahfudh. Allahuma thawwil umrahu wa shahih jasadahu wa afshih lisanahu liqiroatil Qur'ani wal hadits.

Artinya: "Ya Allah jadikanlah dia seorang yang syahid yang penuh keberkahan, yang alim yang menghafal ayat-ayat-Mu yang tersimpan dalam kitab-Mu yang terjaga. Ya Allah panjangkanlah umurnya, sehatkanlah badannya, fasihkanlah lisannya untuk membaca al-Qur’an dan hadits."

Doa ketujuh

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَابِرًا مِنَ المَرَضِ وَالأَسْقَامِ وَالعَطَشِ بِبَرَكَةِ نَيك سيدنا مُحَمَّدٍ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَجَمِيعِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِينَ وَالمَلَائِكَةِ المُقَرَّبِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالأَوْلِيَاءِ وَعِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ وَبَرَكَتِنَا المُهَاجِرِ إِلَى اللهِ أَحْمَدَ بْنِ عِيسَى وَبَرَكَتِنَا الفَقِيهِ المُقَدَّمِ مُحَمَّدِ ابْنِ عَلى بَاعَلَوِي وَبَرَكَتِنَا سُلْطَانِ الأَوْلِيَاء أَبي صَالِحٍ مُحْي الدِّينِ عَبْدِ القَادِرِ الجَيْلَانِي وَبَرَكَتِنَا الشَّيْخِ أَبِي بَكْرِ بْنِ سَالِمٍ ( إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا ) ( الأحزاب : ٥٦)

Latin: Allahumajhu shabiron minal marodli wal asqomi wal athasyi bibarakati sayyidina Muhammad sholallahu alaihi wasallam wa jami’il anbiyai wal mursalin wal malaikatil muqarrabin was syuhada`i wal auliyai wa ibadillahis shalihin wa barokatina al-Muhajir ilallah Ahmad ibn Isa wa barokatina al-Faqih al-Muqaddam Muhammad ibn Ali Ba'alawi wa barokatina sulthanil auliya' ibni Shalih Muhyiddin Abdil Qadir al-Jailani wa barokatina as-Syekh Abi Bakar ibn Salim. Innallaha wa mala'ikatahū yusallana alan-nabiyy(i), ya ayyuhal-lazina āmanu ṣallu 'alaihi wa sallimu taslimā(n).

Artinya, "Ya Allah jadikanlah dia tabah ketika sakit, haus dan menghadapi segala cobaan, dengan berkat Nabi-Mu dan Rasul-Mu Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dan semua para nabi dan rasul dan dengan berkat para malaikat yang dekat, para syuhada‘ para ulama’, dan semua hamba Allah yang saleh, dan dengan berkat al-Muhajir ilallah sayidina Ahmad bin Isa dan sayidina al-Faqih al-Muqoddam habib Muhammad bin Ali Ba ‘alawi dan berkat rajanya para aulia’ Syekh Abdul Qadir al-Jailani, sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi, maka wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya." (As-Sayyid Muhammad Amin Bin 'Idrus Bin Abdullah Bin as-Syekh Abi Bakar Bin Salim, Budurus Sa'adah,[Indonesia, Dar- As-Syekh Abi Bakar Bin Salim], halaman 301-302).

Doa diatas dianjurkan untuk dibaca seusai melaksanakan sholat fardhu. Faedah dari mengamalkan doa ini untuk menjadikan anak lahir dengan selamat, sehat jasmani rohani dan menjadi anak sholeh.

Sumber: NU Online

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)
Life29 April 2024, 19:53 WIB

7 Cara Membuat Anak yang Keras Kepala Jadi Patuh kepada Orang Tuanya

Anak yang keras kepala terkadang tidak patuh saat diperintah, dinasihati atau dimintai tolong orang tuanya. Maka penting mengubahnya menjadi patuh.
Ilustrasi. Cara membuat anak keras kepala menjadi patuh kepada orang tua. | Sumber foto : Pexels/ Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 19:28 WIB

Sodikin Optimis Timnas Indonesia Menang Lawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Terkait prediksi skor, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Sodikin sebut yang paling penting adalah timnas Indonesia bisa meraih kemenangan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M Sodikin (Sumber : akun fb PKS Kabupaten Sukabumi)