Viral Wanita Nikah dengan Diri Sendiri, Apa Itu Sologami?

Jumat 17 Maret 2023, 08:30 WIB
Ilustrasi. Sologami | Fenomena Viral Menikahi Diri Sendiri (Sumber : Freepik/@teksomolika)

Ilustrasi. Sologami | Fenomena Viral Menikahi Diri Sendiri (Sumber : Freepik/@teksomolika)

SUKABUMIUPDATE.com - Umumnya menikah adalah ikatan janji suci antara dua orang, yaitu laki-laki dan perempuan. Namun, keputusan berbeda justru dipilih oleh seorang wanita bernama Sofi Maure yaitu menikahi diri sendiri atau Sologami.

Menikahi diri sendiri adalah hal tabu yang masih hangat diperbincangkan warganet hingga kini. Kabar Sologami Sofi Maure menjadi viral di media sosial usai dirinya membagikan momen 'menikahi diri sendiri' di akun Twitter pribadinya.

Sofi Maure diketahui membagikan momen pernikahan tanpa pasangan alias seorang diri di akun twitter @sofimaure07. Wanita asal Argentina ini mencuit dalam bahasa negaranya yang berbunyi "hoy en momentos esquizo de mi vida me compre un vestido de novia y me cocine una torta de casamiento para casarme conmigo misma", tulis Sofi Maure, 20 Februari 2023 lalu.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kurang lebih arti dari cuitan Sofi Maure ini yaitu "Hari ini, di saat-saat paling palsu dalam hidup saya, saya membeli gaun pengantin dan memasak kue pengantin untuk diri saya sendiri".

Ia juga melengkapi cuitan tersebut dengan foto single dirinya dengan gaya mirror selfie. Terlihat ia menggunakan gaun pengantin cantik berwarna putih.

Sofi Maure, Wanita Viral yang Menikahi Diri SendiriSofi Maure, Wanita Viral yang Menikahi Diri Sendiri (Sumber : Twitter/@sofimaure07)

Namun demikian, tak lama usai memutuskan sologami, Sofi Maure malah menggugat pernikahan tersebut kepada dirinya sendiri. Atau dalam artian ia memilih untuk bercerai dari dirinya sendiri, tepat satu hari setelah memutuskan menikah.

Viralnya Sofi Maure di media sosial kemudian memunculkan kembali istilah dalam pernikahan, yakni sologami. Ya, sejauh ini warganet lebih familiar dengan istilah poligami dibandingkan Sologami.

Lantas, apa itu Sologami?

Sebelumnya perlu diketahui tentang sederet tokoh yang memutuskan untuk menjadi Sologamis atau pemegang prinsip Sologami.

Wanita pertama yang memutuskan untuk Sologami adalah Kshama Bindu. Ia berusia 24 tahun dan merupakan perempuan asal India. Bindu memutuskan menikahi dengan dirinya sendiri dalam rangka dedikasi cinta atau self-love.

Bindu menggelar pernikahannya di sebuah kuil di Vadodara, India. Layaknya pernikahan biasa, ia melakukan beberapa persiapan sebelum pesta pernikahan.

Baca Juga: 7 Fakta Guru Cirebon Dipecat Imbas Sebut 'Maneh' Saat Kritik Ridwan Kamil

Lalu di hari H pernikahan, Bindu mengenakan baju pengantin warna merah, lengkap dengan hena di tangan dan bedak vermilion di belahan rambutnya. Seperti adat pernikahan India, Bindu memutari api yang dianggap suci sebanyak tujuh kali, kemudian pergi ke Goa, selama dua minggu untuk bulan madu.

Akan tetapi di tahun 1993 silam juga, melansir dari magdalene.co, ada seorang dokter gigi di Los Angeles, Amerika Serikat yang bernama Linda Baker. Linda Baker adalah salah satu perempuan yang menerapkan prinsip hidup Sologami atau menikahi diri sendiri.

Pernikahan Sologami Linda berlangsung di hari ulang tahunnya yang ke-40. Janji suci pernikahan ia ucapkan di hadapan keluarga, tujuh orang pengiring pengantin, dan 75 orang teman-temannya.

Tak hanya Sofi Maure dan Linda Baker, perempuan lain yang juga mengambil pilihan Sologami ada Sophie Tanner, sologamis asal Inggris. Ia memutuskan untuk menikahi diri sendiri karena alasan self love.

Melihat beberapa kisah pernikahan tadi, maka dapat disimpulkan jika poligami adalah menikah dengan beberapa orang, maka sologami adalah menikah dengan diri sendiri.

Apakah Sologamis Legal di Mata Hukum dan Agama?

Mengutip Diana dan sekitarnya: Feminitas kulit putih, identitas nasional, dan budaya media kontemporer (2014), yang ditulis oleh Raka Shome, pernikahan mandiri mayoritas dilakukan oleh perempuan kulit putih. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan mereka cenderung memperhatikan kebahagiaan, kesehatan, pemenuhan diri, dan kesadaran untuk merealisasikan potensi yang dimiliki.

Meskipun ada upacara yang dilakukan oleh para sologamis, jenis pernikahan tanpa pasangan ini tidak diakui secara legal. Krishnakant Vakharia, pengacara senior di Pengadilan Tinggi, mengatakan kepada One India bahwa,

Sologami tidak legal,” ujarnya menanggapi pernikahan yang dilakukan Bindu, dikutip via magdalene.co, Kamis (16/3/2023).

Alasan Sologami Tidak Legal dikarenakan undang-undang dalam agama Hindu menggunakan terminologi “salah satu dari pasangan”, yang artinya harus ada dua orang dalam hubungan, untuk meresmikan pernikahan.

Sologami tidak akan pernah lolos dari pengawasan hukum,” ujar Vakharia.

Sementara itu, foto Sofia Maure menggunakan gaun pengantin putih ini menjadi cukup viral di kalangan media sosial. Hingga Kamis (16/3/2023), unggahan ini sudah disukai oleh lebih dari 65 ribu akun di Twitter.

Sumber: magdalene.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi17 April 2024, 20:43 WIB

Bocah 12 Tahun Tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Sukabumi, Ini Kata Pemilik

Pemilik angkat bicara terkait insiden bocah 12 tahun tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi.
Wahana wisata kolam renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 April 2024, 20:37 WIB

Nasib Pilu Ato Warga Ciracap Sukabumi: Ditinggal Istri, Urus 2 Anak Tempati Rumah Reyot

Kisah Ato (51 tahun) bersama dua anaknya, Saidah (12 tahun), dan Anwar (10 tahun) warga Desa Cikangkung, Kabupaten Sukabumi. Kini ia tinggal dirumah reyot, ia pun ditinggal sang istri.
Kndisi rumah yang ditempati Ato dan dua anaknya di Cikangkung Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang