TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Apa Arti Kata ‘Crush’ dalam Bahasa Gaul? Kerap Dikaitkan dengan Masalah Percintaan

Mungkin masih banyak yang tidak tahu maksud kata Crush yang kerap digunakan anak muda dan dianggap sebagai bahasa gaul

Penulis
Jumat 25 Nov 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Istilah crush belakangan ini tengah populer di kalangan anak muda yang sedang kasmaran. Istilah crush sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, baik di dunia nyata maupun media sosial.

Melansir dari Tempo.co, kata gaul kekinian ini menunjukkan kondisi seseorang yang tengah menaruh hati kepada orang lain. Lalu, apa arti crush sebenarnya?

Arti Kata Crush

Dalam bahasa Inggris, crush berarti rusak atau hancur. Dilansir dari thesmartlocal.com, secara informal, crush adalah i aktivitas mengidolakan, mengagumi, dan menyukai seseorang secara romantis. Kata crush juga bisa dianggap sebagai orang yang ditaksir atau gebetan. Perasaan yang timbul pada ‘crush’ biasanya tersembunyi dan bersifat rahasia. Ada sebagian anak muda yang menambahkan ‘My, Mbak, atau Mas’ sebelum kata crush.

Sehingga, jika ditarik benang merahnya, crush merupakan ungkapan ketertarikan kepada gebetan (kata kerja). Maupun sosok orangnya yang diharapkan (kata benda). Ada pula yang menganggap bahwa crush hanya bisa dirasakan oleh salah satu pihak saja. Atau dianggap cinta dalam diam maupun menggilai seseorang tanpa disadari si dia.

Jenis-jenis Crush

Seorang terapis pernikahan dan keluarga, Christie Kederian, Ph.D mengelompokkan jenis-jenis crush, meliputi:

1. The Friendly/Platonic Crush

Perasaan yang timbul dalam batin tidak selalu kuat dan merujuk pada hal-hal berbau romantis. Biasanya hanya berupa rasa percaya yang membuat seseorang merasa sangat dekat dan tidak tergantikan. Jenis crush yang satu ini juga disebut squish. Contohnya hubungan antara sahabat karib yang begitu erat.

2. The Admiration Crush

Jenis crush ini biasanya dialami oleh fans yang sangat mengidolakan seseorang. Bisa dari kalangan selebritis, artis K-Pop, maupun guru di sekolah. Kelebihan yang dilihat dari sang idola sering disalah artikan sebagai perasaan romantis. Padahal, mungkin saja Anda hanya sedikit terpesona. Keuntungan memiliki The Admiration Crush adalah membuat seseorang lebih banyak belajar dari orang lain (idola).

3. The Passing Crush

Ketertarikan terhadap seseorang yang hanya sekilas, dikelompokkan ke dalam jenis crush ini. Biasanya kekaguman tersebut hadir akibat pesona fisik (good looking), bakat, maupun keahlian yang dipunyai. Atau dengan kata lain bisa dianggap cinta pada pandangan pertama. Namun apa yang menarik dan baru dilihat itu tidak selalu berujung pada ikatan atau hubungan lebih serius.

4. The Romantic Crush

Perasaan pada tipe crush ini nampak serupa dengan rasa cinta. Seperti munculnya fantasi dan angan untuk memiliki serta melakukan aktivitas fisik. Misalnya berpegangan tangan sampai berciuman. Artinya, naksir yang begitu dalam sehingga menginginkan balasan perasaan dari doi.

Perbedaan Crush dengan Rasa Cinta

Setelah disinggung sebelumnya, apabila crush dengan cinta itu sedikit berbeda. Terletak pada frekuensi dan durasi ketertarikan. Singkatnya, jika crush bersifat sementara dan mungkin saja hilang dalam sekejap mata. Dengan mengesampingkan sisi negatifnya, sering kali crush hanya dilihat dari keunggulannya saja. Alhasil seseorang begitu menggilai sosok crush ini.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x