4 Penyebab Internet Komputer Lemot

Minggu 10 Januari 2021, 11:41 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Internet Komputer Lemot itu bikin ilfil banget iya gak? Dampaknya bisa mengganggu pekerjaan kamu saat harus berselancar di Internet atau saat kamu bermain game online. 

Tenang Updaters! Kali ini kami akan memberi tahu kenapa sih internet komputer kamu lemot banget, berikut 4 penyebab internet komputer lemot yang wajib kamu ketahui:

1. Paket Internet Unlimited Ada Limitnya Loh!

Ini sedikit fakta yang bikin jleb sih, kamu harus mengetahui bahwa tidak ada sebenarnya paket internet unlimited yang memiliki kecepatan stabil dan konstan. Semua penyedia layanan jasa internet pasti bakal menetapkan aturan tentang Fair Use Policy atau FUP yang artinya adalah ada sebuah kebijakan pemakaian internet secara wajar.

Katakanlah paket internet untuk 30 hari atau 1 bulan itu memang dapat diakses oleh kamu, namun ada faktor lain yang kerap kali dilupakan para pengguna layanan jasa internet yakni fakta bahwa semua itu kecepatannya dibatasi.

Setiap provider memiliki kuotanya masing-masing dalam menerapkan FUP ini, maka dari itu saran kami adalah silahkan cek kembali penawaran paket internet yang disediakan para layanan jasa internet itu, berapa jumlah maksimal FUP nya. Tapi kamu juga harus mengkalkulasikan harga dan juga jumlah FUP yang ada. Jangan sampai bayar mahal-mahal dengan imin-iming layanan internet unlimited, eh setelah pemakaian beberapa hari atau minggu kok terasa lemot, nah jawabannya kamu sudah tahu kan karena apa? Ya FUP!

2. Berapa Kecepatan Bandwith Internet Kamu?

Sama seperti masalah FUP tadi, para penyedia layanan jasa internet juga menerapkan jumlah kecepatan bandwith yang berbeda-beda sesuai dengan harga paket yang mereka tawarkan.  

Bagi yang belum tahu bandwith itu apa, ini adalah tentang jumlah data yang ditransfer dari satu titik ke titik lainnya melalui jaringan internet selama periode waktu tertentu, biasanya dituliskan dalam satuan Mbps atau Megabyte per Second (jumlah data arus masuk dan keluar per detiknya).

Jadi saran kami adalah, silahkan cek kembali jumlah bandwith internet yang ditawarkan penyedia layanan jasa internet melalui paket-paket nya itu.

3. Wifi atau Kabel LAN/Ethernet?

Dua perangkat ini kerap kali menjadi perdebatan dikarenakan sebetulnya sejumlah kasus yang ada terkait permasalahan internet yang berkaitan dengan keduanya tidak bisa digeneralisasikan atau disamakan.

Secara inovasi teknologi, Wifi itu jauh lebih canggih dan unggul kecepatannya dibandingkan dengan kabel ethernet. Tahukah kamu, standar Wifi yang terbaru saat ini adalah di angka 3200 Mbps, cukup kencang kan?

Tapi tunggu kok kenapa Wifi kamu lemot? Terus ada orang lain yang tiba-tiba bilang ke kamu, mending pake kabel LAN atau Ethernet aja biar gak lemot, karena kalau pake kabel itu jaringannya langsung ke router atau access point.

FYI, teknologi kabel Ethernet yang terbaru itu hanya mampu mencapai kecepatan 100 - 1000 Mbps saja, jadi secara inovasi kecepatan sudah ketinggalan dengan Wifi. Nah pertanyaannya sekarang mengapa Wifi lemot?

Sejak teknologi Wifi ini muncul, permasalahannya masih sama, Wifi bermusuhan banget sama tembok atau sebuah penghalang yang menghalangi arus internet lewat udara, kasus lain adalah kekuatan sinyal yang kadang naik turun disebabkan oleh strategis tidaknya tempat kita memasang Wifi itu untuk mendapatkan sinyal internet.

Untuk berbicara masalah kestabilan, memang kabel Ethernet masih juaranya, kecuali jenis saluran internet bakal keok ketika dari si penyedia layanan jasa internet nya mengumumkan sedang mengalami maintenance jaringan atau sedang melakukan servis kabel fiber optic yang rusak.

