Kesadaran Wajib Masker Rendah, Spanduk-spanduk Ini Hiasi Pajampangan Sukabumi

Jumat 24 April 2020, 13:19 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Tidak mudah menyadarkan masyarakat untuk menggunakan atau wajib masker ditengah pandemi corona. Di Sukabumi, sejumlah spanduk mengencam rendahnya kesadaran bermasker masyarakat dipasang di sejumlah lokasi publik, sebagai upaya mengingatkan warga yang akan bahaya wabah corona.

Hal ini dilakukan oleh sejumlah relawan Komunitas Jampang Peduli (Jampe) yang mulai kesal dengan fenomena warga yang tetap tidak menggunakan masker saat beraktiviras di luar rumah.  Komunitas ini kesal, karena pembagian masker gratis sudah banyak dilakukan oleh beragam lembaga, organisasi da kumpulan warga yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami sengaja membuat himbauan dalam bentuk spanduk dengan kata kata yang mudah di cerna untuk mengingatkan masyarakat yang masih saja lalu lalang tanpa masker, karena sebagai relawan kami pikir sosialisasi dalam bentuk lisan dan pergerakan sudah cukup," ungkap Demmy dari Komunitas Jampe pada sukabumiupdate.com saat ditemui di posko Jampe di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, Jumat (24/4/2020).

Demmy mengaku sempat frustasi dengan ketidakpedulian warga yang masih beraktivitas tanpa masker. Padahal penggunaan masker ditengah pandemi saat ini menjadi salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Spanduk sosialisasi masker yang dipiih karena rendahnya kesadaran warga Pajampangan Sukabumi

“Kawasan pajampangan ini kan sebagai salah satu tujuan pulang kampung warga yang selama ini merantau di kota-kota besar seperti Jakarta dan disekitarnya. Kasus covid-19 sudah terdeteksi walaupun belum ada yang positif dan kita tidak berharap ada yang positif. Untuk itu protokol pencegahan harusnya dilakukan oleh warga dengan disiplin dan kesadaran tinggi,” sambung Demmy.

BACA JUGA: Komunitas Ini Keluar Masuk Kampung di Surade Sukabumi, Sebar APD

Membuat dan memasang spanduk yang langsung menohok warga yang tidak juga memakai masker akhirnya dipilih sebagai langkah sosialisasi. Spanduk dengan tulisan yang nyeleneh bahkan mengecam seperti Teu Make masker = Teu Boga Ka Era (tidak pakai masker = tidak punya malu),  Teu make masker = Penyebar Corona, "Nu make masker Juara, Make masker tanda Cinta.

Demmy mengatakan 30 titik tempat keramaian akan dipasangi spanduk-spanduk nyinyir soal masker ini. Saat ini spanduk sudah terpasang di bunderan Surade, pertigaan Cikaso, pertigaan Ciracap Ujung Genteng.

BACA JUGA: Pemdes Neglasari Sukabumi Bagikan 1.000 Masker Bagi Warga dan Pengguna Jalan

"Pemasangan spanduk akan kami lakukan bertahap mengingat kami  mengandalkan biaya udunan dalam pergerakan kami, ya ini itung itung memberi contoh juga buat pemerintah dan masyarakat lainnya untuk bersama melawan corona," sambung Demmy.

Jampe yang terdiri dari banyak kumpulan komunitas ini juga merencanakan program ketahanan pangan dalam beberapa hari kedepan sebagai antisipasi dampak ekonomi bagi masyarakat Pajampangan khususnya.  "Kami memohon untuk para donatur untuk dapat menyisipkan sebagian hartanya, untuk dapat membantu saudara saudara kita yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi ini,"pungkas nya. 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)