11 Ciri Anak dengan Pribadi Introvert di Sekolah, Benarkah Sulit Bergaul?

Jumat 08 Desember 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi - Orang tua dan guru dapat membantu anak introvert dengan memberikan dukungan dan pengertian di sekolah. (Sumber : Pixabay.com/@SwastikArora.)

Ilustrasi - Orang tua dan guru dapat membantu anak introvert dengan memberikan dukungan dan pengertian di sekolah. (Sumber : Pixabay.com/@SwastikArora.)

SUKABUMIUPDATE.com - Introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang ditandai dengan kebutuhan akan waktu sendiri untuk memulihkan energi. Anak introvert sering kali lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, baik untuk bermain, belajar, atau melakukan kegiatan lainnya.

Mereka juga cenderung lebih pendiam dan pemalu, serta kurang menyukai keramaian. Tidak semua anak introvert sulit bergaul. Ada juga anak introvert yang memiliki kemampuan sosial yang baik dan mampu menjalin hubungan dengan teman-temannya. Namun, secara umum, anak introvert memang lebih cenderung pendiam dan suka menyendiri.

Mereka lebih nyaman berada di lingkungan yang tidak terlalu ramai dan lebih suka menghabiskan waktunya sendiri atau bersama orang-orang yang dekat dengannya. Anak introvert mungkin terlihat lebih pendiam atau tidak tertarik untuk bersosialisasi.

Baca Juga: 8 Cara Mendidik Anak dengan Kepribadian Introvert, Begini Langkahnya Bunda

Namun, mereka memiliki cara tersendiri untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka mungkin lebih suka berbicara satu lawan satu atau bergabung dengan kelompok kecil. Mereka juga mungkin lebih suka mengungkapkan diri melalui tulisan, seni, atau musik.

Berikut adalah 10 ciri anak introvert di sekolah yang harus dipahami oleh guru maupun orang tua

1. Suka Menyendiri

Anak introvert lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, baik di rumah, di sekolah, maupun di tempat lain. Mereka mungkin lebih suka bermain sendiri, membaca buku, atau mengerjakan tugas sendirian.

2. Memiliki Sedikit Teman

Anak introvert sering kali hanya memiliki beberapa teman dekat. Mereka mungkin merasa nyaman dengan kelompok kecil teman, atau bahkan hanya dengan satu teman.

Baca Juga: 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Bunda Harus Kenali

3. Mudah Lelah Setelah Bersosialisasi

Anak introvert sering kali merasa lelah setelah bersosialisasi. Mereka mungkin membutuhkan waktu untuk sendirian untuk memulihkan energi mereka.

4. Suka Menghabiskan Waktu di Dalam Ruangan

Anak introvert lebih suka menghabiskan waktu di dalam ruangan daripada di luar ruangan. Mereka mungkin lebih suka bermain di kamar mereka, membaca buku, atau menonton TV.

5. Suka Merenung

Ketika di sekolah mungkin anak introvert sering kali suka merenung dan memikirkan hal-hal yang mendalam. Mereka mungkin lebih suka menghabiskan waktu sendirian untuk memikirkan pikiran dan perasaan mereka.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Introvert dengan Mental Kuat

6. Mudah Tersinggung

Dalam beberapa kasus mungkin anak introvert lebih mudah tersinggung daripada anak ekstrovert. Mereka mungkin merasa tidak nyaman dengan keramaian atau suara yang keras.

7. Tertarik pada Hal-hal yang Bersifat Abstrak

Anak introvert lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat abstrak, seperti filosofi, seni, atau musik. Mereka mungkin kurang tertarik pada hal-hal yang bersifat praktis atau realistis.

Hal ini dikarenakan anak introvert lebih suka berpikir tentang hal-hal yang tidak dapat diamati secara langsung. Mereka mungkin lebih tertarik pada hal-hal yang lebih kompleks dan tidak memiliki jawaban yang pasti.

Baca Juga: 13 Ciri Anak Laki-laki Bunda Memiliki Kepribadian Introvert, Coba Lihat Sikapnya

8. Suka Belajar

Anak introvert umumnya suka belajar. Mereka mungkin lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat akademis atau intelektual. Hal ini dikarenakan anak introvert lebih menyukai kegiatan yang bersifat individual dan membutuhkan fokus yang tinggi. Mereka mungkin lebih nyaman untuk belajar sendirian daripada di kelas.

9. Memiliki Kemampuan Fokus yang Tinggi

Anak introvert memiliki kemampuan fokus yang tinggi. Mereka mungkin lebih mudah untuk berkonsentrasi pada satu hal tertentu. Hal ini dikarenakan anak introvert lebih mudah untuk memblokir gangguan dari lingkungan sekitar. Mereka mungkin lebih nyaman untuk belajar atau mengerjakan tugas di lingkungan yang tenang.