Jadi apakah kamu pilih Wifi atau Kabel LAN/Ethernet? Silahkan kamu pilih sesuai kebutuhan internet kamu dan kondisi lingkungan kamu ketika menggunakan layanan internet juga.

4. Spek Komputer atau Laptop Kamu Rendah

Yup! Ini bisa jadi penyebab utamanya juga, misalkan ketika kamu cek jumlah FUP internet kamu ternyata gede banget, terus kamu cek kecepatan bandwith internetnya ternyata cepet juga, terus kamu menggunakan kolaborasi antara Wifi dan kabel LAN/Ethernet, tapi kalau kamu masih pake komputer generasi 10 tahun ke belakang ya sama aja bohong!

Upgrade hardware dan software komputer atau laptop kamu ya, perhatikan jenis Processor yang kamu gunakan, RAM, Harddisk (sekarang teknologi SSD bahkan lebih cepat, red), VGA dan lainnya.

Demikian 4 penyebab kenapa internet komputer kamu lemot banget. Dari keempat hal ini, mungkin saja ternyata masih ada penyebab lainnya yang menyebabkan internet kamu jadi lemot. Seiring berjalannya waktu, tentu kemajuan teknologi menuntut kamu untuk melakukan adaptasi dalam pembaruan Hardware dan Software yang kamu gunakan ya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).
Sukabumi18 April 2024, 17:35 WIB

Kabar Baik untuk Ato di Cikangkung Sukabumi, Rumah Reyotnya Dibangun Swadaya

Kabar baik untuk Ato (51 tahun) datang dari Pemerintah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Pemdes dan Warga Cikangkung akan bantu perbaikan gubuk miring Ato (Sumber: istimewa)
Sehat18 April 2024, 17:30 WIB

Mengontrol Gula Darah: Alasan Mengonsumsi Nasi Merah Baik untuk Anda Penderita Diabetes

Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih.
Ilustrasi - Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).
Sukabumi18 April 2024, 17:02 WIB

Tak Diberi Izin Poligami, Oknum ASN di Sukabumi Celakai Istri Hingga Patah Tangan?

Perempuan inisial DM (58 tahun) diduga mengalami kekerasan dalam rumah tangga dengan perlakuan sadis dari suaminya BCA (38 tahun) hingga alami patah tangan
Foto rontgen yang diperlihatkan korban kepada awak media. Dugaan KDRT oknum ASN Sukabumi terhadap istrinya (Sumber: istimewa)
Musik18 April 2024, 17:00 WIB

[Preview] Potongan Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok

[Preview] Inilah Potongan Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Meski baru akan rilis pada Jumat (19/4/2024) besok, Lagu Jebolan Indonesian Idol ini sudah viral di media sosial lho!
Preview: Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Sukabumi18 April 2024, 16:21 WIB

Heboh Kasus Investasi Bodong Berkedok Gadai Rumah di Sukabumi, Marketing Diamankan

Berikut keterangan dari pihak kepolisian terkait kasus investasi bodong berkedok gadai rumah di Kota Sukabumi.
Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Bagus Panuntun saat memberikan keterangan terkait kasus dugaan investasi bodong berkedok gadai rumah. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola18 April 2024, 16:15 WIB

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Australia di Piala Asia 2024: H2H, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB.
Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB. (Sumber : pssi.org).
Food & Travel18 April 2024, 16:00 WIB

Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget!

Air rebusan kayu manis ini dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan diabetes atau mereka yang berisiko mengalami peningkatan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget! | Foto: Pixabay/Pexels
Nasional18 April 2024, 15:52 WIB

Membangun Bisnis Sehat dengan Konten Berkualitas, 7 Tahun AMSI

Setiap tahun, AMSI selalu mengadakan Indonesian Digital Conference, sebuah ajang diskusi tentang teknologi digital terbaru dan dampaknya pada industri media.
AMSI sudah berdiri di hampir semua wilayah di Indonesia dengan anggota lebih dari 400 media online. (Sumber: istimewa)
Sukabumi18 April 2024, 15:52 WIB

Halalbihalal Disperkim Kabupaten Sukabumi: Tingkatkan Kekompakan dan Motivasi Pegawai

Halalbihalal ini dirangkaikan dengan pengajian dan pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan.
Disperkim Kabupaten Sukabumi menggelar acara halalbihalal bersama seluruh pegawai pada Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa