Penjelasan Mencuci Botol Bayi tanpa Sabun dan Alternatif Penggantinya

Kamis 27 April 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi.

Ilustrasi.

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak ibu yang masih bingung dengan pencucian botol bayi ini. Contohnya pertanyaan seperti bolehkah mencuci botol bayi tanpa sabun cukup menjadi perhatian tersendiri. Hal itu dikarenakan masih banyak ibu-ibu yang takut sang bayi akan terkena zat kimia dari sabun tersebut.

Pada dasarnya, kita pun bisa mencari informasi tersebut melalui chat dokter secara online. Apalagi, kini sudah banyak aplikasi yang dapat memberikan kemudahan untuk pasien dalam hal komunikasi dengan dokter pilihan. Dengan begitu, kita tidak perlu repot-repot pergi ke klinik ataupun ke rumah sakit dan cukup melalui smartphone saja.

Penjelasan Mencuci Botol Bayi Tanpa Sabun

Jika kita mengutip dari para ahli kesehatan, mencuci botol bayi tanpa sabun cukup berisiko. Dengan membersihkan botol susu tanpa sabun dan hanya dibilas dengan air panas sangat berisiko membuat sisa susu masih menempel pada permukaan botol.

Jika susu ini sudah tidak layak lagi konsumsi, maka terminumnya susu tersebut oleh bayi bisa membuatnya mengalami berbagai gangguan kesehatan. Contohnya berupa mual, muntah, diare, kembung, kolik, dan penyakit sebagainya. Memang kondisi tersebut tidak selalu kejadian. Akan tetapi, kemungkinan anak mengalami kondisi tersebut sangat besar.

Selain itu, Anda juga perlu mensterilkan dot dan peralatan botol lainnya untuk memastikan kuman benar-benar mati. Sebelum mensterilkan dot botol bayi, pastikan Anda telah membersihkan peralatan makan, sikat botol, dan wastafel. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri pada botol bayi.

Alternatif Mencuci Botol Bayi Tanpa Sabun

Pada poin sebelumnya memang dijelaskan bahwa mencuci botol bayi tanpa sabun cukup berbahaya untuk kesehatan bayi. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada jalan keluar untuk mengatasi hal ini. Sebab, ada beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mencuci botol bayi tanpa sabun.

Untuk mengetahui apa saja langkah-langkahnya, simak ulasannya di bawah ini.

Memakai Air Panas

Mencuci botol bayi dengan air panas adalah salah satu cara alternatif untuk membersihkan botol bayi tanpa menggunakan sabun. Cara ini dilakukan dengan menggunakan air panas yang cukup untuk membunuh kuman dan bakteri pada botol bayi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencuci botol bayi dengan air panas tanpa sabun:

  • Pertama, bersihkan sisa-sisa makanan atau minuman dari botol bayi dengan menggunakan sikat pembersih botol bayi atau spons.
  • Kemudian, rendam botol bayi dalam air panas yang cukup panas untuk membunuh kuman dan bakteri selama 5-10 menit. Pastikan bahwa seluruh permukaan botol terendam dalam air panas.
  • Setelah merendam selama beberapa menit, angkat botol bayi dari air panas dan biarkan dingin.
  • Setelah botol bayi dingin, bilas dengan air bersih sampai tidak ada lagi sisa-sisa air panas di dalam botol.
  • Akhirnya, biarkan botol bayi kering secara alami atau dengan menggunakan lap bersih.

Penting untuk diingat tentang cara ini. Meskipun mencuci botol bayi dengan air panas tanpa sabun dapat membunuh sebagian besar kuman dan bakteri, cara tersebut tidak menghilangkan kotoran atau sisa makanan secara menyeluruh. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sabun untuk membersihkan botol bayi secara menyeluruh dan menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri.