10. Menyukai Kegiatan yang Bersifat Individual

Anak introvert lebih menyukai kegiatan yang bersifat individual, seperti membaca, menulis, atau bermain game. Mereka mungkin kurang tertarik dengan kegiatan yang bersifat berkelompok.

Baca Juga: 11 Pola Asuh yang Tepat untuk Anak Introvert, Orang Tua Harus Tahu

11. Menyukai Lingkungan yang Tenang

Meskipun di sekolah cenderung ramai, tapi anak dengan pribadi introvert lebih menyukai lingkungan yang tenang dan tidak terlalu ramai. Mereka mungkin merasa terganggu oleh kebisingan atau keramaian hingga lebih senang menyendiri saat di sekolah.

Jika Anda memiliki anak introvert, penting untuk memahami kebutuhan dan kepribadiannya. Berikan anak Anda ruang dan waktu untuk menyendiri, tetapi juga dorong mereka untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Berikan mereka kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan yang mereka sukai, baik itu kegiatan individual maupun kelompok.

Baca Juga: 8 Cara Membesarkan Anak Introvert Agar Percaya Diri, Jangan Keliru Yah Bunda

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini24 Mei 2024, 15:02 WIB

Menggugat Kebijakan PTN BH: Mewujudkan Pendidikan Tinggi Terjangkau bagi Semua?

Kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ramai dibicarakan terutama terjadi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH)
Mulyawan Safwandy Nugraha / Pengamat dan Praktisi Pendidikan Tinggi | Foto : Sukabumiupdate
Inspirasi24 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Helper Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA di Minimarket Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Helper Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA di Minimarket Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 Mei 2024, 14:41 WIB

Tak Mampu Bayar Kontrakan, Kakek Nenek dan Cucu di Sukabumi Huni Bekas Kandang Sapi

Suryana menyebut masyarakat kasihan dengan kondisi Emad dan keluarganya.
Ida (65 tahun) di depan rumah bekas kandang sapi yang dihuninya di Kampung Cimaja RT 14/04 Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi24 Mei 2024, 14:40 WIB

Darurat Sampah di Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi, Ini Kata DLH

Jalan Raya Bagbagan yang menjadi akses utama menuju Geopark Ciletuh tercemari oleh tumpukan sampah berceceran di pinggir jalan, tepatnya di bahu jalan dekat Jembatan Bagbagan.
Kondisi tumpukan sampah di bahu jalan dekat Jembatan Bagbagan, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Mei 2024, 14:30 WIB

Penampilan Menarik, Ini 9 Gaya Hidup yang Membuat Orang Iri dengan Kita

Orang yang melihat bagaimana kita mengelola berbagai aspek kehidupan dengan baik cenderung merasa terinspirasi dan mungkin merasa iri dengan pencapaian dan keseimbangan yang kita miliki.
Ilustrasi. Cantik dan Menutup Aurat, Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers (Sumber : Pexels.com/BaTik)
Sukabumi24 Mei 2024, 14:05 WIB

Pemda Tinggal Bayar, PTPN Soal Lahan Huntap Korban Bencana Alam di Nyalindung Sukabumi

Penyintas pergerakan tanah di Dusun Ciherang belum mendapat kepastian.
Huntap yang sudah terbangun di Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. | Foto : Istimewa
Sehat24 Mei 2024, 14:00 WIB

Demam dan Sakit Punggung Bawah? Hati-hati 5 Gejala Tak Biasa Asam Urat

Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya.
Ilustrasi - Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).
Sehat24 Mei 2024, 13:30 WIB

Ingin Bebas Diabetes? Konsumsi 8 Minuman Sehat Ini Tiap Pagi Hari!

Bagi seseorang yang ingin bebas diabetes tidak hanya dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Ada beberapa minuman sehat yang dapat membantu untuk mengelola darah dan bisa diminum saat pagi hari
Mengonsumsi minuman sehat tiap pagi hari, bisa membuat gula darah terkendali dan bebas diabetes. (Sumber : Freepik.com)
Sehat24 Mei 2024, 13:00 WIB

5 Cara Mengatasi Serangan Asam Urat yang Menyakitkan, Begini Langkahnya

Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar.
Ilustrasi - Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat24 Mei 2024, 12:30 WIB

Alami Diabetes? Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Untuk Kendalikan Gula Darah

Ada beberapa bahan alami yang membantu untuk mengendalikan gula darah bagi seseorang yang mengalami diabestes. Bila dikonsumsi secara rutin bahan-bahan alami dapat mengobati diabetes secara perlahan-lahan
Ilustrasi - Air Biji Ketumbar yang menjadi salah satu bahan alami untuk mengendalikan gula darah (Sumber : Freepik.com)