7 Hewan Peliharaan yang Memiliki Umur Panjang, Salah Satunya Bisa Hidup 100 Tahun

Selasa 22 November 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hewan peliharaan tidak semuanya mempunyai umur yang panjang, terkadang mereka juga memiliki umur pendek. Karena angka harapan hidup hewan yang berbeda-beda, banyak hewan yang akhirnya mati dan tidak dapat menemani sang pemiliknya dalam waktu yang lama.


Oleh karena itu, kita wajib mempertimbangkan memelihara hewan-hewan yang bisa berumur panjang. Dikutip dari Tempo.co yang dilansir The Spruce Pets, berikut adalah hewan peliharaan berumur panjang:


1. Kucing


Umur rata-rata kucing adalah sekitar 15 tahun, jadi dapat dikatakan kucing hidup lebih lama daripada sebagian anjing peliharaan. Kucing usia remaja atau bahkan satu di usia dua puluhan merupakan kucing yang masih sering terlihat. Namun, banyak faktor yang mempengaruhi berapa lama kucing peliharaan bisa hidup, seperti gaya hidup, kesehatan, maupun perkembangbiakan kucing.


2. Anjing


Umur maksimal anjing terkadang bergantung pada jenisnya. Melansir American Kennell Club, umur rata-rata untuk ras anjing kecil berkisar antara 10-15 tahun dan ada beberapa ras yang hidup selama 18 tahun. Secara umum, anjing kecil hidup lebih lama daripada anjing besar. Sedangkan untuk anjing dengan ras medium atau sedang seperti Australian Shepherd memiliki umur rata-rata 10-13 tahun.


Di sisi lain, umur rata-rata untuk ras anjing besar adalah 8-12 tahun, termasuk anjing ras besar seperti German Shepherds, Golden Retriever, Labrador Retriever, Rottweiler, dan Doberman Pinschers, Great Danes, St. Bernard, dan Mastiff. Secara umum, ras raksasa cenderung hidup rata-rata 8-10 tahun, sedangkan ras anjing besar hidup 10-12 tahun.


3. Kuda


Banyak kuda hidup hingga lebih dari 30 tahun, jauh lebih lama daripada kucing atau anjing tertua sekali pun. Faktanya, banyak kuda hidup di atas usia 30 tahun dengan perawatan yang baik, yaitu beberapa kuda senior masih ditunggangi atau dikendarai dengan ringan.


4. Kura-kura


Beberapa spesies kura-kura dapat hidup 100 tahun atau lebih. Sejumlah spesies kura-kura air peliharaan yang umum dapat hidup hingga usia 40-an, meskipun ada banyak faktor yang akan mempengaruhi berapa lama kura-kura peliharaan hidup. Umur kura-kura bergantung pada spesiesnya, makanannya, dan aspek lain dari lingkungan tempat ia tinggal.


5. Ikan Koi


Umur ikan koi dapat bervariasi tergantung kondisinya. Namun, perkembangbiakan ikan koi di luar Jepang dapat mencapai usia hingga 15 tahun, sedangkan umur ikan koi tradisional Jepang dapat hidup hingga 40 tahun.


6. Burung


Spesies burung sangat berkaitan dengan umur burung peliharaan. Burung dapat hidup untuk waktu yang cukup lama, contohnya seperti budgie dan cockatiel dapat hidup hingga 20 tahun di penangkaran asalkan kebutuhan mereka terpenuhi dan mereka dirawat dengan baik.


Ini berarti bahwa mereka akan memiliki umur yang jauh lebih pendek secara umum daripada jenis burung beo yang lebih besar lainnya, seperti macaw, yang dapat hidup selama hampir 100 tahun di penangkaran dalam kondisi optimal.


7. Kelinci


Umur kelinci erat kaitannya dengan perawatan yang diberikan oleh pemiliknya. Kelinci peliharaan dapat hidup hingga 7-10 tahun dengan perawatan serta kondisi kesehatan yang baik. Menurut Guinness World Records, kelinci tertua yang pernah hidup adalah kelinci liar bernama Flopsy, yang berusia sedikit lebih dari 18 tahun ketika dia meninggal.


Sumber: Tempo.co (Taufik Rumadaul) 


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:02 WIB

Warisan Budaya Takbenda, Tari Cepet Sukabumi Dilestarikan 9 Sanggar di Ciracap

Tari cepet masih dilestarikan sejumlah sanggar di Ciracap Sukabumi. Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) itu diharapkan jadi daya tarik wisata di Geopark Ciletuh.
Topeng cepetan yang dibuat perajin asal Kampung Jaringao RT 07/05 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Life21 Juli 2024, 16:00 WIB

9 Ciri Orang yang Kehilangan Jati Diri dan Cara Mengatasinya

Jika merasa kehilangan jati diri atau mengalami kesulitan mengatasi perasaan ini, jangan ragu untuk mencari bantuan dari profesional yang bisa memberikan panduan dan dukungan.
Ilustrasi. Sedih. Orang yang kehilangan jati diri. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
Fashion21 Juli 2024, 15:00 WIB

10 Rekomendasi Fashion Item untuk Anak Laki-laki di Bawah 5 Tahun

Nyaman untuk bermain di luar, pilih celana pendek berbahan katun yang mudah bergerak untuk fashion item anak laki-laki di bawah usia 5 tahun.
Ilustrasi. Overall. Rekomendasi Fashion Item untuk Anak Laki-laki di Bawah 5 Tahun (Sumber : Freepik/@jcomp)