5 Komponen Penting Pada Sistem Informasi

Sabtu 12 Februari 2022, 13:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sistem informasi merupakan bidang ilmu komputer yang berhubungan dengan proses pengumpulan serta pengorganisasian data dan informasi. Di dalamnya terdapat berbagai komponen.

Di era digitalisasi saat ini, sistem informasi banyak digunakan untuk kepentingan bisnis, pendidikan, kesehatan, industri dan lini kehidupan lainnya.

photo(Ilustrasi) Sistem Informasi. - (via aecom.com)

Melansir britannica.com, untuk menunjang proses pengumpulan informasi, sistem informasi memiliki lima komponen penting yang dirangkum di bawah berikut ini:

Baca Juga :

1. Hardware 

Hardware merupakan bagian fisik dari komputer atau gadget lain yang digunakan sebagai sarana penunjang pengolahan informasi.

Hardware atau perangkat keras bisa berukuran kecil seperti smartphone hingga berukuran besar seperti superkomputer yang membutuhkan ruang besar.

Hardware juga meliputi perangkat-perangkat kecil pendukung seperti keyboard, SD Card, Hard Disk dan lainnya.

Munculnya Internet of Things, maka akan lebih banyak lagi perangkat pintar yang berkontribusi dalam pengolahan data serta informasi. Perangkat pintar tersebut memiliki tambahan hardware berupa sensor khusus.

2. Software 

Software merupakan bagian sistem informasi yang tidak dapat disentuh secara fisik. Software juga diibaratkan sebagai ‘nyawa’ dari hardware. Tanpa adanya software, hardware hanyalah benda yang tidak berguna.

Software sendiri dibagia ke dalam dua jenis yakni sistem operasi dan aplikasi. Sistem operasi merupakan software yang bertanggung jawab terhadap segala proses kerja yang ada pada hardware. Sedangkan aplikasi adalah software yang memiliki tugas khusus dan tertentu.

Contoh sistem operasi adalah Windows, Mac, iOS, Android dan lainnya. Sedangkan contoh aplikasi adalah Office, Email, Photo Editor dan lainnya.

Software memiliki peran utama dalam proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi sebuah informasi.

3. Telekomunikasi

Telekomunikasi juga merupakan komponen yang terlibat langsung dalam pengumpulan data serta informasi. Pasalnya, tanpa ada telekomunikasi, sebuah perangkat tidak akan mendapatkan data yang diinginkan.

Internet merupakan salah satu yang termasuk ke dalam komponen telekomunikasi. Internet sendiri bermacam-macam ada yang nirkabel maupun menggunakan kabel serat optik.

4. Database

Database merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya data. Jika database tidak ada, maka data yang didapat akan hilang begitu saja tanpa tersimpan.

Database sendiri beragam jenisnya sesuai dengan fitur serta kemampuan penyimpanan datanya. Di era teknologi yang pesat saat ini, muncul sebuah konsep Big Data yang bisa dibilang sebagai database berukuran raksasa.

Di dalamnya terdapat data dalam jumlah yang sangat banyak, nantinya data-data tersebut digunakan untuk keperluan analisis dan penentuan keputusan bisnis.

5. Manusia

Terakhir, komponen yang tidak kalah pentingnya dari sebelumnya adalah manusia. Ya, tanpa manusia bagaimana sebuah sistem informasi diatur dan dioperasikan.

Manusia juga merupakan komponen yang menentukan prosedur dalam sistem operasi. Manusia dalam ilmu komputer dikenal dengan nama brainware alias perangkat otak.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science26 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 26 Mei 2024 Termasuk Sukabumi, Cek Sebelum Berakhir Pekan!

Untuk daerah Sukabumi sendiri diperkirakan akan mengalami cuaca cerah hingga cerah berawan saat pagi. Kemudian berpotensi hujan ringan dan kembali berawan saat dini hari.
Ilustras Pagi Cerah Berawan. Prakiraan Cuaca Sukabumi | Pexels
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)