Memakai Cuka

Memakai cuka adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk membersihkan botol bayi tanpa menggunakan sabun. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencuci botol bayi dengan menggunakan cuka:

  • Bersihkan botol bayi dari sisa susu dan kotoran yang ada di dalamnya dengan membilas botol di bawah air mengalir.
  • Campurkan air dan cuka dalam proporsi yang sama, misalnya 1:1.
  • Masukkan campuran air dan cuka ke dalam botol bayi hingga mencapai setengah botol atau lebih.
  • Tutup botol bayi dan kocok-kocok hingga seluruh permukaan botol terkena campuran air dan cuka.
  • Biarkan campuran air dan cuka berada di dalam botol bayi selama sekitar 30 menit untuk membunuh kuman dan bakteri.
  • Setelah itu, bilas botol bayi dengan air bersih hingga bersih dari campuran air dan cuka.
  • Jemur botol bayi dengan posisi terbalik hingga kering.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan cuka sebagai pembersih botol bayi tidak direkomendasikan secara rutin. Sebab, cuka dapat merusak plastik jika digunakan terlalu sering. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan cuka hanya sesekali dan tetap memperhatikan kebersihan botol bayi secara menyeluruh. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan cuka yang sudah dicampur dengan air. Jangan langsung mengoleskan cuka murni ke botol bayi.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan botol bayi tanpa sabun. Cara menggunakan baking soda untuk membersihkan botol bayi adalah sebagai berikut:

  • Siapkan baking soda secukupnya dan campurkan dengan air hangat dalam wadah yang cukup besar untuk menampung botol bayi.
  • Rendam botol bayi dalam campuran baking soda dan air hangat selama sekitar 30 menit.
  • Setelah direndam, gunakan sikat botol bayi atau spons untuk membersihkan bagian dalam dan luar botol.
  • Bilas botol bayi dengan air bersih dan pastikan tidak ada sisa baking soda yang tertinggal di dalam botol.
  • Keringkan botol bayi dengan handuk bersih atau biarkan kering dengan sendirinya.

Baking soda dapat membantu menghilangkan bau dan noda pada botol bayi secara alami. Hal itu dapat menjadi alternatif yang aman dan efektif untuk mencuci botol bayi tanpa menggunakan sabun. Namun, jika botol bayi terlalu kotor atau berisi susu formula yang lengket, mungkin Anda perlu menggunakan sabun untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Demikian penjelasan mencuci botol bayi tanpa sabun dan alternatif penggantinya. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life18 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Ala Nabi Muhammad SAW yang Sangat Dianjurkan bagi Orang Tua

Mendidik anak seperti dalam anjuran Nabi Muhammad SAW tentu akan menjadi rekomendasi bagi para orang tua selama mengasuh.
Ilustrasi - Mendidik anak ala Nabi Muhammad SAW yang perlu diketahui semua orang tau. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Life18 Mei 2024, 17:00 WIB

6 Golongan Orang yang Bakal Terjebak Hidup Miskin Selamanya, Apa Kamu Termasuk?

Beberapa golongan orang yang sering melakukan kebiasaan buruk akan berpotensi terjebak hidup miskin seumur hidup.
Ilustrasi - Golongan orang yang berpotensi hidup miskin selamanya. (Sumber : Pexels.com/Yura Forrat).
Life18 Mei 2024, 16:30 WIB

Tidak Mudah Dikenali, Ini 7 Alasan Anak Menangis yang Perlu Orang Tua Ketahui

Air mata seorang anak yang lebih besar bisa jadi lebih sulit untuk diuraikan daripada ratapan yang Anda pelajari dengan cermat pada fase bayi.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan anak mengapa menangis. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).
Sukabumi18 Mei 2024, 16:29 WIB

Kunjungi Cecep, Kusmana Apresiasi Konten Warga Sukabumi Bersihkan Toilet Masjid

Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi aksi Muhammad Cecep Abdullah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengunjungi Cecep (26 tahun) di rumahnya di Jalan Tipar Gang Amarta 2 RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin