11 Ciri Anak dengan Pribadi Introvert di Sekolah, Benarkah Sulit Bergaul?

Jumat 08 Desember 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi - Orang tua dan guru dapat membantu anak introvert dengan memberikan dukungan dan pengertian di sekolah. (Sumber : Pixabay.com/@SwastikArora.)

Ilustrasi - Orang tua dan guru dapat membantu anak introvert dengan memberikan dukungan dan pengertian di sekolah. (Sumber : Pixabay.com/@SwastikArora.)

SUKABUMIUPDATE.com - Introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang ditandai dengan kebutuhan akan waktu sendiri untuk memulihkan energi. Anak introvert sering kali lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, baik untuk bermain, belajar, atau melakukan kegiatan lainnya.

Mereka juga cenderung lebih pendiam dan pemalu, serta kurang menyukai keramaian. Tidak semua anak introvert sulit bergaul. Ada juga anak introvert yang memiliki kemampuan sosial yang baik dan mampu menjalin hubungan dengan teman-temannya. Namun, secara umum, anak introvert memang lebih cenderung pendiam dan suka menyendiri.

Mereka lebih nyaman berada di lingkungan yang tidak terlalu ramai dan lebih suka menghabiskan waktunya sendiri atau bersama orang-orang yang dekat dengannya. Anak introvert mungkin terlihat lebih pendiam atau tidak tertarik untuk bersosialisasi.

Baca Juga: 8 Cara Mendidik Anak dengan Kepribadian Introvert, Begini Langkahnya Bunda

Namun, mereka memiliki cara tersendiri untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka mungkin lebih suka berbicara satu lawan satu atau bergabung dengan kelompok kecil. Mereka juga mungkin lebih suka mengungkapkan diri melalui tulisan, seni, atau musik.

Berikut adalah 10 ciri anak introvert di sekolah yang harus dipahami oleh guru maupun orang tua

1. Suka Menyendiri

Anak introvert lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, baik di rumah, di sekolah, maupun di tempat lain. Mereka mungkin lebih suka bermain sendiri, membaca buku, atau mengerjakan tugas sendirian.

2. Memiliki Sedikit Teman

Anak introvert sering kali hanya memiliki beberapa teman dekat. Mereka mungkin merasa nyaman dengan kelompok kecil teman, atau bahkan hanya dengan satu teman.

Baca Juga: 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Bunda Harus Kenali

3. Mudah Lelah Setelah Bersosialisasi

Anak introvert sering kali merasa lelah setelah bersosialisasi. Mereka mungkin membutuhkan waktu untuk sendirian untuk memulihkan energi mereka.

4. Suka Menghabiskan Waktu di Dalam Ruangan

Anak introvert lebih suka menghabiskan waktu di dalam ruangan daripada di luar ruangan. Mereka mungkin lebih suka bermain di kamar mereka, membaca buku, atau menonton TV.

5. Suka Merenung

Ketika di sekolah mungkin anak introvert sering kali suka merenung dan memikirkan hal-hal yang mendalam. Mereka mungkin lebih suka menghabiskan waktu sendirian untuk memikirkan pikiran dan perasaan mereka.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Introvert dengan Mental Kuat

6. Mudah Tersinggung

Dalam beberapa kasus mungkin anak introvert lebih mudah tersinggung daripada anak ekstrovert. Mereka mungkin merasa tidak nyaman dengan keramaian atau suara yang keras.

7. Tertarik pada Hal-hal yang Bersifat Abstrak

Anak introvert lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat abstrak, seperti filosofi, seni, atau musik. Mereka mungkin kurang tertarik pada hal-hal yang bersifat praktis atau realistis.

Hal ini dikarenakan anak introvert lebih suka berpikir tentang hal-hal yang tidak dapat diamati secara langsung. Mereka mungkin lebih tertarik pada hal-hal yang lebih kompleks dan tidak memiliki jawaban yang pasti.

Baca Juga: 13 Ciri Anak Laki-laki Bunda Memiliki Kepribadian Introvert, Coba Lihat Sikapnya

8. Suka Belajar

Anak introvert umumnya suka belajar. Mereka mungkin lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat akademis atau intelektual. Hal ini dikarenakan anak introvert lebih menyukai kegiatan yang bersifat individual dan membutuhkan fokus yang tinggi. Mereka mungkin lebih nyaman untuk belajar sendirian daripada di kelas.

9. Memiliki Kemampuan Fokus yang Tinggi

Anak introvert memiliki kemampuan fokus yang tinggi. Mereka mungkin lebih mudah untuk berkonsentrasi pada satu hal tertentu. Hal ini dikarenakan anak introvert lebih mudah untuk memblokir gangguan dari lingkungan sekitar. Mereka mungkin lebih nyaman untuk belajar atau mengerjakan tugas di lingkungan yang tenang.

10. Menyukai Kegiatan yang Bersifat Individual

Anak introvert lebih menyukai kegiatan yang bersifat individual, seperti membaca, menulis, atau bermain game. Mereka mungkin kurang tertarik dengan kegiatan yang bersifat berkelompok.

Baca Juga: 11 Pola Asuh yang Tepat untuk Anak Introvert, Orang Tua Harus Tahu

11. Menyukai Lingkungan yang Tenang

Meskipun di sekolah cenderung ramai, tapi anak dengan pribadi introvert lebih menyukai lingkungan yang tenang dan tidak terlalu ramai. Mereka mungkin merasa terganggu oleh kebisingan atau keramaian hingga lebih senang menyendiri saat di sekolah.

Jika Anda memiliki anak introvert, penting untuk memahami kebutuhan dan kepribadiannya. Berikan anak Anda ruang dan waktu untuk menyendiri, tetapi juga dorong mereka untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Berikan mereka kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan yang mereka sukai, baik itu kegiatan individual maupun kelompok.

Baca Juga: 8 Cara Membesarkan Anak Introvert Agar Percaya Diri, Jangan Keliru Yah Bunda

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)