3 Doa yang Dianjurkan Dibaca Umat Muslim Saat Turun Hujan, Yuk Amalkan

Senin 11 Desember 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi hujan - 3 Doa yang Dianjurkan Dibaca Umat Muslim Saat Turun Hujan, Yuk Amalkan. | Foto: Freepik

Ilustrasi hujan - 3 Doa yang Dianjurkan Dibaca Umat Muslim Saat Turun Hujan, Yuk Amalkan. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan adalah salah satu fenomena alam yang penting bagi kehidupan manusia. Hujan dapat memberikan manfaat berupa air untuk minum, mandi, dan mengairi tanaman. Namun, hujan juga dapat menimbulkan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

Dalam Agama Islam, hujan merupakan salah satu nikmat dari Allah SWT yang harus disyukuri. Sebab, hujan dapat memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk berdoa saat hujan turun sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat tersebut.

Nah, menjelang puncak musim hujan datang, ada baiknya kita mempersiapkan diri dengan membaca doa, yang diamalkan ketika hujan turun. Tujuannya adalah agar hujan tersebut bermanfaat dan tidak menimbulkan bencana.

Baca Juga: 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Bunda Harus Kenali

Berikut di antara doa-doa saat hujan turun yang dikutip via NU Online.

1. Doa Supaya Hujan Membawa Berkah

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Latin: Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya: Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.

Turunnya hujan ke bumi seharusnya disyukuri sebagai bagian dari nikmat Allah SWT yang luar biasa. Melalui doa yang kita amalkan, besar harapan hujan bisa membawa keberkahan, baik bagi para petani dan menghanyut debu jalanan serta membawa rezeki untuk segala bentuknya bagi penduduk semesta alam.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Introvert dengan Mental Kuat

2. Doa Ketika Hujan Deras Agar Tidak Terjadi Banjir

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latin: Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang ditulis oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib. Doa ini dibaca oleh Rasulullah SAW saat khutbah Jumat berlangsung, ketika seorang sahabat datang melapor bahwa hujan deras yang selama enam hari berlangsung membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan. Kita tentunya ingin hujan yang turun membawa berkah bagi semesta, dan tidak justru menjadi bencana. Oleh sebab itulah ikhtiar berupa doa juga perlu kita lakukan.

Baca Juga: 8 Kelebihan Anak yang Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Bunda Harus Bangga!

3. Doa Saat Awan Mendung

Rasulullah SAW saat melihat awan mendung, beliau lalu memohon supaya awan yang membawa hujan tidak menjadi penyebab azab maupun bencana, tetapi pembawa rahmat. Berikut riwayatnya (HR Imam Ibnu Majah dan Imam al-Nasai):

اللهُمَّ سَيْبَ رَحْمَةٍ وَلَا سَيْبَ عَذَابٍ

Latin: Allahumma saiba rahmatin wa lâ saiba ‘adzâbin

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat dan jangan berikan azab.

Dengan membaca doa diatas, Semoga kita semua terhindar dari segala bencana, dan diselamatkan saat hujan turun yang deras. Karena sesungguhnya hujan ialah rahmat yang diberikan Allah SWT kepada hambanya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)
Life11 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa dan Ucapan untuk Keluarga yang Berangkat Haji, Sangat Menyentuh Hati

Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur.
Ilustrasi - Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)